Honda PCX Electric Resmi Dijual di Jepang, Berapa Harganya? Lihat Spesifikasinya…

Warungasep.net – Setelah diperkenalkan di Tokyo Motor Show tahun lalu, kemudian menyusul di Indonesia pada ajang IMOS bulan November kemarin, akhirnya Honda PCX Electric mulsai dijual secara resmi. Tapi bukan di Indonesia, melainkan di negeri asalnya yaitu di Jepang tepat pada tanggal 30 November 2018 kemarin. Jika pemirsa tanya berapa harganya? Ternyata pihak Honda Jepang sendiri belum memberikan harga yang pasti, namun untuk sementara, motor skutik listrik Honda ini sistem penjualannya hanya sebatas untuk di sewakan saja ke beberapa kalangan orang juga untuk pemilik usaha bisnis di beberapa kota besar di Jepang.

Tentunya pemirsa penasaran juga bukan tentang motor listrik Honda ini?
Oke, Honda PCX Electric ini tentu sebagian pemirsa sudah bisa melihatnya secara langsung di Pameran IMOS 2018 kemarin. Modelnya sendiri mirip dengan Hona PCX 150/ PCX 125 juga PCX Hybdrid. Yang membedakan dari bentuk fisiknya adalah bagian mesin yang tentunya tanpa mesin bensin konvensional. Digantikan dengan mesin listrik yang berada tepat di sampaing roda yang bentuknya mirip CVT motor skuter matic.

Sedangkan dibagian bawah jok, tepat dibagian bagasi terdapat 2 buah baterai lithium ion yang bisa dibongkar pasang untuk penggantian melalui mesin Honda Mobile Power Packed atau pun bisa dicharg secara langsung juga dicas melalui alat pengecasan portable khusus. Dan yang unik dari PCX Electric ini punya dimensi yang lebih panjang karena roda belakang agak lebih mundur sehingga jika pemirsa perhatikan PCX Electric ini tidak pakai spakor belakang digantikan dengan mud guard seperti layaknya Moge.

Untuk mengethaui apa saja fitur-fitur daripada PCX Electric ini pemirsa bisa lihat dibawah ini :

Fitur Honda PCX Electric :

Sistem EV (Electronic Vehicle)

Sistem EV yang baru dikembangkan adalah sistem 96 V yang menghubungkan dua paket daya mobile 48 V dalam tegangan dengan baterai ion lithium kepadatan energi yang tinggi secara seri.

  • Motor memiliki efisiensi konversi energi yang sangat baik dan mengadopsi struktur IPM yang menunjukkan output yang tinggi bahkan dalam rentang rotasi rendah pada saat start. Selain mencapai output motor hingga 4.2 kW (output terukur 0.98 kW) sebagai kinerja yang diperlukan untuk kelancaran / pendakian, pompa oli dan radiator yang mendinginkan motor dengan melakukan kontrol perlindungan suhu motor, kontrol enerji halus, Itu membuat kopling tidak diperlukan, itu adalah unit daya yang kuat tetapi kompak.
  • Waktu pengisian ke paket daya mobile adalah sekitar 6 jam dari nol hingga pengisian penuh dengan metode pengisian yang menghubungkan steker samping bodi ke sumber daya eksternal dengan dua paket daya bergerak yang dipasang di badan mobil. Dalam metode menghubungkan paket daya mobile yang terpisah dari badan mobil ke pengisi daya khusus opsional yang terhubung ke sumber daya eksternal, sekitar 4 jam * 4 dari nol hingga penuh.
  • Pengisian baterai membutuhkan 4 jam Waktu pengisian daya adalah nilai di bawah kondisi pengujian yang ditentukan di sambungan stopkontak. Itu tergantung pada berbagai kondisi seperti kondisi paket daya mobile, pengisian lingkungan, kendaraan, pemeliharaan

Desain Body

  • Untuk mencapai kedua paket daya mobile yang diatur dalam bagian yang terkait dengan kotak bagasi PCX dan ruang bergerak dari ban belakang, perpanjang wheelbase dan mengadopsi fender belakang jenis Hagger yang merupakan seri PCX pertama. Dengan menyadari keseluruhan panjang yang sama dengan PCX, kami mewarisi posisi berkendara yang santai, kemudahan penanganan saat bepergian di daerah perkotaan dan sejenisnya.
  • Selain mengubah total panjang bantalan belakang dari PCX dan posisi pemasangan ke sisi unit daya sesuai dengan perpanjangan dasar roda, pegas dengan tingkat yang berbeda diadopsi dalam tiga tahap. Suspensi di bawah bantalan belakang termasuk motor, ditambah dengan karakteristik unit daya EV dengan lebih sedikit getaran, seperti mengadopsi gantungan unit daya yang dirancang khusus, memberikan kontribusi pada kenyamanan berkendara superior.
  • Untuk ABS, kami mengadopsi ABS (Anti-Lock · Brake System) yang hanya berfungsi di bagian depan.

Desain Headlamp

  • Ini terdiri dari permukaan tubuh yang berubah terus menerus dari depan ke belakang, berdasarkan aliran dan bentuk yang luas. Peralatan pencahayaan yang mengadopsi LED yang berkontribusi terhadap penghematan daya menggunakan braket di bagian belakang lampu tanda tangan (lampu posisi) yang diatur di bagian atas dan bawah lampu depan dan lensa bagian dalam dari bagian lampu lampu pencahayaan dibuat biru, dan setiap bagian diatur menjadi biru ketika dimatikan Selain menampilkan, ia mengadopsi fender belakang tipe gantungan yang melekat pada bagian belakang unit daya, dan memiliki styling yang semakin meningkatkan tingkat lanjut dan perasaan khusus.
  • Mewarnai set warna mutiara silau putih, yang menghasilkan gambar bersih dari sepeda motor listrik. Kesan seluruh kendaraan diperketat dengan aksen permen biru dengan rasa terpadu yang diatur di setiap bagian, dan perasaan khusus PCX ELECTRIC semakin ditingkatkan.

Fitur lainnya :

  • Panel instrumen menampilkan berbagai informasi sistem EV dengan cara yang mudah dimengerti. Selain speedometer dan jam, selain pengukur bahan bakar mobile power pack yang tersisa, kami telah menyiapkan indikator pengisian daya, dll. Yang menyala saat mengisi daya menggunakan steker samping bodi.
  • Mengadopsi sistem Honda SMART Key. Dengan membawa kunci pintar dan mendekati kendaraan, Anda dapat mengunci dan membuka kunci tombol sakelar utama tanpa mengambil kunci cerdas itu sendiri dari saku baju atau sejenisnya.

Selanjutnya mengenai spesifikasi, Honda PCX Electric ini memiliki motor listrik yang menggunakan tenaga dari motor EF10M dengan IPM atau Interior Permanent Magnet yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 4,2 Kw atau stara 5,6 Hp pada 5.500 rpm dan memiliki torsi yan lumayan jengat hinga 18 Nm pada putaran yang sangat rendah yakni hanya 500 rpm saja. Untuk lainnya PCX Electric ini sama dengan PCX Lainnya memiliki kuran ban 14 inch dengan ukuran 100/80-14 juga 120/70-14. Untuk lebih lengkapnya pemirsa bisa lihat dibawah ini :

Spesifikasi Honda PCX Electric

Nama produk

PCX ELECTRIC

Kode model

Honda · ZAD-EF 01

Total panjang × lebar total × tinggi total (mm)

1.960 mm× 740 mm× 1.095 mm

Jarak sumbu (mm)

1,380

Ground clearance minimum (mm)

132

Tinggi kursi (mm)

760

Berat Kendaraan (kg)

144

Kapasitas berkendaraan (orang)

2

Satu muatan jarak tempuh * 5 (km)

Nilai pemberitahuan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi

41 (60 km / jam nilai uji berjalan konstan) <Ketika naik satu orang>

Radius putar minimum (m)

2.1

Jenis dan tipe motor

EF01M · Motor sinkron AC

Nilai output (kw)

0,98

Output maksimum (kW [PS] / rpm)

4.2 [5.7] / 5,500

Torsi maksimum (N ° m [kgf · m] / rpm)

18 [1,8] / 500

Jenis baterai utama

Baterai ion litium

Tegangan / kapasitas baterai utama

50,4 V / 20,8 Ah × 2 buah

Pengisian daya baterai

AC 100 V (fase tunggal)

Ban

depan

100 / 80-14 M / C 48 P

belakang

120 / 70-14 M / C 55 P

Jenis rem

depan

Cakram hidrolik

blkg

Pembacaan mekanik / trailing

Sistem suspensi

depan

Jenis teleskopik

Belakang

Swing arm

Rangka

Double Cradle

Terakhir, Nah selain menyewakan pada pihak perusahaan juga bisnis perorangan mulai tahun ini, untuk tahun depan pihak Honda Jepang berencana untuk menyewakan PCX listrik ini kepada perorangan selama masing masing 2 bulan, rencananya akan ada 30 orang yang dipilih dengan syarat tertentu seperti memiliki SIM dll. Dan hanya di 4 kota besar saja antara lain Tokyo dan Kanagawa pada bulan Maret-hingga April dan kota lainnya seperti Osaka dan Hyogo pada bulan Juni.Dengan sistem seperti ini diharapkan Honda selain melakukan penetrasi penjualan motor listrik secara masal juga mereka melakukan serangkaian pengetesan dan survei kepada orang-orang yang menyewa motor tersebut sebagai bahan pengembangan motor listrik ini untuk masa depan

Dan info lainnya jika selain di Jepang rencananya Honda juga akan melakukan uji pengetsan serupa di daerah Asia tenggara, sayangnya bukan di Indonesia melainkan di negara Filipina. Wah ada apa dengan di Indonesia ya? Tentu kita belum tahu, tapi kita patau saja perkembangan selanjutnya, dan lambat laun kita juga akan kebagian, heheh.. wah jadi gak sabar nih pengen jajal PCX listrik, gimana ya rasanya? monggo komentarnya…

Sumber : Honda Japan
Baca yang aneh lainnya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

    Ditulis oleh Warungasep

     

     

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.