Honda Africa Twin dan CBR Akan Pakai Speedometer HUD ala-ala Pilot Pesawat Tempur?

Warungasep.net – Seakan tak mau ketinggalan, pabrikan Otomotif sepeda motor berlomba-lomba untuk membuat produk yang semakin canggih dan futuristik. Bayangkan saja jika dulu motor yang bisa jalan sendiri tanpa pengemudi hanya tampak di film fiksi, sekarang beberapa pabrikan sudah memproduksinya, sebut saja ada Honda Riding Assist-e , lalu ada Yamaha Motoroid, dll. Nah, baru-baru ini Honda kepergok sudah mendaftarkan patent desain motor yang menggunakan teknologi pane speedometer ala-ala cockpit pesawat tempur. Yupz, yaitu berupa panel speedometer model hologram atau yang lebih dikenal dengan nama Head Up Display atau HUD.

Dari gambar patent tersebut tampak jika biasanya panel speedometer telihat pada sebuah layar cristal cair atau LCD didepam stang kemudi, maka teknologi baru yang tampak pada gambar patent tersebut terlihat terpancar melalui sorot lampu projector yang terarah ke bagian belakang windshield, membentuk layar hologram yang lebih besar dan transparan. Ini artinya pengemudi tidak perlu lagi nunduk ke arah panel speedometer, melankan cukup tegak melihat kedepan dengan tampilan panel speedometer yang muncul transparan dibelakang windshield. Hmmm, jadinya mirip kayak Tony Stark saat terbang menggunakan costum Iron Man kali ya, bedanya jika Iron Man ada di helm, sedangkan ini ada di depan motor.

Dan dengan model canggih seperti ini memungkinkan jika dalam panel speedometer model HUD ini nantinya akan ada tambahan fitur GPS, dll. Oh ya, pada gambar patent tersebut terlihat juga model ini akan diterapkan pada sosok motor adventure Africa Twin, tapi ada pula yang diterapkan pada sosok motor sport Honda CBR1000RR. Cekidot :

Dan perlu pemirsa ketahui jika teknologi speedometer HUD atau model projector hologram seperti ini memang bukan hal yang baru, model seperti ini justru yang pertama kali terapkan adalah pabrikan Jerman, BMW lewat salah satu produk conceptnya yaitu BMW Next 100 Vision.

Baca : BMW Vision Next 100

Itu pun masih berupa konsep sih, mungkin beberapa produk masal sudah ada, tapi pada model kendaraan roda empat, hehe… Tapi, model seperti ini juga sudah bisa diterapkan untuk keperluan custom modifikasi, karena sudah banyak part aksesories speedometer HUD ini dijual dipasaran, salah satunya pernah diterapkan pada motor modifikasi Honda CBR150R El-Flangker yang bagian cockpitnya terispirasi dari pesawat tempur beneran.

Baca : Inilah El Flangker… Honda CBR150R Turbo Charger Pemenang Honda Modif Contest 2015

Jadi, jika versi diatasnya sudah pakai model speedomter futuristik kayak gini, gak meutup kemungkinan nantinya juga menyusul skutik akan pakai fitur seperti ini. Waah, gak kebayang nanti kalo Honda Beat pakai fitur speedomter HUD, ahh tanggung sih, mending Honda Beat terbang aja, kayak di film Startwars, hehe… Kalo menurut pemirsa gimana? Monggo komengtarnya…

Sumber ; TMCBlog
Baca juga yang unik lainnya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Advertisements

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.