Honda Siapkan Motor Sport Fairing Listrik Berpenggerak 2WD?

Warungasep.net – Beberapa pabrikan Sepeda motor saat ini memang sedang berlomba-lomba untuk menciptakan sepeda motor listrik. Ada yang sudah diproduksi masal dan sudah mulai dijual/disewakan ada juga yang masih berupa purwarupa atau konsep. Dan sepeda motor listrik yang mereka ciptakan biasanya memiliki bentuk seperti sebuah motor skutik berdimensi kecil. Ada juga yang memiliki desain seperti motor sport fairing terutama dari pabrikan Eropa, tapi untuk pabrikan Jepang? sepertinya belum ada nih pemirsa. Sampai akhirnya, muncul sebuah ambar desain patent yang diduga kuat milik motor Honda, dan sepeda motor listrik ini memiliki desain seperti motor sport fairing yang uniknya lagi memiliki penggerak 2 Wheel Drive atau 2WD yang berarti baik roda depan dan belakang memutar menggunakan mesin listrik.. wow keren..

Motor listrik Honda yang didaftarkan desain patentnya pada Agustus 2017 ini memiliki desain mirip dengan sport fairing touring CB400SB atau CB1300SB yang merupakan salah satu motor JDM. Tidak banyak info mengenaik detail kontruksi mesin, batrerai atau yang lainnya. Yang saya kutip dari sumbernya yaitu situs Kojinteki menyebutkan jika motor ini memiliki penggerak 2WD dengan model In-Wheel yang berarti memiliki mesin listrik di bagian velg/roda depan maupun belakang.

Pihak Honda pun juga memuat bagaimana mekanisme motor In-Wheel di bagian roda baik depan maupun belakang, seperti ini beserta detailnya :

Roda depan :

detailnya :

 

  • 13: roda depan
  • 13w: Roda
  • 15: Garpu depan
  • 16: Unit penggerak roda depan
  • 61: Rumah motor
  • 61 S: stator
  • 61R: Rotor
  • 64: Gandar roda depan
  • 65: Hub
  • 66: Rem cakram

 

 

Roda belakang :
Detailnya :

 

  • 25: roda belakang
  • 25w: Roda
  • 51: Rumah motor
  • 53: Poros keluaran motor utama
  • 53a: gigi pertama
  • 54a: gigi kedua
  • 54: Poros keluaran motor (poros roda belakang)
  • 55: Hub
  • 56: Rem cakram

Gimana ? Cukup menarik bukan, intinya sih jika motor ini terwujud tentunya sangat memungkinkan apalagi motor listrik memilki kontruksi yang lebih ringkas. sehingga motor listrik dengan 2 penggerak roda depan dan belakang menjadikan tenaga tambahan dibanding motor konvensional. Apalagi jika desainnya motor sport, jangan model skutik mulu dong, para pecinta motor sport atau touring juga pengen merasakan sensasi motor listrik buat tuggangan mereka, hehe…

 

Oh ya, Motor 2WD sendiri sebenarnya bukan teknologi baru, di motor konvensional penggerak 2 roda di sepeda motor biasanya diterapkan pada sepeda motor jenis sport dual purpose seperti motor off road, tapi masih menggunakan mekanisme yang rumit dengan menggunakan rantai yang dikombinasikan dengan semacam gardan ke bagian depan.

Bahkan motor listrik dengan penggerak 2WD ini juga sudah sempat didaptarkan desain patentnya oleh Suzuki dengan model yang menyerupai sosok Maxi skutik Suzuki Burgman, cekidot :

Honda sudah, Suzuki udah, Kawasaki? Baru kemarin saya sudah bikin artikelnya(baca : Desain patent motor listrik Kawasaki ) Berarti yang belum Yamaha ya? Eits, jangan salah… Justru Yamaha yang bahkan tak hanya bikin gambar patent saja tapi sudah bikin motor listrik dengan penggerak 2WD duluan, sayangnya motor listrik Yamaha ini baru sebatas prototype alias motor konsep saja. Namanya Yamaha Passion Ellectric Street atau yang disingkat PES. Buat yang belum tahu bisa lihat dibawah ini :

Baca : Yamaha PES2

 

 

Begini tampilan roda depannya :

Nah, kira-kira mana nih dari ke-4 pabrikan Jepang yang berlomba bikin motor listrik paling canggih? Tentunya di masa depan nanti pesaingan industri otomotif roda dua yang lambat laun akan memasuki perang motor lsitrik akan makin seru, kita nantikan saja. Bagaimana dengan skutik GESITS? Belum ada kabar yaa… hehe…

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Advertisements
Advertisements

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.