Motor Baru Benelli 250cc V-Twin, Rebadge Dari LongJia V-BOB dan Nevada 250i

Warungasep.net – Beberapa foto motor misterius diunggah blogger wak haji TMCBlog. Dan ternyata motor tersebut adalah calon produk Benelli sedang melakukan uji emisi. Belum diketahui apa nama dari motor bergaya cruiser bobber-nya Benelli ini, namun yang menarik adalah mesin yang diusungnya menggunakan platform 250cc V-Twin engine atau mesin dengan konfigurasi “V” ala-ala motor Harley bermesin 250cc 2 silinder dan menggunakan V-belt di final gear-nya bukan rantai pada umumnya. Seperti ini penampakannya :

Coba pemirsa perhatikan, begitu gagahnya calon motor baru Benelli ini, mesin V-twin berpendingin udara dengan double exhaust, desainnya cruiser bobber tapi beraura modern. Dan sepertinya ini adalah produk pertama mereka untuk pasar global, karena saya cek di situs Benelli Global, mereka tidak punya line up motor 250cc berkonfgurasi V-twin, hanya ada motor 250cc 2 silinder seperti Benelli TNT249S dan 1 silinder seperti Leoncino 250.

Tapi, setelah saya perhatikan lebih detail, ternyata motor ini bukan desain original Benelli, melainkan rebadge daripada motor ini, coba perhatikan :

Gimana ? Mirip banget bukan, bagian crankcase mesin bagian kanan dan body sampingnya? Pertanyaannya, motor apa itu?
Motor tersebut adalah produk asal China. Jadi sepertinya calon motor baru Benelli bermesin V-Twin 250cc ini merupakan rebadge dari Mocin bernama Longjia V-BOB 250cc.

Motor ini juga punya nama lain untuk pasar Eropa dan Amerika dengan nama Longjia Nevada 250i :

Jika memang benar motor ini adalah hasil rebadge, maka untuk menebak spek mesin dan fitur-nya pun lebih mudah. Bicara soal mesin Longjia V-bob ini mengusung mesin 249 cc 2 silinder V Ttwin berpendingin udara, dengan bobot 179 kg dan kapasitas tangki yang muat 20 liter, motor ini mampu mencapai power maksium diangka 12,5 Kw pada 8500 rpm dan torsi 17 Nm pada 6500 rpm. Untuk lebih jelasnya pemirsa bisa lihat dibawah ini :

Untuk fiturnya, motor ini sudah pakai lampu serba LED, baik lampu depan, sein, DRL hingga lampu rem. Kemudian panel speedometernya unik berada di tanki dengan kombinasi analog dan digital, kaki-kaki gambot yang dipadukan dengan suspensi belakang ganda dan suspensi depan Upside down. Berikut gambar perbandingan antara calon motor baru Benelli yang rencananya akan rilis di IIMS 2020 beberapa bulan kedepan dengan mocin Longjia :

Benelli 250 V-twin

Longjia V-BOB 250

2 Comments
  1. Posmotif Reply

Komen Gratis !