Melihat Perakitan Honda Genio 110cc Langsung di Pabrik AHM Plant 3 Cikarang [Video]

Warungasep.net – Tahukah pemirsa jika setiap tahunnya PT. Astra Honda Motor (AHM) rata-rata menjual sekitar 4 sampai 5 juta unit setiap tahunnya (Baca artikelnya : Data AISI 2018 : Setahun Honda Jual 4,7 Juta Unit Sepeda Motor ). Nah, dari 5 juta unit sepeda motor tersebut diproduksi dari 5 pabrik yang dimiliki AHM, diantarnya Plant 1 di daerah Sunter Jakarta, Plant 2 yang juga berada di Jakarta tepatnya di daerah Pegangsaan, Plant 3 ada di Cikarang dan Plant 4 dan 5 berada di Dawuan Karawang. Dan ternyata dari ke-5 pabrik AHM tersebut yang kapasitas produksinya terbesar berada di Plant 3 Cikarang. Disini adalah pabrik dimana motor-motor di kelas low entry seperti Honda Beat, Scoopy dan Vario diproduksi dan juga salah satu produk terbaru AHM yaitu Honda Genio 110cc dirakit dari mulai cuma peretelan sparepart hingga membentuk sebuah motor yang dibandrol dengan harga termurah Rp 16,2 jutaan.

Plant 3 AHM ini tepatnya berada di kawasan Industri MM2100 Cikarang, Bekasi Jawa Barat. Jika pemirsa lewat jalan Tol Jakarta-Cikampek maka akan terlihat pinggir pabrik disebelah selatan yang tentunya gede banget. Pantas saja karena pabrik Honda ini memiliki luas 10,6 hektar dan terbagi dalam 4 line produksi. Dan kemarin, tepatnya hari Rabu 11 September 2019, saya beserta sekitar 15 Blogger dan Vlogger diajak AHM untuk melakukan Factory Visit bertajuk Plant Tour sekaligus bedah teknologi Honda Genio di pabriknya langsung ke Plant 3 AHM di Cikarang…

Acara dimulai dengan sambutan dari GM HC3 AHM Ibu Istiyani, kemudian dari GM Plant AHM Cikarang Dodi Sutriadi juga jajaran petinggi AMH lainnya yang maaf saya lupa nama-namanya, hehe… Pertama kita diberikan pengetahuan tentang sejarah AHM di Indonesia juga sejarah berdirinya plant 3 AHM di Cikarang. Sedikit informasi jika di Plant Cikarang ini memiliki ribuan tenaga kerja yang terbagi dalam 3 shift, setiap harinya dari 4 line produksi bisa merakit 3000 sampai 6000an unit per harinya, wajar saja jika dalam setahun pabrik ini bisa memberikan kontribusi produksi sepeda motor AHM hingga 2 juta unit. Bahkan yang menarik, disini setiap sepeda motor yang dirakit hanya membutuhkan waktu 22 detik saja.

Wah yang bener nih, mosok sih cuma 22 detik saja? Naah, untuk itu kita diajak ke Plant ini untuk melihat secara langsung dan membuktikannya. Sayangnya disini kita tidak diperbolehkan untuk membawa alat perekam kamera ataupun Video bahkan saking ketatnya, handphone yang kita bawa pun diperiksa dan diberi stiker penutup khusus. Jadinya saat melakukan Plant Tour ini kita hanya bisa menyimak secara langsung tanpa mendokumentasikannya.

Bisa saya gambarkan di salah ruangan pabrik di Plant Cikarang ini kita diajak melihat bagaimana proses perakitan rangka skutik Honda Genio. Nah, perlu pemirsa ketahui jika skutik dengan desain yang Casual Fashionable dan ditujukan buat konsumen anak muda ini memiliki keunggulan dibagian frame dimana menggunakan jenis frame model baru yang memiliki nama patent eSAF atau Enhanced Smart Architecture Frame, ini merupakan sebuah inovasi dari Honda membuat jenis frame model baru yang diklaim lebih ringan, lebih compact dan juga membuat handling motor menjadi lebih lincah.

Berbeda dengan rangka motor pada umumnya dimana merupakan besi pipa atau besi tubular yang dipress dan dibengkokan sehingga membentuk sebuah frame, sedangkan rangka eSAF Genio ini terdiri dari sebuah plat besi dengan ketebalan sekitar 1,8 mm dan dipress dengan alat khusus membentuk 2 sisi frame yang kemudian disambung dengan molding atau las sehingga membentuk frame 3 dimensi. Model rangka ini mirip seperti jenis rangka monokok di Mobil atau di rangka motor jadul. Dan bahkan AHM dalam hal ini Indonesia menjadi negara pertama yang mengaplikasikan model rangka seperti ini. Dan tentunya AHM mengembangkan investasi yang cukup besar karena dengan adanya Genio dengan inovasi serba baru maka alat produksi motor ini pun serba baru dan menggantikan alat produksi konvensional sebelumnya.

Terlebih lagi karena hampir semua bagian frame ini mengunakan sistem molding atau las menggunakan robot sehingga kinerjanya lebih cepat dan tingkat akurasi tinggi, bahkan ke bagian pengecatan dan alat diecasting semua bagian metal sudah menggunakan teknologi mutakhir.

Di line produksi lainya di Plant 3 Cikarang ini kami masuk ke tempat perakitan motor, di salah satu sisi pabrik yang kita kunjungi terlihat para pekerja sedang menyiapkan perintilan part berupa daleman mesin seperti piston, stang piston, crankcase, spul magnet hingga ke bagian head silinder kedalam baki yang melaju diatas kompayer berjalan, kemudian agak ke tengah lagi beberapa pekerja tampak merakit perintilan part yang berjejer tadi seingga membentuk sebuah mesin.

Lanjut semakin ketengah, setelah mesin yang sudah jadi kemudian dari atas pabrik turun untaian rangka yang sudah dicat, dan sebelum dipasangkan dengan mesin rangka tersebut diberi nomor rangka terlebih dahulu menggunakan teknologi laser. Dan setelah rangka dan mesin menyatu kemudian barulah dipasangkan part lainnya seperti suspensi belakang dan depan hingga part body termasuk lampu depan belakang terakhir jok.

Dan diujung pabrik yang kita sambangilah kita bisa membuktikan bagaimana dalam 22 detik tersebut 1 unit motor sudah dalam bentuk wujud utuh. Asli kami mencoba menghitung, dan ternyata benar dalam hitungan dari 1 sampai 22 detik, 1 unit motor turun dari kompayer berjalan dan menuju pengecekan terkahir. Disini motor dicek jalan, digeber diatas mesin Dynotest juga dicek sorot lampu dan bagian elektronik lainnya. Jika dalam tahap akhir ini lolos, maka motor Honda yang masih hangat seperti layaknya kue dari dalam oven ini gak menunggu waktu lama tersimpan di pabrik, dalam beberapa detik kemudian motor tersebut langsung diangkut menggunakan truck espedisi dan siap dikirim ke berbagai Main Dealer Honda di seluruh Indonesia..

Terakhir, di salah satu sudut di ujung pabrik barulah kita diperbolehkan untuk mengambil gambar dan Video, sala satunya ini dia saat kami berfoto bersama :


Pict IWB

Oh ya, plant tour ini bukan yang pertama saya ikuti karena tahun 2017 lalu juga saya sempat ikutan factory visit ke pabriknya Honda CBR250RR di Plant 4 dan 5 di Karawang, berikut artikelnya :

Baca : Melihat Langsung Cara Bikin Motor Honda CBR250RR Langsung di Pabriknya!

Nah, setelah kita puas menengok bagaimana proses pembuatan atau perakitan sepeda motor langsung di pabriknya, selanjutnya kita diajak untuk melakukan bedah teknologi Honda Genio, jadi mesin baru Honda Genio ini dibongkar sehingga kita bisa ketahui apa saja pebedaan dan kelebihannya dibandng skutik Honda lainnya. Untuk lebih lengkapnya pemirsa bisa langsung cek saja pada Video berikut ini :

Berikut galeri foto bedak teknologi Honda Genio 110cc bersama pak Endro Sutarno selaku ahli tekniknya AHM :

Baca juga yang unik lainnya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep
v

Advertisements

Be the first to comment

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.