SYM FNX150 2019, Skutik Funky dan Futuristik dari Taiwan

Warungasep.net – Bicara soal motor, Taiwan memang unik, di negeri ini banyak banget produk skutik yang memiliki ciri khas dan menjadi trend skutik di Asia, sebut saja skutik Taiwan memiliki dimensi yang gambot yang dipadukan dengan kaki-kaki mungil, suspensi belakang ganda dan juga punya bagasi luas dan tanki BBM dengan lubang di depan. Tapi karena persaingan yang semakin ketat, maka disana pabrikan motor lokal memberikan value lebih, berupa fitur maupun di setor performa. Dan salah satu pabrikan lokal asal Taiwan SanYang Motor atau SYM, memiliki produk baru yang bersaing di kelas skutik 150cc dengan menghadirkan skutik bernama SYM FNX150 2019 yang tampil dengan ciri khas skutik Taiwan tapi dengan kelebihan fitur dan juga desain yang lebih futuristik.

Skutik ini sebenarnya sempat dipajang di pameran EICMA Milan tahun lalu bersamaan dengan 2 produk konsep antara lain SYM DRG 158 dan skuter listrik SYM EE1 2019. Tapi, SYM FNX150 ini sudah dijual resmi di Taiwan dan daratan China dengan bandrol harga 14,800 Yuan atau setara Rp. 30,7 jutaan… wow, lumayan juga ya? Nah, dengan harga tersebut apa saja yang bikers disana dapatkan dari skutik 150cc ini?

Oke, untuk masalah desain memang gak akan masuk untuk selera bikers di tanah air, motor ini punya dimensi gambot tapi dengan ukuran kaki-kaki yang kecil dengan velg 12 inch. Tapi melihat estetika motor ini memang terlihat lebih modern dengan lekukan yang terlihat lebih sporty dengan skutik SYM lainnya pada umumnya yang cenderung serba bulat.  Kabarnya pabrikan SYM menggandeng desainer Eropa guna mendesain skutik ini.

Yang menarik pada skutik FNX150 ini ada pada bagian fiturnya nih pemirsa, pertama pada desain headlamp yang dimana skutik Taiwan ini memiliki desain headlamp, stoplamp dan lampu sein yang futuristik dengan lampu LED, termasuk desain lampu DRLnya yang unik. berikut penampakannya :

Wuiih, andai Yamaha Lexi punya stoplamp kayak gini ya? Hehe.. Tak hanya itu, skutik SYM ini juga punya desain speedometer full LCD digital berbentuk bulat. Telrihat sederhana tapi keren juga.

Bagian lainnya, seakan menjadi syarat dan ciri khas skutik Taiwan, yaitu terdapat lubang pengisian BBM dibagian depan dan disampingnya ada bagasi kecil juga lubang power socket charger. Sayangnya walaupun punya lampu serba LED tapi untuk kunci pengaman masih belum Keyless. Wuuih, skutik di Indonesia selangkah didepan nih pemira, hehe..

Bagasi? Karena tankinya dibawah dek, sehingga ukuran bagasinya cukup luas untuk membawa helm.

Satu lagi kelebihan motor ini ada pada dual discbrake depan belakang yang sudah dilengkap ABS.

Sayangnya ukuran ban-nya sangat kecil, ukurannya 110/70-R12 untuk ban depan dan belakang 120/70-R12. Tapi desain knalpotnya yang gambot membuat motor ini tampak lebi proporsional.

Lanjut kita bahas spesifikasinya nih pemirsa, SYM FNX 150 ini mengusung mesin 1 silinder 150cc yang masih berpendingin udara. Dengan rasio kompresi 10.4: 1, skutik ini bisa mencapai power maksimum 8.3kW / 8000rpm sedangkan untuk torsi di angka 11.5Nm / 6000rpm,

Terakhir, di Taiwan sana motor ini punya banyak pesaing misal dari produk Jepang sebut saja ada Yamaha Force 155 dan Yamaha SMAX, dari Suzuki ada Suzuki Swish 2019 juga pabrikan lokal Taiwan lainnya ada Kymco G150 2019 dan Linhai Power 175T juga Haojue USR Semoga kepengen…

Sumber gambar : Newmotor.com.cn
Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Advertisements

5 Comments

  1. Emang masih ada SYM di Indonesia? Udah gak pernah liat lagi di pameran, unitnya juga jarang banget di jalan padahal pernah lihat skutik maxinya jadi kendaraan dinas dishub di Jakarta.

  2. Kalo bagi saya sih, desainnya Dan fiturnya bagus kok.
    Gak Kayak pabrikan yg bikin burgman itu tuh. Yang Suka bikin motor diluar / gak sesuai minat pasar Indonesia.
    Publik maunya apa dikasih apa.
    Yg masih diterima pasar cuman GSX-R. Tapi di line up GSX-S, Bandit, pabrikan tersebut gagal menerjemahkan keinginan publik Indonesia.
    Di skutik juga nanggung. Karena tren skutik (skuter otomatik) itu Ada di kemampuan akomodasinya, desain Dan fiturnya
    Yang semuanya Ada di Swish.
    Pabrikan satunya yang dulu sempat jadi raja dengan vixion, setelah gagal menerjemahkan keinginan publik juga akhirnya menurun.
    Di line up skutiknya, publik ingin skutik macam force dan smax, malah dikasih Lexi.
    Ingin QBic, eh masih tetep ngasih fino. Kesemuanya kalah Karena tidak memberikan bagasi yang besar (minimum bisa masuk helm half face yang besar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.