Suzuki Saluto 125 2020, Skutik Bergaya Retro Italia Rilis di Taiwan, Indonesia Kapan?

Warungasep.net – Namanya Suzuki Saluto 125, pasti pemirsa baru mendengar nama produk skutik terbaru Suzuki ini bukan? Yupz, kemarin motor ini viral banget di Media social. Motor ini memiliki desain skutik retro classic bergaya Italia, jadinya mirip-mirip dengan desainnya Piaggio Vespa atau Lambreta. Dan setelah saya telusuri, Suzuki Saluto 125 ini memulai debutnya di sebuah pameran World New Car Show 2020 yang diadakan di Nangang Exhibition Hall tanggal 27 Desember 2019 kemarin, dan rencananya akan resmi dijual dan didistribusikan pada bulan Februari 2020 nanti di negara Taiwan.

Suzuki Saluto Pict Supermoto8

Pemirsa bisa lihat detail motor ini begitu artistik. Aura mewah dan elegan begitu terasa dari tampilan fisiknya yang dibalut dengan detailing chrome seperti pada cover headlamp, spion bulat serta rear grip juga emblem 3D berlgo “S” dibagian dada depan. Desain ala-ala skutik Italia terlihat dari desain headlamp berada di batok stang, legshield yang lebar dan pipih, dek rata serta body belakang yang membulat.

Walaupun mengusung tema motor skutik retro, tapi motor ini sudah mempadupadankan tekologi modern. Sebut saja lampu serba LED, baik lampu depan, lampu rem dan yang unik adalah desain lampu sein dan DRL-nya yang membentuk sebuah dua pasang mata dengan alis. Sekilas mirip lampu DRL-nya Yamaha R6 ya, hehe…

Cakep ya, seperti bukan Suzuki jadinya, jarang-jarang nih Suzuki bikin motor cakep gini, hehe… Begitu juga dengan desain panel speedometer yang menampilkan kombinasi analog dan digital.

Oh ya, karena motor ini diperkenalkan di Taiwan. Makan skutik di negara ini punya ciri khas, yaitu ban dengan ukuran 12 inch, lubang tanki yang berada di sisi kiri tebeng depan yang juga terdapat bagasi kecil lengkap dengan kunci kontak keyless. Yupz, ini produk perdana Suzuki yang menggunakan keyless di kelas skutik kecil di Taiwan.

Karena posisi lubang tanki didepan, maka hasilnya ruang dibawah jok menjadi cukup luas untuk sebuah bagasi yang bisa mengakomodasi barang bawaan. Desain jok-nya pun terlihat mewah berwarna merah.

Lanjut kita bahas spesifikasi, motor ini mengusung mesin dan frame yang sama dengan skutik erbaru Suzuki lainnya yaitu Suzuki Swish, buat yang belum tahu bisa baca di artikel :

Baca : Suzuki SWISH 125 2018, Skutik 125cc Lampu LED, Speedo Digital dan Tanki BBM Didepan dari Suzuki

Mesin 125cc SEP berpendingn udara, power maksimumnya mencapai angka 9,4ps @ 7,000rpm dan torsi maksimum 10Nm @ 6,000rpm. Motor skutik Retro Suzuki ini diklaim bisa diajak irit hingga 51,1 Km per liter BBM, wow..

Melihat konsep desainnya, motor ini sepertinya akan menjadi pesiang Yamaha Grand Filano atau Honda SH125 2020 dan juga produk lokal seperti Kymco Like dan SYM Mio Retro . Pertanyannya, kira-kira kapan ya Suzuki Saluto si skutik retro bergaya Italia ini dijual di Indonesia? Sudah malem, mending kita mimpi saja dulu ya, hehe… semoga kepengen..

Baca juga : Suzuki Lets Facelift Siap Rilis, Begini Penampakannya…

Sumber gambar : Supermoto8.com

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

7 Comments

  1. Ah, saya sih ragu mang kalau suzuki Indonesia mau pasarin produk bagus kaya gini, apa pasal? suzuki Indonesia mah budegnya teu katulungan. Giliran produk globalnya ada yang bagus malah ngga dipasarin disini. Riset dan pendalaman pasarnya terlalu mendalam, giliran produknya dipasarkan, eh malah hype nya sudah lewat. Ah, suzuki..suzuki, kamana wae atuh yeuhhh…..wadezigg

Komen Gratis !