Yamaha Akan Jual Motor Listrik EC05 di Taiwan Agustus 2019?

Warungasep.net – Satu persatu pabrikan otomotif sepeda motor sudah mulai melakukan transisi dari motor konvensional berbahan bakar bensin menjadi motor bertenaga listrik, Pabrikan Jepang baru Honda yang sudah merilis motor listrik pertama mereka yang diproduksi masal lewat produk Honda PCX Electric, bahkan motor listrk Honda ini sudah dirilis secara resmi dan mulai dijual(lebih tepatnya baru disewakan) di Indonesia. Lalu bagaimana dengan Yamaha? Baru-baru ini ada info, bahkan info ini resmi dari Pabrikan Yamaha sendiri jika mereka bersiap untuk menyambut produk sepeda motor listrik pertama mereka yang akan rilis pada bulan Agustus 2019 nanti. Tapi bukan di Indonesia melainkan di Negara Taiwan… Dan calon motor lsitri baru Yamaha ini akan diberi nama Yamaha EC05, seperti ini penampakannya :

Nah, sebenarnya motor listrik Yamaha ini bukan murni asli produk Yamaha nih pemirsa… Yamaha EC05 ini adalah hasil kolaborasi antara Yamaha Taiwan dan pabrikan lokal disana yang bernama Gogoro,

dan EC05 ini memiliki basic mesin listrik, rangka dan juga aspek fitur yang sama dengan produk Gogoro bernama Gogoro S2, berikut ilustrasi perbandingannya :

Dalam hal ini Yamaha hanya ikut andil untuk memberikan desain juga jaminan kualitas yang tentunya punya standar tersendiri. Termasuk desain headlamp yang lebih futuristik juga fitur kekinan seperti kunci keyless, speedometer full digital dan fitur canggih lainnya seperti hadirnya riding mode.

Dan karena motor ini menggunakan basic produk Gogoro, kita bisa menebak jika motor listrik Yamaha ini akan memiliki spesifikasi sbb (sumber kojintekibikematome :

Sepesifikasi Gogoro S2 / Yamaha EC05 :

Total panjang: 1.890 mm
Width Lebar penuh: 660 mm
・ Tinggi: 1.080 mm
Base Alas roda: 1.306 mm
Ketinggian -Seat: 780 mm
Berat: 104 kg (122 kg)
・ Met-in: 25 L (wajah penuh 1 atau wajah terbuka 2)

Metode pendinginan: pendinginan air
-Horsepower: 7.6kw (10.18HP) / 3,000rpm
· Torsi (motor): 26 Nm / 0 hingga 2.500 rpm
Torsi (roda): 213 Nm / 0 hingga 2.500 rpm
Speed ​​Kecepatan tertinggi: 92 km / jam
・ Jarak navigasi: 110km (saat bepergian 40km / jam), 150km (saat bepergian 30km / jam)
・ Suspensi depan: tegak (dumping)
・ Suspensi belakang: 2 suspensi (preload / redaman)

・ Rem depan: 245 mm / pemasangan radial 4 POT
・ Rem belakang: 180mm / 1 POT
Ban depan: 100 / 80-14 (48 L)
・ Ban belakang: 110 / 70-13 (55L)

Nah, tentunya pemirsa penasaran kok Yamaha yang dalam hal ini pabrikan Jepang harus kerja sama dengan pabrikan Taiwan? Padahal tentu Yamaha punya banyak banget motor listrik, salah satunya Yamaha E-Vino yang sempat diperkenalkan di Indonesia tempo lalu? lalu banyak juga produk lainnya sebut saja Yamaha PES2 , Yamaha 07 Gen bahkan yang sering dipajang dipameran apalagi kalo bukan Yamaha Motoroid ? Atau kenapa gak bikin saja Yamaha Nmax bermesin listrik seperti langkah Honda dengan PCX Electric ?

Tidak semudah itu ternyata pemirsa, sepertinya alasan karena Yamaha bekerja sama dengan Gogoro karena Yamaha belum punya fasilitas pendukung seperti stasiun pergantian baterai, aftersales dan aspek marketingnya. Karena Gogoro sendiri sudah punya aspek tersebut. Berbeda dengan Honda yang sudah punya system tersebut salah satunya punya stasiun pengisian baterai tersendiri, baca lengkapnya di Honda PCX Electric . Jadi kita tunggu saja rilis resminya nanti bulan Agustus, dan akankah motor listrik Yamaha ini juga dijual di Indonesia? Wah, tentunya para pecinta Yamaha di tanah air pasti sangat menantikan banget nih, hehe…

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Advertisements

Be the first to comment

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.