Fun Touring Honda Bersama Blogger dan Vlogger Yogyakarta – Tawangmanggu (Hari ke-1)

Warungasep.net – 3 Hari kemarin, PT. Astra Honda Motor (AHM) mengadakan sebuah event yang melibatkan Blogger dan Vlgger dalam sebuah touring menggunakan sepeda motor terbaru Honda bertajuk Fun Touring Blogger dan Vloger 2019. Yupz, Event ini menjadi event tahunan yang digelar AHM untuk semakin mempererat hubungan silaturahmi antara Pabrikan dan Blogger juga Vlogger juga untuk mengeksplore destinasi wisata jua wisata kulner di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya juga untuk mengkampanyekan Safety Riding yang digalakan Honda untuk memberikan contoh berkendara aman bersama sepeda motor Honda kepada masyarakat sepanjang Route yang kita lewati.

Jika tahun kemarin event Fun Touring Blogger dan Vlogger digelar di Provinsi Banten lebih tepatnya ke tempat yang kemarin terkena Tsunami Tanjung Lesung ( Baca : Touring Blogger Vlogger Bersama AHM, Kampanyekan Safety Riding dan Destinasi Wisata Tanjung Lesung Banten ), nah untuk tahun ini Yogyakarta menjadi tuan rumah, bahkan tak hanya di daerah DIY saja tapi rute yang kita juga akan melewati beberapa di daerah di Provinsi Jawa Tengah. Dan yang berbeda pada event touring kali ini adalah karena pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Tercatat ada sekitar 30-an Blogger dan Vlogger, saya dan AJ Gum mewakili Main Dealer DAM Jawa Barat, lalu ada wak Haji TMCBlog, Iwanbanaran, Vandra MMBlog, Alki Indoride, Den Dimas dan pak Didik NH mewakili Wahana Jakarta, lalu dari Jateng ada mase Eko Satuaspal, Robydriver dan Rika Very. Dari Jatim ada Om Potretbikers, Khoirul Anwar Atasaspal dan mas Fauzi. Dari Lampung ada mas Trisetyo KLXadventure, dari Bali ada Bli Ngurah Manik dan dari tuan rumah DIY ada Ipan Pertamax7, Ardiyantoyugo dan Blogotive. Juga masih banyak lagi yang maaf gak bisa saya sebutkan satu persatu.

Blogger dan Vlogger peserta Touring

Touring kali ini, agendanya terbagi dalam 2 hari. Dimulai pada tanggal 6 April dengan posisi start di Yogyakarta dan finish di Tawangmanggu, kemudian di hari kedua 7 April dari Tawangmanggu Karanganyar menuju Finish di Kota Surakarta atau Solo. Dan rute pertama diperkirakan jaraknya sekitar 160-an KM, Maaf saya lupa menghitungnya saat perjalanan kemarin, hehe, yang pasti sih sepertinya perjalanan kita banyak banget kejutan karena sering juga tersesat karena mengandalkan GPS sang Road Captain, hehe…

Start di Dealer Astra Jombor

Perjalanan dimulai di Main Dealer Astra Jombor, kemudian menyusuri jalanan di kota Yogyakarta menuju ke daerah Candi Prambanan, namun gak berhenti untuk ke Objek Wisata Candi, melainkan menuju ke daerah TebingBreksi ke daerah Gunung Kidul. Nah, disini kondisi jalannya banyak tanjakan dan turunan. Tapi untungnya kondisi jalannya 90% mulus dengan kombinasi jalan aspal dan juga beton.saya menggunakan sport fairing Honda CBR150R, motor ini enak banget diajak nanjak, maupun turunan. Performa motor 150cc DOHC Near Square-nya memang pas banget buat diajak touring seperti ini. Ya walaupun memiliki ergonomi yang racy, tapi insinyur Honda memang sudah meracik motor ini supaya bisa dibuat lebih nyaman.

Di Touring kemarin motor yang dipakai adalah hasil undian yang dimana saya kebagian lagi dan lagi sport fairing Honda CBR150R. Jadi ini ke-3 kalinya touring bersama AHM saya pakai CBR150R (Sebelumnya di event Fun Riding Blogger Goes to HBD 2017 with Honda CBR150R dari Borobudur ke Gunung Kidul Yogyakarta, Seru!!! dan Touring Blogger dan Vlogger Menuju Honda Bikers Day 2018 Pangandaran, Pakai CBR150R! ). Selain itu, walaupun sudah eksis sejak 4 tahun lalu tapi desain Honda CBR150R ini masih tetap terlihat sporty. Wajar saja jika penjualannya menjadi yang paling laris dikelasnya, walaupun secara fitur masih kalah dibandingkan pesaingnya tapi dari segi desain yang simple, sporty, ergonomi da performanya menjadikannya sebuah kelebihan bagi konsumen pecinta motor sport 150cc.

Dan setelah dari jalur Tebing Breksi kita dibawa ke daerah yang namanya Gunung Api Purba Nglanggeran. Nah, disini jalannya didominasi tanjakan pegunungan yang meliuk-liuk juga dikombinasikan dengan aspal mulus dan jalanan yang lebar. Sehingga peserta touring begitu menikmati sensasi cornering menggunakan motor-motor andalan Honda ini. Wah, pemirsa harus coba nih jalur ini, rekomended banget deh buat touring, hehe… Pemandangannya juga keren dan eksotis dengan banyak tebing-tebing pegunungan yang mirip seperti di luar negeri. Mantap..

Nah, masih di daerah Nglanggeran kita istirahat dulu ngopi atau lebih tepatnya Nyoklat terlebih dahulu di sebuah kedai coklat bernama Griya Coklat Ngelanggeran. Nah, disini saya coba minum susu coklat campur susu kambing Etawa juga Belalang goreng. Waduh, ini pertama kalinya nih saya makan makanan unik seperti ini, dan sensasinya, maknyooss, gurih pemirsa, hehe…

Oke, perjalanan mungkin baru sekitar seperempatnya nih pemirsa. Namun sayang pas mau berangkat hook GoPro saya ilang skrupnya, alamat gak bisa ngevlog buat ngambil video nih, hiks.. Maklum bukan Motovlogger, hehe… Oke, langsung deh berangkat masih pakai Honda CBR150R. Tapi gak berlangsung lama, karena baru sekitar 25 km kita kembali beristirahat, atau lebih tepatnya sang RC yang merupakan Head Manager HC3 AHM Pak Nyoman Kesawa(betul Touring kita dipimpin langsung pak Bos-nya AHM, hehe mantap kan? ) nyari rute di GPS. Dan disini, kalo gak salah di daerah yang namanya Ngawen menuju arah Samin saya berganti motor dengan AJ Gum yang sebelumnya menggunakan Honda Supra GTR.

Gantian Supra GTR dengan AJ Gum

Lanjutkan perjalanan dengan bebek 150cc ternyata performanya gak kalah jauh dengan sport fairing. Maklum secara basic motor ini menggunakan mesin yang identik sama, hehe.. Cuma ya dengan feel berkendaranya aja yang beda. Jika Honda CBR150R lebih enak dipakai cornering, tapi ergonominya yang nunduk, naah Supra GTR ini untuk miring-miring dalam kecepatan tinggi, rasanya agak kurang cocok nih pemirsa, juga jok dan suspensinya yang lebih keras ketimbang skutik atau bebek Honda lainnya. Tapi Supra GTR ini buat nyalip atau pecicilan lincah banget, buat nanjak juga enteng, ergonominya juga motor bebek banget, gak jauh beda dengan Honda Revo atau bebek Honda lainnya. Jadi untuk bagan tangan dan kaki gak terasa pegal lah…

Nah, setengah perjalana kita berhenti untuk makan siang dan istirahat Sholat di waduk yang cukup terkenal yaitu Waduk Gajah Mungkur. Wah, dulu sih sering baca tempat ini di Atlas waktu SD, api sekaran ada di depan mata, subhanalloh.. Luas banget ternyata… Kita berhenti di sebuah rumah makan bernama RM. Pak Glinding. Disini Ayam dan kan Gorengjuga sambalnya maknyus banget pemisa… Begini pemandangan waduknya :

Sekitar jam 02.00 WIB siang kita melanjutkan perjalanan menuju Tawang Manggu. Beberapa kali kita dibuat nyasar dan salah jalan sama RC-nya. Disini sih letak keseruannya, hehe… Dan serunya lagi ketika menjelang sore kondisi cuaca mulai mendung dan hujan grimis. Untuk antisipasi jika terjadi hujan maka kita disuruh untuk menggunakan jas hujan. Oke, 10 motor kompak pakai jas hujan kuning mirip konvoi petugas PU, hehe… Dan lucunya, ternyata dari ketika pakai jas hujan sampai tujuan akhir di Tawangmanggu malah cuaca cerah gak ujan, asyeemm tenan iki. 😀

Nah, setelah seharian kita diperjalananan kita ngadem di Objek Wisata ar terjun yang bernama Gerojogan Sewu. Disini ada air terjun setinggi 80 meter yang indah banget. Kondisi alam-nya asri dengan pepohonan Pinus yang rindang dengan puluhan monyet yang masih liar. Yang unik dari wisata ini adalah akses menuju air terjun kita harus melwati anak tangga yang berjumlah sekitar 1250 anak tangga. Oke, bayangin jika turunnya sih enteng banget? Tapi gimana naiknya? Nah, itu dia perjuangannya, hehe… Tapi hasilnya tentu sebanding lah dengan pemandangan air terjun yang benar-benar eksotik.

Dan tujuan terakhir di Fun Touring Honda bareng Blogger dan Vlogger ini kita menginap di hotel bernama hotel Pandawa yang berada tepat di kaki Gunung Lawu. Akhirnya bisa istirahat dan juga malam-nya kita disajikan hiburan dan diiringi makan kambing guling, ajiib deh pemirsa… Oke, untuk cerita toring hari pertama sekian dulu, dan akan saya sambung di artikel hari kedua…

Untuk tambahan videonya bisa pemirsa lihat di vlog saya dibawah ini(Jangan lupa subscribe ya), cekidot :

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.