Laku Cuma Ratusan Unit, Suzuki Burgman Mau Disuntik Mati ! Adakah Gantinya ?

Warungasep.net – Burgman series adalah nama produk global untuk jenis maxi skutik dari brand Suzuki. Motor pesaing Xmax dan Forza ini dijual di berbagai negara tak terkecuali di Eropa yang menjadi pangsa terbesarnya. Namun ada kabar yang paling hot, jika Suzuki Burgman series akan didiscontinue alias di suntik mati. Kok bisa? Apakah kurang laku, atau mungkin bakalan ada penggantinya? Yuk kita telusuri…

Oke, info ini bukan rilis resmi dari pihak Suzuki Eropa melainkan bersumber dari media Prancis. Dikutif dari MotoStation.com yang berhasil mewawancarai Guillaume Vuillardot, selaku direktur komersial anak perusahaan Prancis bahwa beliau memberikan info jika Suzuki akan menghentikan produksi Scooter Suzuki untuk pasar Eropa sepenuhnya.

Untuk lebih detailnya berikut ini adalah dialog percakapan mereka yang membahas tentang Suzuki Burgman di Eropa yang saya terjemahkan secara bebas, cekidot :

Apakah ada desas-desus bahwa line up skuter Suzuki dijadwalkan berakhir pada akhir tahun?

“Apa yang dapat saya katakan untuk saat ini adalah bahwa Suzuki akan sepenuhnya merevisi strateginya untuk kendaraan yang didedikasikan untuk perjalanan. Seluruh strategi perjalanan kami dalam hal skuter akan ditinjau.” ungkap Vuillardot.

Semua skuter yang ada hari ini akan hilang pada akhir tahun 2020?

“Untuk saat ini, saya dapat mengatakan bahwa beberapa kendaraan memang akan hilang dan yang lain akan tiba …”

Saat ini, semua skuter disetujui Euro4, apakah tidak ada Euro5?

“Tidak, tidak hari ini. Tidak ada Euro 5 saat ini”

Seluruh rentang Burgman 2019-2020 akan meninggalkan katalog pada akhir tahun 2020?

“Tidak. Burgman 400 akan berlanjut. Ini akan disesuaikan dengan Euro5. Dan memang, sisa jangkauan akan berhenti dan kita akan memiliki jenis kendaraan lain untuk diganti”

Dari dialog diatas, mungkin kita bisa tarik kesimpulan jika Suzuki akan merubah strategi marketing untuk line up produk barunya nanti, menghentikan beberapa produk dan akan menggantinya denan produk baru. Tapi tidak seuanya, karena hanya menyisakan Suzuki 400 Burgman yang menjadi satu-satunya yang selamat dari standar Euro4. Ini akan disesuaikan dengan Euro5 setelah tahun 2020.

 

Perlu pemirsa ketahui jika di Eropa sana, khusunya di Prancis Suzuki menjual Burgman series dari mulai Burgman 125cc, 200cc, 400cc dan 650cc. Pemirsa bisa lihat fotonya diatas, dimana 3 dari varian Burgman series memiliki desain yang jadul, sehingga wajar jika nantinya akan diganti. Apakah ini sebuah sinyal jika Suzuki akan pnya produk Burgman series baru untuk kelas 125cc, 200 dan juga 650cc? Naah itu masih menjadi misteri dan patut kita tunggu kabar selanjutnya, hehe…

Oh ya selain faktor lifecycle dan juga regulasi emisi gas buang yang menjadi penyebab disuntik matinya beberapa varian Burgman series, ternyata juga dilhat dai faktor penjualan. Dari sumber yang sama saya mendapatkan info penjualan prodk Burgman series ini selama setahun terakhir atau lebih tepatnya di tahun 2019 lalu, berikut datanya :

  1. Suzuki AN 650 Burgman: 618 unit
  2. Suzuki UH 125 Burgman: 612 unit
  3. Suzuki AN 400 Burgman: 163 unit
  4. Suzuki UH 200 Burgman: 47 unit

Ternyata penjualan maxi skutik Suzuki di Prancis mengalami penuruna signifikan, bahkan jika dibandingkan pesaingnya sebut saja Honda Forza 125 yang bisa terjual sebanyak 6.751 unit lalu Yamaha XMAX 125 pun sama-sama berada di angka 6ribaun unit atau lebih tepatnya 6.426 unit, tentu sangat jomplang perbandingan penjualannya dibanding Burgman 125cc yang hanya 612 unit, hanya sepersepuluhnya saja. Bahkan dibandingkan dengan Honda PCX 125 pun masih jauh, PCX 125 terjual 3.545 unit selama tahun 2019 kemarin. Untuk lebih detailnya pemirsa bisa lihat di artikel :

Baca : Penjualan PCX Kalahkan Nmax? Lihat Data 30 Motor Terlaris di Tahun 2019

Nah, kita tunggu saja kabar selanjutnya tentang Suzuki Burgman versi baru. Karena sepertinya ini berkaitan dengan kabar maxi skutik lokal di tanah air. Jika melihat jejak Suzuki Eropa yang mendatangkan GSX 125 series (Baca : Berapa Unit Ekspor Suzuki GSX-R125 dan S125 ke Eropa? Lihat Datanya di 48 Motor Ekspor Terlaris) dari Indonesia, apa mungkin Burgman series juga nantinya didatangkan dari Indonesia juga? Hmmm.. Mending kita tunggu saja Spyshotsnya yes… asyikk…

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

23 Comments
  1. rudyasmandara Reply
  2. Roel Reply
  3. Emblue Reply

Komen Gratis !