Falcon FK300RR, SwingArm-nya Kok Cuma Sebelah ?

Warungasep.net – Diajang pameran EICMA Milan tahun 2015 lalu sempat muncul sebuah motor konsep yang diberi label Falcon FK300RR. Motor bergenre sport bike ini hadir guna menghadapi boomingnya Honda CBR250RR yang juga hadir di tahun yang sama kala itu. Tapi, sampai saat ini motor produksi Tiongkok  dari produsen Fekon FK Motors ini katanya belum juga diproduksi masal, malahan ada kabar mengejutkan lagi jika mereka akan merakit dan menjual Moge MV Agusta di China, bahkan beberapa diantaranya akan direbadge menjadi produk mereka sendiri.

Bicara soal FK300RR, motor ini memiliki desain yang agresif bergaya Eropa, itu terlihat dari frame model teralis ala-ala motor Italia. Desain serba tajam yang dipadukan dengan fitur ala Sport bike Italia, sebut saja suspensi depan Upside down yang dipadukan dengan rem cakram berkaliper radial juga knalpot model underbelly. Yang menarik adalah bagian belakangnya. Motor yang punya nama lain Falcon FK3 GP ini menjadi Mocin pertama yang mengaplikasikan Pro Arm, tentu sebelum brand Mocin lainnya yang mengaplikasikan Swing Arm sebelah ini pada produknya baru-baru ini seperti Zontes 310 X1 series, Benda Asura 400 2020 dan Colove 500F.

Mesin yang diusung FK300 ini adalah mesin 321cc 1 silinder berpendingin cairan, powernya mencapai 26Kw / 6800rpm. Mameiliki berat sekitar 162 Kg Dan ukuran ban depan 100 / 90-17 dan 130 / 80-17 belakang.

Tak hanya menjual versi 300cc-nya FK3GP ini juga kabarnya tersedia versi 250cc-nya. Menurut media China, wxnmh.com bandrol harga motor ini berada dikisaran 20.800 Yuan ntuk versi 250cc dan termahal 23.800 Yuan untuk versi 300cc ABS.

Berikut ini adalah galeri fotonya :

Nah, seperti yang saya bilang awal paragraf tadi jika ternyata Falken FK Motor ini melakukan kerjasama dengan perusahaan Italia MV-Agusta. Mereka merakit dan mengimpor motor MV Agusta secara CKD dan dijual secara domestik di wilayah Tiongkok.

Dan yang menarik, mereka juga membuat produk tersendiri yang merebadge varian MV Agusta F4 menjadi FK Motor FK1100 desain desain yan mereka buat sendiri namun menggunakan basic mesin dan rangka dari FV, seperti ini penampakannya :

FK Motor FK1100

Dan selain FK300RR, FK Motor juga sempat punya produk konsep lainnya yang diberi nama FK300 ADV, bergaya sport adventure :

FK Motor FK300 ADV

Mayan keren juga ya desainnya, hehe.. Oh ya, sebenarnya Falken atau Falcon atau juga FK Motors ini sebenarnya sudah punya beberapa line up produksi masalnya dan bahkan sudah dijual secara resmi di Eropanamun baru sebatas produk sepeda motor sport kecil bermesin mulai 125cc sampai 198cc. Salah satu yang saya pernah bahas adalah varian street fighternya(yang dulu sempat digosipkan sebagai desain Suzuki Bandit 150cc, hehe…) buat yang belum tahu monggo cekidot saja :

Baca : FK Motors Street Fighter 19SF… Inilah si Motor Misterius, Yang Headlampnya Ganteng Itu…

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

9 Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Motor sport fairing 250 cc Falcon ini keren banget | Mengupas soal motor
  2. FKM FK-250GP, Calon Pendatang Baru di Kelas Sport Fairing 250cc – WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !