Bocoran PCX Facelift, Akan Pakai VTEC, 4 Klep, Engine Mounting dan Knalpot Model Baru

Gambar Cuma Illustrasi

Warungasep.net – Perlu pemirsa ketahui jika gambar diatas saya pakai cuma illustrasi saja, jadi gak ada hubungan sama sekali dengan isi topik utama di artikel ini ya… Oke, langsung saja saya menemukan beberapa info menarik tentang sebuah gambar patent sebuah mesin baru Honda yang diduga kuat akan dipakai untuk varian skutik 150cc eSP Honda generasi terbaru, Walaupun pada desain patent ini ditunjukan gambar untuk sosok Honda SH150 yang enjadi produk global Honda di kelas 150cc, tapi tak menutup kemungkinan jika nantinya juga akan dipakai oleh produk Honda lainnya seperti Vario, ADV150 atau bisa juga diduga kuat akan dibenamkan pertama kalinya untuk Honda PCX Facelift. Karena cukup menarik, pada mesin baru Honda ini ternyata ditemukan beberapa fakta jika mesin ini akan pakai teknologi Variable Valve(entah itu V-Tec atau akan punya nama lain) dengan 4 klep di bagian camshaft, juga perubahan engne mounting dan knalpot model baru…

Nah, gambar diatas menunjukan jika gambar patent mesin baru ini akan dipakai di Honda SH series… Desain body-nya sih gak ada yang berubah ya,soalnya kita hanya focus ke bagian mesin saja… Dan ini dia penampakan detail mesinnya :

Apa yang pertama terlintas dipikiran pemirsa?? Pasti nyari-nyari dimana VTEC nya bukan?? wkwkw… Sabar, pertama perhatikan detail mesinnya ternyata berbeda, yang pertama saya mau kasih tau jika desain knalpot mesin skutik Honda berpendingin cairan ini desain knalpotnya beda, melingkar dibawah terdapat katalisator yang lebih besar yang kemungkinan guna mendukung regulasi Euro 5 yang makin ketat di Eropa sana..

Dan jika pemirsa lihat lebih detail, jika katalisator tersebut berada dibawah mesin, lalu dimana posisi engine mounting yang biasanya berada di bagian bawah??? Perhatikan detail mesin Honda PCX/SH/Vario current :

Engine mountingnya ilang bukan??? Ternyata engine mountingnya pindah ke bagian atas crankcase mesin… Hmmm, ini sepertinya jadi mirip dengan model engine mounting yang diterapkan pada Honda Genio 110 nih (baca : Galeri Foto Detail dan Fitur Honda Genio 110 Terbaru ) yang dimana punya engine mounting model baru yang sepertinya akan dijadkan role model mesin generasi baru di kelas 110cc, dan kemudian hal tersebut juga diikuti oleh mesin dikelas 150cc, belum diketahui apakah rangkanya juga akan pakai model eSAF(Enhanced Smart Architecture Frame) atau tidak, bisa pemirsa lhat detailnya dibawah ini :

Terlihat mesinnya menggantung di frame, sama seperti mesin Genio 110… Jadinya dengan desain baru ini membuat desainnya lebih compact dan knalpot punya desain katalitik yang lebih besar dibagian bawah… Oh ya, sekarang kita lihat bagian atas dan bagian bawah mesin :

Perhatikan, apakah pemirsa sudah lihat perbedaannya? Pemirsa pasti akan focus pada tonjolan dibagian kiri mesin… Yupz, itulah yang diduga merupakan mekanisme penggerak klep variable, atau yang teknologi yang diliki oleh Honda yaitu VTEC… wuiihh, bakalan jadi saingnnya VVA Nmax/Lexi/Aerox dong???

Tak hanya itu, guna mendukung teknologi ini, tentunya Honda gak bisa pakai model mekanisme camshaft yangmasih pakai 2 klep saja, jadinya tentu harus sudah pakai 4 klep, 2 diantaranya klep masuk dan 2 klep buang dari ruang bakar, dan berikut ini gambar patentnya :

Dan perlu pemirsa ketahui jika sebelumnya sempat terkuak desain Vtec ini juga sempat didaftarkan patentnya untuk maxi skutik 250cc Honda (baca : Muncul Gambar Patent Honda Forza VTEC, Buat Lawan Maxi Skutik VVA Yamaha?) juga untuk motor sport Honda CBR series… (baca : Jika Yamaha Punya R15 VVA, Honda Juga Akan Punya CBR VTEC…!!! ). Dan perlu diingat jika gambar diatas masih berupa gambar patent saja, jadi belum tentu apakah model tersebut akan diproduksi masal atau tidak. Yang jelas dengan adanya gambar tersebut sepertinya menjadi jawaban akan teknologi VVA yang diterpakan secara masif pada berbagai produk barunya… Dan jika benar, maka bersiap menyambut entah itu Vario/ADV atau PCX facelift dengan teknologi VTEC di masa depan… asyikkk, lalu bagaimana dengan Suzuki? Monggo komentarnya…

Sumber : Kojintekimatome

Baca juga yang unik lainnya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep
v

Advertisements

8 Comments

  1. Entah mengapa kalau mendengar kata “vtec” selalu yang terbayang adalah teknologi canggih dari masa depan. Enya ge geus lila, tapi jigana aya “SIMA” an.

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.