Suzuki GSX-RR 2020, Motornya ALEX RINS dan JOAN MIR di Team Ecstar Suzuki MotoGP 2020

Warungasep.net – Hari ini tanggal 6 Februari 2020, bertempat di sirkuit Sepang Malaysia, Team pabrikan Suzuki Ecstar Motogp merilis livery baru Suzuki GSX-RR 2020 yang akan dipakai 2 pembalap andalan mereka yaitu Alex Rins dan Joan Mir di ajang balapan musim 2020. Yang menarik adalah, livery baru motor balap Suzuki ini penuh nuansa Biru dan Silver. Adakah history atau kaitan lainnya, kok bisa sampai berubah signifikan?

Nah, kabarnya nuansa Biru Silver pada tampilan GSX-RR versi 2020 ini selain mngikuti desain warna sponsor yaitu Oli Ecstar, ternyata juga terinspirasi dari warna motor balap Suzuki di era tahun 60-an. Yaitu motor Suzuki RM50 yang dipakai pembalap legendaris Eanst Dagner di tahun 1962. Hal ini juga sebagai peringatan atau milestone Suzuki yang sudah 60 tahun masuk di dunia balap dan merengkuh belasan title juara Dunia balap dikelas Grnad Prix. Pemirsa bisa perhatikan gambar motornya dibawah ini :

Untuk desain motornya memang gak terlalu banyak berubah ya, pada foto studio diatas terlihat winglet-nya pun sama, desain stripe bertuliskan Suzuki yang memanjang pun masih dipertahankan, cuma jika diversi sebelumnya terdapat garis berwarna kuning stabilo, sekarang tidak ada, hanya sedikit dibagian depan. Sayangnya, tulisan “Nyalakan Nyali” yang merupakan Tag Line Suzuki Indonesia sudah tidak ada lagi, kenapa ya?

Pembalap yang menunggangi GSX-RR 2020 ini pun masih sama, keduanya masih merupakan pembalap Spanyol yaitu yaitu Alex Rins dan juga Joan Mir. Ada yang belum tahu wajahnya? terlalu… hehe… Oke, saya tampilkan saja wajah mereka dibawah ini :

Joan Mir nomor balap #36

Berikut komentar Mir tentang motor barunya :

“Yang pasti harapan saya untuk tahun 2020 jauh lebih tinggi daripada tahun lalu, karena saya bukan pemula lagi. Kami mengakhiri musim lalu di jalur yang baik, dengan perbaikan konsisten yang membantu saya mengatasi kesulitan yang datang dari kecelakaan di Brno dan membuat saya memiliki beberapa balapan yang sangat positif di akhir musim. Tahun pertama telah menjadi tahun pembelajaran, mesin MotoGP adalah binatang buas sehingga Anda harus belajar cara mengendalikannya, dan saya mendapat dukungan besar dari semua tim saya. Sekarang saya ingin membangun pengalaman saya dan mulai menempatkan nama saya di antara pembalap top. Saya telah berlatih dengan sangat baik selama musim dingin, saya telah fokus pada persiapan fisik dan juga pada kelancaran dalam berkendara, yang merupakan suatu hal yang saya butuhkan untuk mengendarai GSX-RR. Selain itu, saya benar-benar ingin sekali menggunakan mesin MotoGP saya lagi di Sepang dan mulai meningkatkan lebih lanjut. Ini akan menjadi tahun yang penting bagi Suzuki dan livery biru-perak terlihat luar biasa di GSX-RR saya, saya bangga menjadi bagian dari tahun bersejarah ini dan membawa warisan balap seperti itu pada fairing saya.” ucap Mir.

Alex Rins nomor balap #42

Pembalap yang mendapat posisi klasemen ke-4 musim lalu ini pun berkomentar :

“Musim lalu memberi saya salah satu perasaan paling menggairahkan di dunia untuk memenangkan balapan MotoGP pertama saya. Itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan, dan kemenangan kedua juga terasa luar biasa. Saya akan membawa emosi itu bersama saya ke tahun 2020, serta kesadaran akan pertumbuhan yang saya buat. Salah satu pelajaran paling penting yang saya pelajari adalah bagaimana mengelola balapan dengan lebih baik, terutama ketika saya memimpin atau bertarung. Saya akan membawa livery khusus selama 60 tahun di balap dan ini membuat saya bangga. Salah satu hal terbaik tentang kebersamaan dengan Suzuki adalah saya merasakan suasana keluarga yang nyata, saya tidak tahu apakah itu juga seperti itu di masa lalu, tetapi bagi saya rasanya seperti sesuatu yang mereka miliki dalam DNA Suzuki, bersama dengan terus-menerus berjuang untuk menang, dan saya pikir ini benar-benar membuat perbedaan. Sekarang pada tahun 2020 kita harus tetap fokus dan mendapatkan hasil yang baik, lebih banyak podium pasti dan semoga juga lebih banyak kemenangan. Ini adalah jalan menuju sukses, saya percaya; sedikit demi sedikit, langkah demi langkah, dengan kerja keras bersama.” ujar Rins.

Untuk spesifikasi motornya pemirsa bisa lihat dibawah ini :

Spesifikasi Suzuki GSX-RR Motogp 2020

Engine Type: Water-Cooled, 4-Stroke, In-Line 4-Cylinder, DOHC 4-Valve
Gearbox: Six-Speed (Seamless System)
Frame Type: Twin-Spar Aluminium
Tyres (Front/Rear): Michelin 17in/17in
Front Suspension: Öhlins, Inverted Fork
Rear Suspension: Öhlins
Brakes (Front/Rear): Carbon/Steel Disk, Brembo
Displacement: 1000cc
Power: 176kw (236,717 HP)
Max Speed: 340 km/h
Weight: 157 kg

Nah, kita nantikan saja kiprah para pembalap Suzuki di musim balap tahun ini, semoga bisa mengulang kesuksesan tahun lalu bahkan bisa menorehkan lebih banyak lagi gelar juara di tahun ini, semoga bisa kompetitif supaya gak menang gak 4L lagi ya… Dan Suzuki bisa memberikan warna berbeda di kompetisi balap Motogp tahun 2020 biar makin seru dan menarik untuk ditonton… Monggo komentarnya…

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

1 Comment

  1. btw kok ternyata output motor prototipe itu sudah mulai terkejar oleh performa motor-motor jalanan (superbike) yang menggendong mesin inline four dengan output rata-rata mencapai 218 dk 😀

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Yamaha YZR-M1 2020, Motornya ROSSI dan VINALES di Team Monster Energy Yamaha Motogp 2020 – WARUNGASEP ★★★☆☆
  2. Begini Tampilan Suzuki GSX-R150 Livery Ecstar MotoGP 2020, Rilis di Jepang – WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !