Modenas Ninja 250 ABS Rilis di Malaysia, Kok Merknya Bukan Kawasaki???

Warungasep.net – Siapapun tahu jika gambar motorsport fairing diatas adalah Kawasaki Ninja 250 FI. Tapi coba pemirsa zoom dan lihat lebih detail di bagian mocong depannya, kok merknya bukan Kawasaki? Tapi merknya justru Modenas, apakah ini produk jiplakan? Yupz, inilah Modenas Ninja 250 ABS yang rilis kemarin. Motor ini adalah Kawasaki Ninja 250 ori bukan kawe ataupun kloningan, tapi kini motor yang dibawa AM Fadly Juara Asia ARRC kelas AP250 tahun kemarin ini dirakit dan dijual bukan lagi oleh Kawasaki melainkan oleh pabrikan lokal asal Malaysia, Modenas.

Sekali lagi pertanyaannya, kenapa bukan Kawasaki dan ada apa dengan Kawasaki di Malaysia?
Oke, jadi begini ceritanya… Awal tahun 2020 ini, KMM atau Kawasaki Motor Malaysia telah resmi mengundurkan diri dari pasar sepeda motor di Malaysia. Jadi ceritanya, Kawasaki ini menyusul Suzuki yang lebih dulu angkat kaki dari negeri Jiran sejak beberapa tahun silam.

Apa penyebabnya sehingga Kawasaki “menyerah” di Malaysia?
Kemungkinan karena faktor market share disana yang sepertinya sangat sulit buat Kawasaki ntuk bertahan, kemudian menurut beberapa media Malaysia jika Kawasaki tidak sepenuhnya angkat kaki dari sana, melainkan melanjurkan kerjasama dengan Modenas. Kabarnya jika saat ini saham KMM lebih banyak dimiliki oleh pabrikan lokal tersebut, sehingga kedepannya produk Kawasaki akan dirakit dan dijual secara resmi oleh Modenas.

Maka dari itu jangan heran jika sport bike 250cc Kawasaki ini kini berubah nama dari semula Kawasaki Ninja 250 menjadi Modenas Ninja 250. Sama seperti pabrikan Bajaj, yang dimana di negeri tersebut juga dijual dengan nama depan “Modenas Pulsar NS200” bukan Bajaj Pulsar lagi…

Untuk motornya sendiri, Modenas Ninja ini pun sebenarnya adalah produk dari Kawasaki yang diimpor ke Malaysia secara CKD, dan pihak Modenas sendiri hanya merakit dipabriknya sendiri kemudian memasarkannya secara domestik disana. Sehingga, untuk desain, fitur dan bahkan spesifikasinya pun masih sama seperti Ninja 250 yang dijual sebelumnya disana maupun juga di Indonesia, yang berubah mungkin dari merk saja dan juga stripe dan varian warna saja yang berbeda. Untuk spekya bisa pemirsa lihat dibawah ini :

Sayangnya belum ada bandrol harga untuk Modenas Ninja 250 ini, namun kabarnya harga motor ini akan lebih murah daripada saat dijual oleh Kawasaki sebelumnya. Dan tak hanya Ninja saja, setelah ini Modenas juga akan menjual Verys dan juga Kawasaki Z250 untuk pasar Malaysia…

Berita ini tentu menjadi sebuah Ironi, disaat publik Malaysia juga menantikan Kawasaki ZX25R yang menjadi Euforia di Indonesia, eeh… Malah pabrikanya tutup dan berganti “majikan” hehe, Dan Indonesia tentu sangat beruntung ya, walaupun penjualan Kawasaki terus menurun, tapi tetap masih bisa bertahan dan bahkan setiap tahun-nya selalu ada produk motor baru, salah satunya adalah ZX25R yang akan lahir tinggal menunggu hari. Bagaimana dengan Suzuki Indonesia? Apakah mereka tidak ingin menyusul Kawasaki dan Suzuki di Malaysia ya? Monggo pemirsa sumbang komentarnya..

Sumber foto : Pandulaju dan Paultant.org
Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

2 Comments

Komen Gratis !