CVT PCX atau Vario “Geredeg”? Begini Jawaban dan Solusi dari AHM

Warungasep.net – Buat para pengguna Honda PCX150 atau juga Vario series tentu sudah gak aneh dengan fenomena getar atau geredeg dibagian CVT,buat sebagian konsumen mungkin menganggap masalah ini biasa dan banyak solusi yang bsa didapat dengan mengganti sparepart aftermarket yang dijual, juga beragam macam tips an trick dari para konsumen lainnya, tapi buat sebagain lagi menganggap masalah ini serius dan menganggap sebagai kegagalan produk dari AHM karena kasus seperti ini bukan lagi fenomena tapi hampir semua pemiliknya banyak mengalami masalah yang sama. Nah kebetulan saat acara Bedah Teknologi Honda Genio dan Factory Visit ke Pabrik AHM di Plant 3 Cikarang kemarin kita para Blogger dan Vlogger diajak untuk sesi tanya jawab, dan kebetulan saya bertanya tentang fenomena “Geredeg” CVT Honda PCX dan Vario ini dalam satu diskusi bersama pak Endro Sutarno yang menjabat Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM).

Pak Endro Sutarno saat dijejal pertanyaan dari Blogger

Saya sediri yang cukup kenyang dengan masalah CVT Gerdeg dan sangat penasaran dengan tanggapan dari pihak AHM tentang fenomena ini, karena tentu saja sejak punya Honda Vario 110cc 2009 sampai Vario terbaru masalah ini selalu ada, beragam macam solusi sudah saya coba namun getar di CVT ini seakan menjadi fitur bawaan, makanya saya punya istilah tersendiri dengan gejala seperti ini, yaitu “Fitur Parkinson Technology”, (HeruTB pasti ketawa 😀 )hehe… Karena setiap masalah ini muncul yaitu geredeg hebat, bergetar dengan suara seperti motor rusak tentu sangat mengganggu terutama ketika melewati polisi tidur atau saat RPM rendah, saya biasanya langsung service ke AHASS, tapi… Dalam jangka waktu 2 minggu atau masih kurang dari 1000km, masalah ini muncul kembali, kuapokmu kapan rekk… 😀

Nah, langsung saja masalah ini saya tembak langsung ke pak Endro Sutarno, “Pada saat stasionery, bagian kanvas CVT akan mengembang pelan, dia memutar ini(mangkok kopling), namun karena ada beban(roda, pengendara) akan terasa berat, sehingga waktu RPM rendah sekitar 2700 RPM, mangkok kopling yang masih dalam kondisi diam tapi kanvas ganda memaksa berputar, sehingga menimbulkan selip, ini yang bikin geredeg-geredeg” ungkap pak Endro.

Saya pun tanya, apakah penyebab terjadi hal tersebut? Pak Endro menjawab. “Salah satu penyebannya adalah kotor, tapi juga ada faktor lain seperti karakter berkendara, bisanya orang yang selow atau linear banyak yang mengalami hal ini, tapi jika gaya berkendaranya agresif tentu tidak pernah merasakan hal seperti itu” jawabnya.

Bagaimana dengan solusinya? Pak Endro pun menjawab. “Sebenarnya solusinya banyak sih, tapi selama CVTnya kotor pasti akan seperti itu…” ujarnya… Sayangnya pak Endro tidak menyebutkan apa saja solusinya terhadap masalah ini.

Yang menarik adalah banyak dari kalangan Netizen yang memberikan solusi jika masalah ini bisa diatas dengan cara melubangi mangkok kopling, banyak juga testimoni dari mereka yang sukses mengatasi hal ini. Bagaimana tanggapan pak Endro?

Oke, ketika dilubangi debunya memang keluar, cuma ini(mangkok kopling) sudah didesain untuk posisi mutarnya itu balance atau seimbang, tapi ketika dibor sana sini nantinya menjadi kurang balance sehingga goyang, ya seperti pada velg aja, makanya ada balancer yang terpasang disana” ungkapnya.

Terakhir saya sempat bertanya, apakah ada improvment dari AHM tentang masalh geredeg ini? Jawabnya “tentu ada, pasti ada…” . Cuma gak disebutkan apa saja perubahan yang AHM lakukan. Terus apakah improvment itu terbukti dengan hadirnya ADV150, apakah mesinnya beda? Pak Endro menjawab, “Sebenarnya ada, tapi karena karakter juga, bisa jadi si konsumen PCX itu kebanyakan yang menggunakan motornya itu slow, begitu yang ADV sukanya geber-geber atau agresif, karakter seperti itu akan memaksa kotoran di CVT akan keluar, orang-orang dengan karakter seperti itu tidak pernah merasakan seperti itu(geredeg), yang merasakan malah yang bawanya selow” tutupnya…

Itulah jawaban dari Pak Endro Sutarno selaku Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) tentang fenomena getar atau gerdeg pada CVT konsumen Honda PCX atau Vario series, semoga artikel ini bisa menjawab rasa kepo emirsa, tapi jika ada yang kurang lengkap bisa pemirsa video cuplikanya dibawah ini :

Jangan lupa share dan subscribe ya Youtube saya, dan jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom komentar, semoga berguna…

Baca juga yang unik lainnya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Advertisements

16 Comments

  1. Jawabannya ga berkelas,ketahuan ilmunya cetek…muter2 bae ke ban….jd kalo mau bebas geter harus saradak sruduk bawa motornya.. Ga boleh selow….helooooow…situ sehat

  2. Produsen pun berkata : Selama produknya laku ya ngapain di improve cacatnya??? Toh konsumen kebanyakan bodo amat sama cacatnya,yang penting mereknya….

  3. Sedih X klw yg pusat n pucuk pimpinan teknisi tdk punya solusi , ngeles – kan sdh di bawa ke jepang nih masalah (malah pd bingung krn ngk ada solusi yg memuaskan)

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.