Honda SH125 2020, Skutik Generasi Baru Bermesin eSP+ Pakai 4 Klep ala Yamaha

Warungasep.net – Masih ingat beberapa bulan lalu saya sempat bikin artikel tentang gambar patent skutik misterius Honda pakai mesin baru dengan 4 klep ala skutik Yamaha? (Baca lengkapnya di Bocoran PCX Facelift, Akan Pakai VTEC, 4 Klep, Engine Mounting dan Knalpot Model Baru ), dan ternyata tepat dengan pembukaan pameran EICMA MIlan 2019, Honda merilis skutik dengan mesin generasi baru sesuai dengan bocoran gambar patent, skutik tersebut adalah Honda SH125 2020, seperti ini penampakannya :

Honda SH125 2020

Sebelum kita bahas mesinnya kita bahas dulu desain fisiknya. Pertama skutik bergaya elegan premium Honda ini secara keseluruhan memang masih mempertahankan desain versi sebelumnya, dengan ciri khas skutik dengan dek rata, ban dengan velg 16 inch, suspensi belakang ganda dan punya dimensi yang tinggi. Tapi, ternyata jika dilihat secara detail ternyata banyak yang berubah.

Dari lampu depan, jika versi sebelumnya berada di batok stang sekarang pindah ke bagian bawah, desainnya mirip reflektor Vario series, namun desainnya lebih elegan dan mewah dengan tambahan aksen berwarna chrome dibagian depan. Lampu remnya juga berubah dan lebih futuristik.

Perbedaan lainnya terdapat pada posisi tanki BBM, jika versi sebelumnya berada dibawah jok, sekarang pindah ke area depan dibawah pijakan kaki, kapasitasnya 7 liter dan lubang pengisian bahan bakar berada di atas dek, mirip dengan skutik IKymco Like 150i . Dengan perubahan tersebut membuat area bagasi dibawah jok menjadi lebih luas, termasuk adanya posisi lubang socket charger.

Keyless juga masih menjadi fitur unggulan skutik Honda bergaya Eropa ini, dan yang menarik adalah tampilan panel speedometernya yang terlihat lebih keren dibanding skutik Honda lainnya, area stang kemudi juga lebih komplit tombolnya, bahkan SH125 versi 2020 ini juga menjadi skutik Honda pertama yang menerapkan tenologi HSTC atau Honda Selectable Torque System alias Trcation Control di skutik dibawah kelas 250cc. wuiiih, lagi-lagi jadi pionir fitur-fitur moge di mocil nih Honda, hehe…

Setelah bahas fitur, sekarang kita bahas mesinya nih pemirsa… Honda SH125 ini mengadopsi mesin generasi baru Honda yang disebut mesin eSP+ , ingat ada lambang “plus” nya. Lalu apa bedanya dengan mesin eSP biasanya? Yang pertama, seperti yang sudah kita ketahui lewah gambar patent adalah platform mesinnya benar-benar baru, kalo saya jabari seara detailnya sih panjang, tapi secara garis besarnya sih beberapa perbedaan terdapat pada posisi engine mouting yang awalnya berada dibagian bawah kini berada dibagian atas(mirip dengan mesin Genio 110). Sehingga posisi leher knalpot lebih besar dan terdapat katalisator yang bertujuan mendukung regulasi Euro 5 yang semakin ketat, terutama di Eropsa sana, berikut penampakannya :

Sudah jelas dong, gak ada fitur skutik primitif seperti kick starter, hehe… Lalu yang menarik adalah mesin eSP+ ini ternyata ada perbedaan pada jumlah valve atau klep, sekarang pakai 4 klep dengan profil camshaft single atau SOHC. Sayangnya jika sebelumnya dirumorkan akan pakai variable valve Honda VTEC, ternyata nihil… Hanya 4 klep saja.

Tapi, yang berubah adalah pada kubikasi mesinnya nih pemirsa… Jika SH125 sebelumnya memiliki ukuran bore x stroke 52,4 x 57.9mm menjadi lebih berjarakter overbore yakni 53.5mm bore x 55.4mm stroke kubikasi mesinnya pun berubah menjadi 124,8 cc, kompresi mesinnya dari 11,0:1 pun menjadi 11,5:1 . Dan perlu pemirsa ketahui jikaSH125 ini adalah skutik khusus untuk pasar Eropa, sedangkan untuk pasar global, skutik pesaing Yamaha Xentre 125 ini juga akan hadir versi 150cc-nya dengan ukuran bore x stroke 60 x 55.5 (versi sebelumnya 57,3 x 57,9 mm ), bahkan kubikasi mesinnya meningkat menjadi 156,9 , waduh lebih gede dari mesin Nmax/Aerox dong ya, hehe…

Tapi sayangnya, baru versi 125cc-nya saja yang dirils, dan tidak menutup kemungkinan nantinya akan menyusul Honda SH150 dengan mesin eSP+ ini, pastinya sih Honda Vietnam lebih dulu, secara negara tersebut adalah basic produksinya. Dan nantinya dipastikan mesin generasi baru ini juga akan diadopsi oleh PCX150 juga yang baru ADV150. Terakhir, pihak Honda Eropa menjual SH125 MY 2020 ini dalam 4 pilihan warna antara lain putih, hitam, grey dan merah.. Berikut foto studionya :

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Advertisements

Tulis Komentar anda dibawah ini, Maaf jika tidak terbalas, silakan hubungi kontak fanspage.. Thanks!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.