Colove 500X, Mocin Adventure 500cc Yang Headlampnya Dikira “Honda Sonic” Facelift ?

Warungasep.net – Pertama kali lihat headlamp motor ini, pasti pertama yang terlintas dibenak kita adalah “Wah mirip headlamp produk sport Honda nih…“, begitupun saya, awalnya mengira jika desain headlampnya ini merupakan produk Honda diluar negeri, mencoba mencari di beberapa situs luar negeri, hasilnya nihil… Gak ada produk Honda yang mirip dengan headlamp motor ini, sampai saya putuskan untuk bertanya di akun instagram beberapa waktu lalu, cekidot :

Berharap ada yang jawab “ini sih headlampnya motor anu, atau motor Suzuki gitu” eh ternyata para netijen pun tidak ada yang tahu bahan mereka banyak yang asumsi jika headlamp tersebut milik motor ayago seperti Honda Sonic atau Suzuki Satria. Dan ternyata saya dan semuanya salah, karena refektor headlamp tersebut ternyata punya sebuah motor adventure dari negeri Tiongkok yang bernama Colove 500x, seperti penampakan utuhnya :

“waaahhh, keren juga nih motor..” gumam saya…
Dan pertanyaannya, Mocin bernama Colove ini produk apa sih? Honda Suzuki, Haohakeng, Lipan kaki seribu atau apa? Sipp.. saya cari tahu lagi, nanya ke mbah Google, dan isinya nihil gak ada info sama sekali… Hingga akhirnya, nemu di situs media tiongkok yang ternyata motor ini adalah produk produsen sepeda motor bernama ZF-KY. Wah, baru denger ada nama pabrikan seperti ini? Berikut logonya :

Nah, biar dapet info lebih maka saya cari ke situs resminya. Setelah browsing, lha di situs resminya gak ada nama motor ini di line up produk mereka. Waduh, gini nih perjuangannya nyari info Mocin buat pemirsa, gak semudah Copas dari IWB atau Vivanews, Hiks… Ok, saya pun cari lagi di situs lainnya, bermodalkan Google Translate, akhirnya ketemu juga nih, hehe…

Oke, ternyata motor bernama Colove 500X atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Excelle 500X yang diproduksi pabrikan asal Tiongkok ZF-KY. Motor adventure ini merupakan produk yang didesain Zhang Xue setelah menerima investasi besar dari New Everest Tibet (昊 润 投资). Nah, dari desainnya sendiri motor ini mengusung konsep motor petualang, dengan desain yang bisa dibilang beberapa bagian meniru sosok motor adventure Jerman, salah satunya BMW F850GS atau juga BMW R1250GS.

Itu terlihat dari kombinasi warna merah dang abu, desain shroud, tanki juga kaki-kaki dengan suspensi Upside down. Cuma beda di bagian headlampnya saja dan bagian buntutnya yang justru lebih mirip Honda CB500X. Oh ya, yang menarik dari motor ini adalah area mesin yang digendong dengan frame yang seperti model twinspar, subframe-nya pun terlihat kokoh diumbar, gak tertutup cover plastik seperti body motor adveture lainnya seperti CB500X. Fitur-fiturnya cukup lengkap seperti windshield tinggi, lampu LED, Speedometer kombinasi analog fan digital juga tersedia power socket charger.

Lanjut kita bahas spesifikasi, Colove 500X ini mengusung mesin dengan kode KE500 dengan mesin DOHC 471cc 2 silider DOHC EFI yang memiliki power sebesar 37kw / 8500rpm, torsi maksimum 43N.m / 7500rpm. Mereka megklaim powernya lebih besar ketimbang Honda CB500 yang hanya memiliki tenaga maksimum 36kw, torsi maksimum 44N.m. wow..

Dan kelebihan lainnya dengan ranka yang kokoh juga body yang compact memiliki berat hanya 178kg, ditambah kapasitas tangki 21 liter, lebih ringan dari CB500X yang memiliki bobot 197kg, dengan volume tangki bahan bakar 17.5L Sebagai perbandingan juga ada Benelli TRK 502 memiliki bobot 235kg dan volume tangki 20L. menurt sumber Newmotor cn.

Nah, di negeri tiongkok ada juga Mocin serupa yang bergaya adventure yang juga terinspirasi(bahas halusnya njiplak) dari BMW GS series, sebut saja diantaranya Zongshen RX3S dan Benelli TRK 251 2018, Sport Adventure 250cc Dari Pabrikan China-Italia Buat Lawan Versys-X dan CRF250Rally . Tapi sepertinya ZF-KY Excelle ini paling cakep nih, hehe.. Oh ya, selain versi 500cc, baru-baru ini pabrkan ini juga menjual versi 400cc-nya, nanti akan saya update lagi infonya tentang motor ini. Kalo menurut pemirsa gimana? Monggo komentarnya…

Sumber gambar : Xcar.com
Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Advertisements

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.