Tes Ride Honda Genio 110cc… Skutik Murah Buat Gaul Juga Lebih Keren dan Kencang dari Scoopy?

Warungasep.net – Saat perilisan resmiya di Hollyday Inn Kemayoran Jakarta Jum’at lalu, para awak Media, Blogger dan Vlogger mendapat kesempatanuntuk mencoba skutik all new atau paling terbaru Honda di tahun 2019 ini, Yupz. Honda Genio 110. Asli saya bener-bener gak nyangka banget jika Honda dalam hal ini AHM akan merilis skutik baru, karena sebelumnya bereda gosip jika justru Honda akan merilis produk baru yaitu Honda Supra GTR facelift atau skutik baru bermesin 150cc(entah X-ADV 150 atau Scoopy 150cc) dan kali ini AHM bener-bener memerikan kejutan banget dengan menghadirkan skutik baru di kelas entrylevel, yang dimana kelas ini AHM punya banyak line up produk, dan dengan adanya Honda Genio ini makin banyak dan pastinya akan memberikan pilihan paling lengkap buat para konsumen terutama yang ingin skutik murah tapi dengan beragam keunggulan lainnya.

Perlu pemirsa ketahui jika Honda Genio ini adalah produk masal dari Honda Project G Concept yang dipajang di IIMS tahun lalu, jadi kejutannya bertambah karena ini merupakan produk concept atau prototype yang awalnya hanya dipajang dipameran kini di produksi dan dijual masal. Jarang-jarang lho pemirsa… Mengusung konsep desain Casual Fashionable, Genio yang memiliki arti Genuine dan Genius ini memiliki desain yang unik yang diperuntukan oleh konsumen Generasi Z atau generasi remaja masa kini. Dimensi yang ramping, Compact, ringan, fitur berlimpah dan juga harga yang murah menjadi kelebihan dan poin tersebut menjadi tuntutan keinginan atau ekspektasi para remaja masa kini untuk memiliki kendaraan mereka untuk dipakai eksis dan gaul.

Tentu pemirsa tahu bagaimana suksesnya Honda Scoopy 110 eSP, desain yang unik ini sangat digemari dan bahkan menjadi salah satu skutik paling laris di Indonesia. Walaupun harganya yang memang semakin naik dan mendekati harga skutik 125cc. Dan sepertinya Honda Genio ini bisa jadi alternatif buat yang ingin punya Scoopy dengan bandrol harga yang lebih murah, apalagi bedanya jika Scoopy mungkin lebih terlihat feminim dan lebih identik dengan remaja cewek, naah Honda Genio ini lebih terlihat fleksibel karena desainnya yang dinamis ternyata bisa lebih cocok untuk dipakai remaja cowok. Ditambah lagi mungkin diantara konsumen banyak yang tidak suka desain lampu bulat ala motor retro, naah Genio ini bisa memberikan alternatif karena mengusung desain lampu yang menyudut dan lebih terkesan futuristik.

Itu baru kita membahas desain yang mengejutkan dari Honda Genio, naah bagaimana dengan riding impression saat menunggangi skutik dengan mesin dan rangka baru yang sama sekali berbeda dengan skutik 110cc Honda lainnya(Beat, Scoopy dan Vario 110) ini? Untuk itu pemirsa bisa cekidot terlebih dahulu Video Tesride Honda Genio 110 dibawah ini :

Oke, AHM memberikan fasilitas tes ride motor skutik baru ini di area parkiran Hotel Hollyday Inn Jakarta. Treknya cukup sempit tapi diberikan lay out yang mensimulasikan motor ini saat dipakai di beberapa kondisi jalanan, baik itu rea belokan zig-zag yang membuat kita seperti sedang melakukan Gymkhana, speed bump untuk mencoba suspensi juga lintasan lurus yang gak terlalu panjang untuk mengetes akselerasi.

Pertama kali menaiki motor ini, dengan tinggi jok yang hanya 740 mm dan tinggi badan saya yang 167cm nyemplak motor ini begitu kecil dan pendek, posisi tangan juga pendek dan ketika kaki ditekuk membuat ergonomi riding motor ini memang memiliki ergonomi yang khas skutik Honda, yakni posisi kaki menekuk tinggi, jok yang pendek dan posisi tangan lebih rendah. (sedikit mirip dengan ergonomi Honda Vario, Baca : Review dan Tes Ride Vario 150 Baru, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya? ).

Putar kunci kontak, melihat area speedometer dengan desain unik berbentuk bulat ala motor retro yang dipadukan dengan layar lcd berbentuk kotak ini punya sensasi tersendiri… ya, terasa seperti naik Honda Rebel nih pemirsa, hehe… (Baca : Tes Ride Honda Rebel 500cc, Moge Yang Cocok Buat Pemula dan Suka Desain Clasic Cruiser. Lebih terasa kesan futuristik dibanding sodaranya Honda Scoopy yang masih pakai speedo analog.

Putar throttle gas, suara knalpotnya begitu garing… Didepan sudah disuguhkan cone yang berjajar untuk kita dipaksa berbelok zig-zag, awalnya saya rada kagok… Tapi lama kelamaan akan terbiasa dan motor ini handlingnya lumayan mantap, terasa enteng buat ditekuk-tekuk… Ini berkat penerapan rangka model baru yang diberi nama eSAF atau Enhanced Smart Architecture Frame yang diklaim lebih ringan dan rigid. Karena bobot motor ini, terutama yan versi CBS hanya memiliki berat hanya 89 kg saja.. dengan catatan sutik Honda 110cc lainnya mencapai 94 kg. Ditambah lagi dengan jarak sumbu yang dibuat compact dengan dimensinya yang ramping. Dengan rangka baru tersebut membuat jarak groud clearence-nya pun menjadi sedikit lebih tinggi sehingga lebih aman ketemu lubang dijalanan.

Setelah simulasi zig-zag, kita disuguhkan simulasi polisi tidur. Disini kita mencoba suspensinya… Dan ternyata lebih empuk ketimbang suspensi sodaranya Honda Scoopy yang saya rasa cukup keras(Baca : Honda Scoopy Dibawa Riding di Kemacetan, ke Pegunungan dan Blusukan di Jalan OffRoad.. Gimana Rasanya??? ) Tapi masih kalah empuk kalo dibandingkan dengan kompetitor, sebut saja Suzuki Address yang pernah saya coba (Baca : Tes Ride Singkat Suzuki Address, Skutik Langka Yang Jadi Pusat Perhatian ).

Lepas dari speed bump, kita disuguhkan lintasan lurus yang gak terlalu panjang… Tapi cukup lah buat mencoba akselerasi. Saya gak akan terlalu lebay menyebutkan “waah akselerasinya menjambak banget”.. enggak terlalu juga ya pemirsa, hehe… Lha motor ini cuma skutik kok, bukan motor sport 2 tak. Tapi, memang akselerasi Honda Genio ini memang cukup ngagetin ya pemirsa, apalagi saya sendiri yang hampir keseharian pakai Suzuki Nex II yang dikenal punya akselerasi delay diputaran bawah(Baca : Review Suzuki Nex II Dibawa City Touring Di Kemacetan Kota Bandung ). Memang kerasa banget akselerasi Honda Genio ini memang lebih baik, bahkan dibanding skutik 110cc Honda lainnya. Hal ini terasa banget ketika kita melakukan akselerasi spontan, motor ini langsung ngacir.. Sayangnya untuk mengetahui topspeed, saya belum dapatkan hasil karena track yang gak mendukung karena pendek banget.

Akselerasi yang lebih baik ini didapat berkat perubahan layout atau kontruksi daleman mesin Honda Genio yang dipangkas hingga 10% dibanding skutik 110cc Honda lainnya bahkan kapasitas oli mesinnya pun hanya 0,65 liter saja. Yupz, mesin Honda Genio ini pakai mesin 110cc generasi baru, dengan kubikasi mesin 109,5 cc sebelumnya hanya 108,2 cc ditambah kompresi yang lebih tinggi higga 10.0:2 dan stroke yang lebih panjang yakni 47,0 mm x 63,1 mm, membuat power dan torsinya meningkat. Yupz, tenaga puncaknya berada diangka 9,0 PS pada 7500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5500. Lebih besar ketimbang skutik 110cc sebelumnya yang hanya 8,68 Ps dan torsi 9 Nm saja.

Untuk fitur daripada Honda Genio ini memang gak selengkap fitur skutik Premium seperti PCX ya pemirsa, tapi beberapa fitur yang ada pada skutik premium justru hadir pada skutik entrylevel baru-nya Honda ini. Sebut saja diantaranya lampu depan LED, speedometer full digital, adanya Idling Stop ISS, desan velg mirip Vario series dengan 8 jari yang sporty, bagasi yang cukup luas bahkan terdapat power socket charger yang siap untuk mendukung setiap mobilitas anak muda yang memang saat ini gak akan jauh dari yang namanya gadget. Kurang apa lagi?

Dan dengan fitur dan kelebihan yang saya sebutkan diatas, motor ini hanya dibandrol dengan harga Rp. 17,2 jutaan untuk versi CBS dan lebih mahal Rp 500ribuan untuk versi CBS ISS yang menapai Rp. 17,7jutaan untuk area OTR Jakarta. Posisi harga ini sedikit lebih mahal dari Honda Beat yang merupakan varian terendah dari skutik Honda di Indonesia, tapi tentu lebih murah ketimbang harga Honda Vario 110 daN juga Scoopy yang sudah hampir tembus Rp. 19jutaan.

Yapz, itulah hasil sedikit review dan tesride Honda Genio 110cc dari saya. Memang gak terlalu lengkap menjabarkan bagaimana skutik terbaru Hoda ini, tapi kesimpulannya adalah Honda Genio 110cc ini sangat cocok buat pemirsa terutama para remaja atau bisa juga para bapak-bapak ibu-ibu yang akan membelikan motor buat anaknya yang menginginkan skutik yang tentu saja pertama yang dilihat adalah tampang desainnya yang keren bergaya anak muda banget dan gak norak buat diajak eksis dan gaul, tapi tentu saja punya fitur yang modern dan kekinian istilahnya gak kuno atau ketinggalan jaman tapi juga punya bandrol harga yang bisa bikin bapak dan ibu atau pemirsa bilang…

“waah, murah euy Honda Genio, mending ini lah daripada Beat, nambah dikit punya banyak fitur”

atau

“mending ini lah lebih murah dan lebih keren dari Scoopy”

Baca juga yang unik lainnya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Advertisements

7 Comments

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.