[Tips Otomotif] Siapa Bilang Merawat Mobil Tua Itu Susah? Ini Buktinya…

Warungasep.net – Perkembangan teknologi tidak hanya dalam bidang inovasi aplikasi dalam basis teknologi informasi saja. Kini, dunia otomotif juga memiliki wajah baru dengan beragam produk berteknologi tinggi diimbangi dengan ragam fitur canggih yang dibanggakan oleh tiap perusahaan.

Namun, tidak semua konsumen mungkin termasuk Anda yang menginginkan mobil bergaya klasik menemani hari-hari tua maupun sekedar hobi mengoleksi mobil-mobil jadul..

Nilai estetika menjadi nilai penting untuk mobil tua namun juga perlu diperhatikan kondisi mesinnya karena akan mempengaruhi performa kendaraan. Perlu adanya perawatan yang tepat performa mobil keluaran lama tidak kalah dengan mobil-mobil jaman sekarang. Nah, untuk itu saya akan berikan beberapan tips yang bisa dilakukan.

1. Service Rutin

Mobil tua cenderung mendapatkan perhatian khusus bagi para pecintanya. Mengingat usia kendaraan yang semakin lama, pasti ada beberapa kondisi mesin yang mengalami masalah. Tentu saja melakukan pengecekan mesin mulai dari sistem pengapian, aki, karburator hingga pistonnya adalah hal yang wajib dilakukan.

Gunakan waktu di saat weekend atau senggang agar pengecekan bisa dilakukan secara menyeluruh. Bila tidak paham mengenai teknis mesin, disarankan untuk dibawa ke bengkel saja ya.

2. Penggunaan Oli yang Tepat

Mobil tua memiliki performa yang jauh lebih ringkih dibandingkan mobil masa kini. Sehingga, Anda perlu melakukan penggantian oli secara berkala ketika menempuh jarak paling minim 2500 km.

Hal ini dilakukan agar mesin dalam keadaan fit. Selain itu, Anda juga menggunakan oli dan bahan bakar yang berkualitas dan tidak mengandung kotoran sehingga tangki tidak mengalami kebocoran dan korosi.

 

3. Perhatian Komponen-Komponen Penting

Sebelum melakukan perjalanan jauh, Anda terlebih dahulu memeriksa bagian kabel pada mobil. Kabel yang sudah mengelupas perlu segera diganti karena mampu menyebabkan arus pendek hingga kebakaran.

Selain itu, bagian ring yang sudah berkarat juga perlu diganti karena mampu menghambat kinerja mesin berupa pengaliran fluida untuk menekan piston karena kotoran yang disebabkan oleh karat dapat menyebabkan terjadinya sumbatan.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan yaitu, karet penyangga yang sudah tidak layak dan mudah sobek harus segera diganti karena dapat menimbulkan suara bising.

4. Velg dan Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu kunci utama dalam keselamatan berkendara. Sangat direkomendasikan untuk selalu mengecek kondisi ban sebelum pergi kemanapun.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai ban mobil tua yaitu, tekanan angin ban kendaraan, kondisi aus atau kasarnya permukaan ban mobil dan menghindarkannya dari karat karena sudah lama tidak dipakai.

Selain itu, ban mobil Anda juga perlu mengganti velg yang sudah berkarat untuk meningkatkan performa mobil tua Anda.

5. Penggunaan Vacuum Cleaner

Tips merawat mobil tua selanjutnya adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko bilasan air yang dicampur dengan sabun maupun shampo secara terus-menerus.
Nah, itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk merawat mobil jadul kesayangan. Melakukan perawatan yang tepat dapat membantu menjaga kestabilan performa mesin. Perlu dipertimbangkan juga untuk menggunakan layanan asuransi mobil yang terbaik, sehingga mobil Anda dapat terjamin dari segala resiko kerusakan.

Jadi siapa bilang merawat Mobil Tua itu susah? Ternyata muda banget… Semoga tips ini berguna.

Komen Gratis !