Edisi Terakhir Suzuki Burgman 200 Versi 2020 Rilis di Jepang

Warungasep.net – Masih hangat saya angkat tentang berita mengejutkan dari Eropa, dimana pabrikan Suzuki disana mengdiskontinue semua line up produk Burgman series(terkecuali Burgman 400 ), tapi berbanding terbalik dengan negara asalnya di Jepang, Kemarin, Suzuki Japan justru merilis edisi terbaru dari Suzuki Burgman 200 versi 2020. Penasaran bagaimana bentuknya? Seperti ini penampakannya :

Mungkin saya pun sama seperti pemirsa bertanya-tanya, apa bedanya Burgman 200cc versi anyar ini dengan versi sebelumnya? Kok sama saja dan gak ada bedanya, baik spek maupun desain. Tapi, menurut media Jepang, Kojintekibikematome menyebutkan jika Burgman 200 ini kemungkinan merupakan edisi perpisahan alias edisi terkahir sebelumnya nantinya, sama sepert di Eropa maxi skutik andalan Suzuki ini akan sama-sama disuntik mati. Wah, bakalan ada penggatinya dong? Yupz, tentu itu yang kita harapkan, seperti bocoran yang juga diungkapkan oleh media asal Prancis yang sudah saya buat artikel, buat yang belum baca, mongo :

Baca ; Laku Cuma Ratusan Unit, Suzuki Burgman Mau Disuntik Mati ! Adakah Gantinya ?

Nah, sebelum motor ini “punah”, kita sedikit mengenal maxi skutik nyentrik Suzuki yang satu ini. Burgman 200 adalah maxi skutik global Suzuki yang tak hanya dijual di Jepang, tapi juga di beberapa negara Eropa termasuk di Indonesia. Yupz, motor ini sempat masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2014 lalu. Sayang dikarenakan didatangkan secara impor, motor ini harganya tembus 54jutaan, sehigga kurang diminati konsumen.

Tak hanya harganya yang mahal, tapi sepertinya karena desainnya… Sudah tahu lah ya gimana Suzuki kalo ngedesain motor, hehe.. Tapi walaupun banyak yang bilang aneh bin jadul, tapi desain Burgman 200 ini terinspirasi dari Burgman 650 yang merupakan maxi skutik terlaris di Eropa. Bentuknya cenderung mengusung konsep motor skutik mewah dan elegan, serba membulat dan juga gambot.

Tak hanya itu,fiturnya pun bisa dibilang ketinggalan jika dibanding maxi skutik lainnya yang sudah beberapa langkap lebih maju. Jika maxi skutik pada umumnya sudah pakai keyless, electric adjustable windscreen, lampu serba LED bahkan seperti yang kita tahu Nmax sudah pakai fitur canggih smart connected yang bisa terhubung dengan smartphone, Burgman ini hanya unggul diukuran bagasi, rem ABS, USB socket charger dan juga panel speedometer kombinasi analog dan digital.

Baca soal mesin, Burgman yang satu ini mengusung mesin 199cc 1 silinder SOHC 4 klep berpendingin cairan, power maksimumnya berada diangka 13kW〈18PS〉pada 8,000rpm dan torsi 16N・m〈1.6kgf・m〉pada 6,000rpm . Bobot motorya sendiri mencapai 163 kg, kapasitas tanki BBM nya cukup besar yakni mencapai 10 liter BBM, dan memiliki ukuran ban 110/90-13 inch untuk depan dan 130/70-12 inch untuk belakang.

Terakhr, edisi terkahir Suzuki Burgman 200 versi 2020 ini dibandrol 485.000 Yen atau setara , dan pihak Suzuki Japan menjua motor ini dalam 3 piliha warna yang gak asing karena mash tetep warna itu-itu saja, hehe… Yakni warna Matt platinum silver metallic , lalu warna hitam dan juga putih, berikut ini foto studionya :

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

7 Comments

  1. model burgman 200 termasuk masih bagus kok ini.. cuma harganya mahal… cepat keluar lah maxi scooter punya suzuki ini di indonesia..

Komen Gratis !