Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Motogp 2021 di Lombok, Katanya…

Warungasep.net – Sejak tahun 2015 lalu, kabar tentang Indonesia akan mejadi tuan rumah Motogp sudah santer terdengar, dimulai dengan kabar akan digelar di Sirkuit Sentul yang akan direnovasi, ternyata gagal, kemudian muncul wacana akan dibangun sirkuit di Palembang, tapi sampai saat ini tidak ada perkembangan apa-apa, hingga kabar tentang akan dibagunnya sirkuit di Mandalika Lombok, NTB. setiap tahunnya selalu ada saja kabar gembira yang seakan menjadi “Angin Surga” yang dimana menyebutkan jika Indonesia akan menjadi tuan rumah gelaran Motogp di tahun sekian, di sirkuit anu dengan desain sirkuit mas anu, tapi dari mulai kita hanya pakai smartphone dengan RAM 512Mb sampai kini mungkin sudah punya smartphone dengan RAM 12GB, ternyata wacana Motogp Indonesia, masih sekedar gosip, wacana atau sekedar angin surga saja.

Dan yang terbaru, ada kabar tentang Indonesia sepertinya akan benar-benar menjadi tuan rumah Motogp di tahun 2021 nanti. Kabar ini banyak diulas oleh media otomotif Nasional seperti salah satunya CNN Indonesia dan Bola. Kabarnya, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melalui Direktur Utama yaitu Abdulbar M. Mansoer mengatakan bahwa ITDC telah menandatangani Promoter’s Agreement dengan Dorna Sport SL untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP mulai Tahun 2021. Penanda tanganan ini menurut ITDC dilakukan di Madrid pada 29 Januari 2019.  Nah, Kontrak gelaran MotoGP di Indonesia akan digelar selama 3 tahun dari 2021 hingga 2023 dengan opsi perpanjangan,” ujarnya…

Dan katanya mereka harus bersaing dengan negara Brazil yang juga menginginkan menjadi tuan rumah,tetapi akhirnya kit dapat di 2021. Dan ini artiya jika benar, maka kita hanya punya waktu 2 tahun untuk membangun sirkuit. Lebih lanjut lagi Abdulbar M. Mansoer mengatakan :

” Untuk dana kita sudah dapat jadi akan segera dibangun. Kita menggandeng perusahaan asal Perancis Vinci construction Grand projects. Ini kita bangun dari awal kalau di negara lain tidak. Dengan waktu 2 tahun kita berharap semua selesai tepat waktu untuk menyegarkan balapan pada tahun 2021. Sirkuit ini akan menarik wisatawan ke Indonesia. Untuk satu race butuh 4 hari, kan harus ada kualifikasi Moto2. Setiap hari 100.000 yang hari terakhir lebih dari 150.000. Jadi secara estimasi 1 balapan MotoGP mungkin bisa mendatangkan 300.000 orang…” tambahnya.

Dan perihal dana yang akan digunakan untuk membangun sirkuit Mandalika adalah pinjaman dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) senilai 40-50 juta US dolar atau sekitar Rp562-702 miliar. Dan jika jadi, MotoGP Lombok Indonesia 2021 nantinya menurut ITDC akan jadi tuan rumah pada gelaran seri ke 21. waduh, berarti nanti akan ada 21 seri nih pemirsa…

“Bukan sirkuit tertutup yang akan kami bangun, tapi Street Race Circuit seperti di Singapura dan Monaco. Indonesia menjadi venue ke-21, rangkaian balap MotoGP dalam setahun, dan satu-satunya yang berkonsep Street Race Circuit. Sebelumnya, kami berkompetisi dengan calon penyelenggara dari Brasil,” ujar Abdulbar menambahkan.

Namun katanya, mereka semaqueen yaqueen bisa berkompetisi dengan Brasil karena merasa percaya diri karena jadi satu-satunya yang sudah tandatangan Promotor’s Agremeent dengan Dorna Sport SL. Intinya sih sudah tenang karena sudah dapet kontrak dengan Dorna. Dutambah lagi karena Carmelo Ezpelata sempat mengunjungi Mandalika Lombok untuk meninjau daerah yang akan menjadi calon sirkuit baru Motogp ini, beliau sempat memberikan komentar tentang calon sirkuit di Mandalika Lombok ini.

“Sangat memungkinkan. secara teori trek lurus akan mengambil jalan perkotaan lalu untuk area paddock bisa terintegrasi dengan pusat pameran. Jadi saat GP bisa digunakan untuk balapan sedang pada kondisi normal untuk aktifitas normal. Yang jelas hingga 2021 kita tidak akan menggelar lebih dari 20 sirkuit. Cukup banyak permintaan untuk menggelar Motogp dinegara mereka, namun tentu semua harus dinegosiasikan..” tutup Ezpeleta via Motorsport tahun lalu.

Carmelo Ezpelata saat berkunjung ke Mandalika tahun 2018

Nah, mendengar kabar tersebut tentu seakan kita kembali lag dapet angin surga, “Wah, kali ini beneran jadi nih Motogp di Indonesia“, tapi belum tentu juga sih, jangan terlalu tinggi dulu berekspektasi atau berharap banyak, soalnya dari beberapa tahun lalu juga berita kayak gini memang selalu bermunculan, hehe… Dan jika kabar ini hanya muncul sebagai wacana lagi, tenaang nanti juga akan muncul lagi wacana dan angin surga lainnya tentang Motogp di Indonesia, terus saja begitu sampai Wakanda masuk PBB, hehe…

Tapi, tentu kita sih berharap jika Motogp Indonesia memang akan benar-benar digelar, entah itu tahun 2021 atau mungkin 2030(jika gak punah), tentu kita akan terus menunggu, dan semoga kabar angin surga tentang sirkuit Mandalika Lombok di tahun 2021 ini benar-benar akan terjadi, semoga saja, kita do’akan semoga lancar, aamiin…

Dan berikut ini banyak banget bermunculan gambar-gambar digital yang menunjukan beberapa ilustrasi bagaimana tampilan sirkuit Mandalika yang merupakan sirkuit Jalan Raya nanti, entah mana yang benar, pokonya pemirsa lihat aja beberapa galerinya dibawah ini :

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.