Gambar Patent Zongshen RX6, Bermesin Norton 650cc, Siap Lawan Versys dan V-Strom 650

Warungasep.net – Satu lagi gambar patent misterius diungkap teman kita Vanhoe Rage. Menurutnya motor ini didaftarkan oleh pabrikan asal Tingkok Zongshen, dengan nama produknya Zongshen RX6. memiliki desain motor sport adventure yang kabarnya akan menjadi lawan kuat ini untuk Kawasaki Versys 650 juga Yamaha Tracer 700. Seperti ini penampakannya :Dan ternyata motor Zongshen RX6 ini sebenarnya sudah muncul versi prototype-nya dan dipajang di sebuah pameran di China bulan Sepetember kemarin, seperti ini penampakannya :

Makin kesini perkembangan produk mocin gak bisa dipandang sebelah mata, jika dulu imej Mocin adalah sekedar produk jiplakan, sekarang produk mereka bisa bersaing dengan pabrikan negara lain dan bisa kompetitif dari segi harga, desain fitur dan juga spek. Penyebabnya karena sekarang pabrikan Mocin bekerjasama dengan pabrikan Eropa, jika CF Moto dengan KTM, dan bahkan Zongshen tak hanya dengan Norton saja tapi juga dengan Aprilia, beberapa produknya yang sudah kita kenal seperti Aprilia SR Max 300 dan juga GPR250 adalah buatan mereka.

Bicara soal RX6, sepertinya calon motor baru bermesin650cc ini akan menjadi top of the line-nya produk Zongshen terutama di segmen sport  adventure. diposisikan diatas Zongshen Cyclone RX4 dan Zongshen RX3S aka kembaran Viar Vortex yang sudah ada sebelumnya.

Sama seperti motor sport adveture pada umumnya, Zongsehen Cyclone 650cc ini punya dimensinya yang besar, stang tinggi sehingga memiliki ergonomi yang nyaman, body depan pakaihalf fairing yang punya desain headlamp dual keen eyes yang terlihat futuristik. Suspensi depan Upside down, pakai windshield tinggi dan body belakang dengan model jok tandem.

Sayangnya, jika RX4 sudah pakai rangka model perimeter twinspar, versi 650cc ini malah pakai rangka model teralis, namun dengan suspensi depan model horizontal ala Kawasaki ER6N lawas. Jika dilihat dari samping, model headlampnya ini memiliki kemiripan dengan pesaingnya dari Voge yaitu Voge 650DS, cekidot :

Bedanya mungkin VOge 650DS pakai paruh bebek, sedangkan Zongshen RX6 lebih mirip headlampnya Honda ADV150, hehe… Oh ya, untuk fiturnya sepertinya sama seperti motor modern pada umumnya, panel speedometer digital, kaliper rem radial kaliper, lampu serba LED menjadi kelebihan calon motor baru Zongshen ini.

Sedangkan untuk mesinnya, Cyclone RX6 ini mengusung mesin 649cc DOHC 2 silinder berpendingin cairan, dengan  rasio kompresi yang mencapai 11,45: 1, motor ini mampu mencapai daya maksimum sebesar 52kw / 8500rpm, dan torsi maksimum 62N · m / 7000rpm.

 

Nah, hasil kerjasama Norton dan Zongshen tersebut mereka juga memproduksi motor classic dengan label Norton Atlas 650, seperti ini penampakannya :

Norton Atlas 650

Juga diversifikasi lainnya yaitu Zongshen RK6 yang merupakan versi Cruiser bike dari RX6, motor ini mrip dengan desain BMW K1600 series, seperti ini :

 

Dengan munculnya patent desain tersebut sepertinya motor ini akan muncul sebentar lagi. Tak hanya Versys dan Tracer 700 juga V-strom 650, sepertinya motor adventure Zongshen ini juga akan menghadapi pesainnya dari sesama mocin seperti yang saya sebutkan tadi yaitu Voge 650DS, Benelli TRK502, CFMoto 650 MT dan juga Colove 500X . semoga berguna…

Baca juga : Honda CB4X Concept, Ketika CB 650cc 4 Silinder Dibuat Versi Adventure Futuristik!

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Komen Gratis !