Renderan Ninja 250 4 Silinder ala Young Machine Terlalu “Lebay” ?

Warungasep.net – Media Jepang Young Machine, setiap akhir bulan selalu membuat ulah ketika mereka memajang prediksi calon motor baru di sampul majalah mereka dengan membuat sebuah gambar ilustrasi berupa renderan atau editan gambar digital. Gambar sampul tersebut menjadi viral, dan tak sedikit dari netizen yang berspekulasi jika renderan mereka akan menjadi gambaran versi produksi masalnya nanti. Seperti gambar sosok Ninja 250cc 4 silinder yang mereka beri nama Kawasaki ZX25R. Desain yang mereka illutrasikan calon produk baru dari Kawasaki ini akan mengadopsi sebagian besar dari varian ZX series lainnya, terutama desain ZX-10R, terlihat dari desain side fairing hingga ke bagian moncong depan yang memiliki lampu LED yang sipit dan lubang air scoop yang tak hanya di bagian tengah saja, tapi juga di bagian atas tanki dengan pipa ke ujung windshiled, sama seperti model air scoop ZX25R di masa lalu.

Tak hanya itu, majalah otomotif kenamaan asal Jepang tersebut juga memberikan illutrasi jika sang ZX 250cc ini akan punya frame model tralis berwarna hijau yang menggendog mesin 250cc berkonfigurasi 4 silinder inline. Tak lupa juga mereka menambahkan swing arm alumunium dan juga suspensi depan Upside down lengkap dengan kaki-kaki gambot juga velg Marchesini seperti yang dipakai Kawasaki ZX-10RR .

Bahkan pada gambar sampul majalah mereka yang menggunakan huruf Kanji tersebut, terselip sebuah tulisan yang bisa kita mengerti, jika calon motor baru yang mereka gosipkan ini akan memiliki peak power maks diangka 60 PS dan mesin ini bisa mencapai putaran 20.000 Rpm.. wuiiih, sangar banget bukan???

Nah, pertanyaannya… Apakah bocoran dari YM ini akurat??? Ataukah terlalu “lebay” dan Hoax???
Ini dia, masalahnya… Seringkali jika kita melihat bocoran, gosip, rumor atau spyshot dari luar negeri selalu berspekulasi jika info tersebut auto akurat dan bikin heboh, bisa saja info yang mereka dapatkan tersebut justru datang dari Indonesia, kemudian mereka sadur dan dijadikan konten. Dan seperti sebuah siklus, info dari dalam negeri “diekspor” keluar negeri, kemudian “diimpor” lagi kedalam negeri, bahkan sumber aslinya justru kalah viral ketimbang media luar tersebut, hehe…

Media Jepang yang sering dijadikan referensi informasi otomotif terbaru juga yang suka bikin renderan, tak hanya Young Machine, ada juga media Auto-By, Kojintekibikematome dll. Tapi, banyak netizen yang bilang jika renderan atau editan CG Young Machine memang selalu gak akurat dan terbukti nyeleneh. Ada juga yang bilang jika referensi informasi perihal renderan motor baru lebih cenderung percaya pada media Eropa salah satunya adalah Motorcyclenews atau MCN.

Tapi, menurut saya enggak juga… Media MCN bahkan sering bikin renderan atau illustrasi motor baru yang jutsru ngaco dan nyeleneh. Pernah saya bahas di artikel ini :

Baca : Perbedaan Renderan Honda CBR1000RR Facelift oleh MCN dan Young Machine

Renderan CB1000R ala MCN, akurat?

Pernah juga MCN bikin renderan CB1000RR facelift pakai refelektor headlamp skutik PCX 😀 😀 😀 😀 ;

Baca : Renderan CBR1000RR ala MCN

Renderan CBR1000RR ala MCN

Dan ini versi YM , Baca : Kembali Muncul Renderan Terbaru CBR1000RR Facelift

Nah, itu hanya sebagian kecil saja ya pemirsa, hehe… Lalu apakah Young Machine juga memang selalu aneh dan ngaco kalo bikin renderan motor baru? Salah satu alasan mengapa banyak yang menjadikan YM sebagai referensi info motor baru adalah karena jejak artikel mereka di tahun 2014 lalu yang sempat bikin renderan Yamaha YZF-R25 yang ternyata klop dengan aslinya, seperti ini :

Tapi ada indikasi jika hasil renderan YM tentang R25 pada tahun 2014 tersebut, berdasarkan gambar patent yang sepertiya yang sudah terlebih dahulu mereka dapatkan. Masih ingat dengan gambar patent Gixxer 250 yang pernah saya bahas, atau gambar patent Yamaha Nmax facelift yang kemarin muncul ? Nah, jika ada misalkan salah satu Blogger yang bikin renderan NMax facelift, kemudian nanti pada saatnya Nmax facelift resmi dirilis, maka Blogger yang bikin renderan tersebut bakalan auto terkenal karena bisa menerawang dan memprediksi motor baru dengan tepat dan akurat, itu menurut pembaca awan ya pemirsa, hehe… Karena yang sudah sering baca info, tahu jik gambar tersebut berdasarkan gambar patent yang sudah terlebih dulu muncul.

Jadi, saran saya sih ketika kita melihat sebuah informasi yang masih simpang siur, masih berupa gosip atau prediksi, kita harus bijak menyikapinya, jangan langsung percaya inf tersebut otentik ataupun berprasangka jika info tersebut adalah hoax. Ada istilah “infonya ditampung dulu” atau kata wak haji bilang “silakan dikunyah-kunyah dulu“, sehingga kita bisa memilah informasi terlebih dahulu. Dan jangan juga kita berfikir, kalo informasi dari Luar negeri itu lebih akurat, sedangkan info dari dalam negeri cuma bahas sensasi saja? Nah, belum tentu juga, karena banyak juga informasi yang bersumber dari Media atau Blogger lokal yang sering kali klop. Apakah Warungasep salah satunya?? Ah, jangan blog saya ini mah semua isinya cuma Copasan dari IWB, ujar salah satu Komentator, wwkwkwkwkw… ngakak aing. 😀

Terakhir, mengenai apakah renderan dan hasil prediksi Young Machine terhadap calon Kawasaki Ninja 250 4 silinder ini akurat? Menurut pendapat pribadi sih, akhir-akhir ini renderan young Machine makin hari makin aneh dan nyeleneh aja dan jika nantinya Ninja ZX25R ini akan benar-benar hadir, pasti bakalan lebih keren, lebih sangar dan tentunya akan lebih mengejutkan dari renderan tersebut. Tapi itu juga jika memang benar-benar Ninja 250cc ini akan benar-benar ada(bukan gosiP), hehe… Kalo menurut pemirsa gimana? Monggo komengtarnya…

Baca juga yang unik lainnya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Advertisements

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.