Belum Diproduksi, Aprilia RS150 Sudah Ada KW-nya Dari China… Namanya Aprilia GPR150

Warungasep.net – Setahun lalu, di sebuah pameran otomotif di India, Piagio yang merupakan induk perusahaan sepeda motor asal Italia Aprilia memperkenalkan 2 motor prototipe yaitu Aprilia RS150 yang merupakan sport fairing 150cc sodara Aprilia RS 125 yang eksis di Eropa dan juga versi nakednya yaitu Tuono 150. Kedua motor tersebut baru sebatas diperkenalkan dan sampai saat ini belum juga dirilis secara resmi bahkan dari kabar yang beredar motor ini juga tidak akan diproduksi hingga tahun 2020 nanti. Tapi belum juga dirilis dan diproduksi, malah muncul spyshots bahkan berita jika Aprilia RS150 ini sudah ada versi KW-nya, seperti ini penampakannya :

Ini foto Aprilia RS150 Concept yang dipajangdi India awal tahun 2018 lalu :

Dan ini APrilia RS150 versi KW-nya ini diberi nama Aprilia GPR150 berikut penampakannya :

Nah, yang menarik jika Aprilia RS150 versi KW asal China ini bukanlah sebuah produk kloningan dari pabrikan gak jelas seperti biasanya pabrikan Tiongkok menjiplak produk yang sudah ada, karena versi KW dari RS150 ini juga adalah sama-sama produk dari Aprilia.

Lho kok bisa? Apa mungkin ada pabrikan Aprilia KW?
Jadi kedua produk tersebut sama-sama diproduksi oleh pabrikan Aprilia, bedanya jika Aprilia RS150 merupakan prpduk konsep yang akan dipasarkan untuk negara India, nah Aprilia GPR150 ini merupakan produk Aprilia dari China. Perlu pemirsa ketahui jika tak hanya di India, Pabrikan asal Italia yang kut kejuaraan Motogp ini juga punya pabrik di negara Tiongkok. Disana Aprlia Join venture dengan pabrikan lokal Zongshen yang terletak di daerah Foshan. Produk APrilia asal China yang pernah saya bahas salah satunya adalah Maxi skutik yang bernama Aprilia SR Max 300 2019.

Dari desain kedua produk ini walaupun sepintas terlihat sama, tapi jika dilihat secara detail jelas sangat berbeda. Jika R150 memiliki basis desain yang langsung mengadopsi desain Superbike Aprilis RSV4, Nah, GPR150 ini malah terlihat sangat Mocin banget tuh pemirsa, bentuknya malah terlihat sangat biasa, serba membulat bahkan bagian buntut yang khas seperti ekor pesawat Jet juga hilang digantikan dengan model tail light yang aneh juga bagian headlamp terlihat sangat besar dan malah hilang auara RSV4 atau headlamp 3 reflektor yang menjadi ciri khas pabrikan asal Italia tersebut.

Walaupun secara desain fisik terlihat berbeda, tapi beberapa bagian memang kedua tersebut memiliki kesamaan, sebut saja frame model twinspar (Deltabox) yang terlihat padat, swing arm model banana juga suspensi depan model upisde down. Bahkan beberapa media India menyebutkan jika mesin yang diusung oleh GPR150 ini tidak ada perbedaan dengan RS150 konsep, mesin 150cc DOHC 1 silinder berpendingin cairan yang memiliki power maksimum diangka 18 PS pada 10.000 rpm dan torsi 14 Nm pada 7.500 rpm, wuiih hampir setara GSX 150 series tuh pemirsa, hehe…

Dan, bersumber dari media India Zigwheels, jika motor ini bahkan sudah terlihat dipajang di India, ada gosip yang mengatakan jika model inilah yang justru yang akan dijual di India sana dengan bandrol yang kemungkinan akan lebih murah sehingga lebih kompetitif dengan pesaingnya seperti Yamaha R15 V3 atau mungkin dengan KTM RC200 yang sama-sama diproduksi lokal di India. Dan kemungkinan jika Aprilia GPR150 ini akan dirakit secara lokal di India di pabrik Aprilia yang bertempat di Ahmednagar dengan mendatangkan unit motor ini secara terpisah yaitu CKD dari pabrikan Aprilia di China. Lah, kalo gitu gimana nasib Aprlia RS150 yang ganteng itu? Apa mungkin akan dijual kedua-duanya? Kita pantau saja, yang jelas sih kalo APrlia RS150 sih benar benar bikin bikers ditanah air ngiler nih, tapi entah kalo versi KW-nya atau sebut saja saudaranya APrlia GPR150 ini, kalo menurut pemirsa gimana? Moggo komentarnya…

Baca yang aneh lainnya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

    Ditulis oleh Warungasep

    Advertisements

4 Comments

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.