Honda Mau Bikin Motor Bebek Jadul Pakai Suspensi Gold Wing ?

Warungasep.net – Baru saja beberapa waktu lalu Honda Jepang merilis Honda CT125 Hunter Cub 2020, eh mereka kedapatan mau bikin lagi varian lain dari Honda Cub series C125, CC125, CT125 dll ) alias motor bebek versi retro modern. Yang menarik adalah model baru dari Honda C series ini memiliki suspensi ala motor seharga 1 Milyar yaitu Honda Goldwing. Pertanyaannya motor Honda apa ini? Berikut penampakan full-nya :

Gambar diatas adalah gambar patent dari sosok Honda C125, sekarang bandingkan dengan versi produksi masal yang sudah eksis sekarang ini yang bahkan di Indonesia sendiri motor ini dijual denga harga Rp 60 jutaan, cekidot :

Baca : Honda C125 Supercub Rilis di Indonesia, Harga Rp. 55jutaan

Desain headlamp-nya sama, body belakang sama, jok-nya sama, tapi apa yang beda? Yupz… Suspensinya beda!
Suspensinya lebih komplek dan berbeda dengan suspensi konvensional yang teleskopik atau inverted fork aka Upside down. Coba perhatikan :

Jenis suspensi pada C125 tersebut sama dengan yang dipakai oleh Moge 1800cc Honda GoldWing yaitu jenis suspensi Double Wishbone atau yang punya nama lain Hossack Style suspension.

Coba bandingkan dengan suspensi GoldWing :

Baca : Lebih Dekat Dengan Honda Gold Wing di IIMS 2018, Lihat Galeri Foto Detail Fitur dan Videonya

Pertanyaannya, apa gak jadi berat ya pakai model suspensi kayak gitu? Dan harganya pun akan menjadi mahal?
Ya, walaupun model suspensi ini terbilang eksotis, tapi sepertinya Honda hanya berniat untuk mendaftarkan patent produk hasil kekayaan intelektual mereka saja biar model seperti ini tidak dicopy atau dibajak oleh pabrikan lain, terutama oleh pabrikan Mocin yang demen banget mengkloning, hehe

Tapi jika seandainya, model suspensi akan dipakai pada model produksi masal dengan kubikasi kecil selain goldwing pastinya akan membuat bandrolnya melambug tinggi, terkecuali memang khusus untuk model-model motor premium ya seperti Honda C125 ini yang memang bukan motor entrylevel tapi sudah jadi motor buat para sultan alias segmented buat para penghobi saja… semoga berguna…

Baca yang unik lainya :


Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Be the first to comment

Komen Gratis !