Wuiih, Ada Honda Africa Four? Siapanya Africa Twin?

Warungasep.net – Honda punya varian motor sport adventure di kelas tertinggi dengan nama Honda Africa Twin. Motor yang punya nama lain Honda CRF1000L ini memiliki tampilan yang gagah dengan dimensi yang tinggi sehingga siap diajak menjelajah disegala medan. Dan dengan nama Africa Twin juga kita juga bisa mengidentifikasi jika Moge Honda ini memiliki mesin “Twin” atau mesin kembar 2 silinder bermesin 1000cc. Nah, lalu jika ada produk Honda bernama Honda Africa Four? Apakah ini produk baru Honda??? Biar gak penasaran, seperti penampakan Honda Africa Four :

Bandingkan dengan Honda Africa Twin :

Jelas beda banget bukan?
Jika Honda Africa Twin memiliki half fairing, nah jika Honda Africa Four malah justru terlihat seperti motor naked custom scrambler, tentu dengan mesin 4 silindernya yang menggoda terutama 4 lubang knalpotnya yang melingkar. Lah, sebenarnya motor apa ini? Perhatikan gambar lainnya :

Dari sini pastinya pemirsa bisa menebak, motor apa sebenarnya ini? Yupz, dari desain crankcase ketahuan jika motor ini adalah sebuah custom daripada motor Big Bike Honda CB1000R yang sudah dimodifikasi menjadi sosok motor adventure, sayangnya jika dibandingkan dengan Africa Twin, Africa Four ini sepertinya sangat jauh berbeda… Tapi, dari segi tenaga jelas Africa Four yang merupakan basic CB1000R ini lebih besar powernya tuh pemirsa, CB1000R memiliki mesin 4 silinder dengan power sebesar 143 hp pada 10.500 rpm juga torsi 104 Nm pada 8.250 rpm, sedangkan Africa Twin dengan mesin 2 silinder hanya punya power puncak sebesar 69,2 kW @7.500 rpm, dan torsi puncak 95,4 Nm @6.000 rpm.

Jadi kesimpulannya, Honda Africa Four ini bukanlah produk baru Honda, malinkan sebuah motor custom modifikasi yang dibuat oleh sebuah dealer Honda di negara Swiss bernama Honda Brivemo Motos. Merka memproduksi dan juga menjual motor-motor Honda dalam kondisi standar jugadalam kondisi yang sudah dirubah sedemikian rupa, dan salah satu produk mereka ya si Africa Four ini, yang merupakan hasil obrak-abrik dari sebuah Neo Sport Cafe Honda CB1000R yang mewah dan elagan menjadi motor beraura adventure bernama “Honda Africa Four” semoga kepengen…

Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.