Akan Ada NMAX Hybrid Bermesin 150cc… Buat Lawan PCX Hybrid?

Warungasep.net – Kalo boleh saya simpulkan, isi daripada artikel ini adalah seperti pemirsa lihat diatas tampak sesosok motor maxi skutik yang mirip banget dengan Yamaha Nmax, namun jika pemirsa perhatikan tampak bagian depannya pakai headlamp berbeda dan punya model dual keen eyes terpisah yang lebih sporty dan futuristik. Tapi, yang menarik adalah ternyata maxi skutik tersebut adalah Nmax bermesin Hybrid, yaitu perpaduan mesin bensin konvensional dengan mesin listrik. Hmmm, apakah ini akan menjadi pesaing Honda PCX Hybrid yang sudah eksis lebih dulu?

Tapi sebelum pemirsa berkomentar lebih jauh, ijinkan saya jelaskan lebih dulu. Perlu pemirsa catat jika maxi skutik tersebut bukanlah produk Yamaha Indonesia. Melainkan produk kloningan alias jiplakan dari negeri Tiongkok. Makanya jangan heran jika desainnya mirip banget ya, soalnya urusan copy meng-copy mereka jagonya, hehehe…

Nah, motor mirip Nmax ini ternyata adalah sebuah motor prototype alias masih berupa konsep. Skutik gambot ini adalah produk Jiangmen Motors yang merupakan anak perusahaan dari Lifan Group. Itu terlihat dari cover CVT motor ini yang memiliki embose Lifan.

Ada kemungkinan mesin yang dipakai sepertinya menggunakan mesin yang sama dengan produk maxi skutik Lifan yaitu Lifan KPV 150 atau dikenal juga dengan Lifan LF150T, maxi skutik pesaing ADV150.

Baca : Lawan Kuat ADV150 Rilis di Thailand, Lifan LF150… Berikut Foto Detailnya!

Mesin ini memiliki spesifikasi mesin 150cc 1 silinder berpendingin cairan. Dan pihak Jiangmen Motors melakukan inovasi dengan membenamkan teknologi hybrid pada mesin ini. Menurut sumbernya yaitu Newmotor.com.cn mesin hybrid yang dicangkokan ke mesin skutik Lifan ini konsepnya sama seperti mesin hybrid pada umumnya seperti PCX Hybrid.

Baca ; Jadi Yang Pertama di Dunia, Kenali Lebih Dekat Honda PCX Hybrid, Produk Lokal Indonesia…

Yakni memberikan tambahan tenaga pada akselerasi awal sepeda motor menggunakan ACG Starter sebagai generator dan mesin listriknya serta punya tambahan baterai Lithim Ion 48 volt dan punya 3 riding mode . Hasilnya, menurut media tersebut, mesin Hybrid Lifan berhasil meningkatkan power yang lebih besar terutama saat akselerasi awal.

“双引擎模式下,燃油机的原始最大功率是8.6kw,最大扭矩是11N.m,在电机的加持下各提升25%以后,那就是10kw和13N.m以上的动力输出,起步加速的时候,动力表现得到一定的提升,主观感受还是很明显的。” ujarnya.

Waduh, tulisan apaan tuh? Apa artinya? hehehe…
Jika diterjemahkan secara bebas, adalah sbb ;

“Dalam mode mesin bahan bakar, power standarnya hanya 8.6kw dan torsi maksimum adalah 11N.m. Setelah diberi tambahan motor listrik meningkat sebesar 25%, hasilnya output daya menjadi diatas 10kw dan 13N. Ketika start berakselerasi, Kinerja dinamis telah ditingkatkan, dan perasaan subjektif masih jelas” ujarnya…

Tak hanya itu, katanya motor ini nantinya akan punya beberapa kelebihan dari segi fitur, diantaranya pakai GPS dan koneksi bluetooth, juga panel speedometer full digital yang informatif.

Balum diketahui kapan motor ini akan diproduksi masal. Sepertinya menarik juga nih persaingan maxi skutik diluaran sana, terutama di negeri China, walaupun memang harus diakui inovasi teknologi dan desainnya yang cukup kompetitif, sayangnya masalah copyright masih dikesampingkan oleh mereka.

Melihat fenomena ini, dimana ada kloningan Nmax pakai mesin listrik (Baca : MBI S 2019, Ada Nmax Electric Bermesin Listrik di Korea ) dan sekarang ada kloningan Nmax bermesin hybrid. Lalu kenapa Yamaha juga gak memproduksi Nmax hybrid beneran buat lawan PCX Hybrid?

Ah itu sih pemirsa saja yang kurang update berita, hehe… Sebenarnya Yamaha juga akhir-akhir ini update terus perkembangan teknlogi, terutama untuk motor listrik. Bahkan Yamaha juga sudah punya varian maxi skutik bermesin listrik, walaupun masih berupa prototipe atau konsep juga, hehe…

Baca : Yamaha E01 Concept, Ini Sih Nmax Versi Motor Listrik !

Sedangkan untuk versi produksi masal, Yamaha sudah punya varian motor listrik yang dijual resmi. Tapi saat ini hanya ada di negara Taiwan saja, cekidot :

Baca : Harga Motor Listrik Yamaha EC-05 di Taiwan, Cuma Rp 45jutaan!

Bahkan untuk motor hybrid pun sudah ada, cuma bukan Nmax yang menjadi basic-nya melainkan skutik retro Yamaha Grand Filano :

Baca : Yamaha Grand Filano Hybrid Rilis di Thailand, Pesaing PCX Hybrid Dengan Harga Rp. 23 Jutaan

Jadi, akankah dimasa depan nanti akan menjadi peta persaingan motor-motor listrik? Bukan tidak mungkin, tapi kita secara perlahan tapi pasti akan menuju kesana dimana akan ada transisi dari motor konvensional, ke mesin hybrid lalu menuju era motor listrik,  dan kita harus siap menghadapinya… semoga berguna…

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

47 Comments

  1. Sebenarnya mereka honda dan yamaha tidak murni bersaing. Akan tetapi saling lirik saling beri umpan, menutup semua celah agar tidak ada rival baru yg mengganggu mereka
    Jadi apapun yg akan direncanakan, mungkin akan diwujudkan

Komen Gratis !