Penjualan Suzuki dan Yamaha di Jepang Beda Tipis, Tapi Honda [Masih] Juaranya!

Warungasep.net – Di Indonesia kita semua tahu jika di Indonesia,penjualan Honda adalah juaranya… Pabrikan berlogo sayap mengepak ini menguasai sekitar 75 persen lebih market share di tahun 2019 kemarin (Baca : Data AISI Tahun 2019 ), Bagaimana dengan negara lainnya? Apakah Honda juga mendominasi penjualan? Dan kebetulan saya mendapatkan info tentang data penjualan sepeda motor di Jepang. Penasaran dengan datanya? Yuk, pemirsa lihat dibawah ini…

Info ini bersumber dari detik oto, penjualan sepeda motor di Jepang sepanjang tahun 2019 kemarin hanya mencapai 382.913 unit, angka ini turun sektar 1,7 persen dibanding tahun sebelumnya. Bahkan katanya, penjualan motor 2019 di Jepang ini mencapai titik terendahnya sepanjang 50 taun terakhir. Jika dibandingkan angka penjualan motor di Indonesia yang mencapai 6 juta unit selama setahun, tentu terlihat jika penjualan motor di negara mata hari tersebut tidak ada apa-apanya.

Orang Jepang tidak suka naik motor?

Penyebab turunnya angka penjualan motor di Jepang salah satunya adalah karena mayoritas penduduk Jepang lebih memilih sepeda gowes ketimbang naik sepeda motor, alasannya karena lebih praktis selain itu juga untuk jarak tauh mereka lebih memilih kenaraan umum seperti kereta, dll.

Penjualan Honda Paling Tinggi!

Yang menarik adalah jika kita membahas lebih detail market share penjualan sepeda motor di Jepang, ternyata sama denga di Indonesia jika Honda juga mendominasi penjualan sepeda motor disana. Tercatat Honda menguasai sekitar 45,6 persen dengan angka penjualan mencapai 174.679 unit.

Sedangkan Yamaha, penjualannya hanya setengah penjualan Honda yakni sekitar 79.920 unit, yang menarik angka penjualan Yamaha ini hanya beda tipis dengan penjualan Suzuki yang haya 61.592 unit saja. Bagaimana dengan Kawasaki? Untuk lebih detailnya pemirsa bisa simak dibawah ini :

Data Penjualan Motor di Jepang

Terjual Persentase
1. Honda 174.679 unit %
2. Yamaha 79.920 unitt %
3. Suzuki 61.592 unit %
4. Kawasaki 21.035 unit. %
5. TVS Merk lain 12%
Total :
382.913 unit %

Dan satu lagi fakta menarik di Jepang, jika penjualan sepeda motor disana mungkin hanya 5 persen dari penjualan motor di Indonesia, ternyata berbeda dengan penjualan mobil. Penjualan kedaraan roda empat disana bisa 5 kali lipat penjualan mobil di Indonesia. Itu karena ada aturan jika mobil yang sudah jadul alias Motuba yang tidak boleh lagi digunakan lagi, sehingga kebutuhan mobil anyar selalu meningkat tiap tahunnya. semoga berguna…

3 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. 10 Negara Dengan Penjualan Motor Terbanyak di Dunia, India Nomor 1 ? – WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !