BMW R18 2020 , Ini Motor Jerman Atau Amerika ?

Warungasep.net – Diperkenalkan di ajang pameran EICMA tahun lalu, kini pabrikan asal Jerman BMW resmi merilis motor baru mereka berlabel BMW R18 2020, sebuah motor bergenre classic Cruiser ala-ala motor Harley Amerika yang punya konfigurasi mesin unik boxer engine 1800cc 2 silinder. Tapi, bentar ini motor Amerika atau Jerman?

Ya walaupun gak haram juga, toh model cruiser retro kini tak hanya menjadi ciri khas paten motor Amerika saja tapi juga banyak dimiliki oleh pabrikan sepeda motor dari negara lainnya, seperti Jepang dan model BMW R18 ini juga sebenarnya lebih mengacu pada desain motor jadul BMW seperti BMW R25 dan seri motor clasic BMW R series lainnya yang legendaris. Yang menarik adalah, disaat Harley sekarang mulai merubah mindset motor retro dengan menghadirkan motor bergaya lain salah satunya hadrinya Harley Davidson Bronx, bahkan mereka sudah punya motor listrik bernama Harley Davidson Livewire . Tapi ini seperti sebuah pertukaran, dimana pabrikan asal USA tersebut membuat motor bergaya adventure ala-ala R1250GS dengan menghadirkan Harley Davidson Pan America yang bertujuan menyasar konsumen Eropa pecinta motor petualangan, naah pabrikan asal Jerman ini menyasar konsumen America yang demen motor Cruiser dengan menghadirkan sang R18 ini.

Baca juga :  Harley Davidson Pan America, Harley Juga Bisa Bikin Motor Adventure!

Pertama kita bahas desainnya, R18 ini benar-benar kuat aura classic-nya. Begitu artistik sampai kedetail bagian terkecil, mulai dari desain headlamp bulat tapi dengan sentuhan modern dengan lampu LED dan juga panel speedometer kombinasi analog digital, motor ini juga terasa banget aura retro-nya dengan balutan chrome di banyak bagian, mulai dari stang, saklar, mesin bahkan sampai ke knalpot.

ri dan bagian final gear-nya pakai gardan.

Lanjut bahas mesinnya, BMW R18 ini merupakan motor BMW dengan mesin boxer terbesar yang pernah mereka buat. Berbeda dengan Boxer-nya Honda Goldwing yang punya banyak silinder, naah R18 ini mesin boxernya hanya 2 silinder, mirip dengan sodaranya BMW RNineT yang hanya 1200cc, R18 ini mesinnya 1800cc dan masih berpendingin udara. Bicara powernya terbilang kecil hanya 91 hp saja lebih kecil dari Superbike, tapi power tersebut bisa diraih dengan rpm yang rendah di putaran 4750 rpm saja, dan torsinya sebesar 116 lb.ft pada3.000 rpm. Legkapnya pemirsa bisa dimak dibawah ini :

Spesifikasi BMW R18 2020

BMW R 18 Specifications
Engine Type Air/water-cooled 2-cylinder 4-stroke boxer, OHV, four valves per cylinder
Displacement 1802cc (110 ci)
Bore x Stroke 107.1 mm x 100 mm
Horsepower 91 hp at 4750 rpm (claimed)
Torque 116 lb-ft. at 3000 rpm (claimed)
Compression 9.6:1
Engine Control BMS-O
Emission Control Closed-loop 3-way catalytic converter, EU5 exhaust standard
Alternator 600W
Battery 12/26 V/Ah maintenance-free
Headlight LED low beam with projection module
LED high beam with projection module
Starter kW 1.5
Clutch Hydraulically activated single-disc dry clutch
Gearbox Constant-mesh 6-speed gearbox
Final Drive Universal shaft
Frame Double-loop steel tube frame
Front Suspension Telescopic fork, fork tube Ø 49 mm, 4.7 inches of travel
Rear Suspension Cantilever, 3.5 inches of travel
Front Brake Twin disc brake Ø 300 mm
Rear Brake Single disc brake Ø 300 mm
ABS BMW Motorrad Integral ABS (part-integral)
Rake/Trail 32.7°/5.9 inches
Wheelbase 68.1 inches
Fuel Capacity 4.2 gallons

Sayangnya, berbeda dengan motor cruiser pada umumnya yang bisa selonjoran dan tangan diatas yang punya ergonomi santai, R18 ini justru bagian kaki-nya ditekuk, mungkin karena mesin boxernya yang lebar kesamping ya jadi gak mungkin bisa selonjor, hehe…

Terakhir untuk bandrol resminya belum diumukan, namun jika nantinya masuk ke Indonesia pastinya akan berada lebih dari Rp 500jutaan. Dan tak menutup kemungkinan motor cruiser Jerman ini akan menjadi idola baru di tanah air, desain yang klasik ala Motor Amerika dan brand BMW yang punya pride tinggi tentunya akan dilirik pecinta moge di Indonesia, kita tunggu saja

aBaca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

4 Comments
  1. K-Doank Reply
  2. F4 Reply
    • warungasep Reply

Komen Gratis !