Penjualan Suzuki Saluto di Taiwan Cuma Segini ?!

Warungasep.net – Walaupun rilis di negara Taiwan, tapi Suzuki Saluto 125 begitu memikat hati konsumen di Indonesia. Sehingga kehebohannya sampai kemari dan berharap(mungkin sedikit memaksa) motor skutik bergaya retro modern tersebut bisa dijual dan di nikmati para konsumen di tanah air yang begitu merindukan produk baru dari pabrikan berlogo “S” ini. Mungkin ada satu pertanyaan, kenapa sih Saluto yang aduhai ini tidak dijual dan dirilis perdana disini, kenapa harus Taiwan gitu? Apakah mungkin motor tersebut laris disana? Pertanyaannya, seberapa laris sih penjualan Suzuki Saluto disana? Dan saya pun menemukan jawabannya…

Oke, pertama kita bahas data market share-nya dulu. Informasi ini saya kutip dari sebuah forum bernama Jorsindo.com, salah satu tread membahas tentang data statistik penjualan motor(ya semacam bahasan data AISI di tanah air yang kini sudah menghilang, hehe…). Dikatakan jika pada bulan Maret 2020 kemarin, total penjualan sepeda motor di Taiwan mencapai angka 74.497 unit, 3.306 unit lebih banyak dibanding bulan yang sama di tahun lalu yang hanya 71.191 unit saja. Wahh, Covid-19 tak begitu berpengaruh pada penjualan motor di negara ini ya, hehe…

Wajar, karena Taiwan masuk dalam 10 besar negara dengan penjualan terbanyak setiap tahunnya dan menempati urutan ke-10 dengan angka 900ribuan unit. (buat yang belum tahu, baca : Penjualan Motor Tahun 2019 di Dunia Capai 60 Juta Unit, Indonesia Nomor 3 Terbesar! ).

Pemirsa bisa lihat datanya diatas, walaupun gak ngerti juga, hehe… Kalo boleh saya artikan, diurutan pertama ditempati oleh pabrikan Gwangyang atau yang kita kenal dengan nama Kymco yang selalu memimpin pasar dengan angka penjualan mencapai 24ribuan unit atau kebagian 32,4% market share, diposisi kedua ada SanYang Motor aka SYM yang berhasil menggeser posisi Yamaha dengan 26 persen, dibawahnya ada merk lokal lainnya yaitu PGO, Honda dan lainnya.

Lanjut kita bahas secara detail produknya, bagaimana dengan Saluto, apakah menjadi primadona disana? apakah dengan keunggulannya menjadi paling laris??? Berikut ini datanya :

Yang terlaris adalah produk Kymco yaitu GP125 dan Famous 125, dengan angka 5ribu dan 4ribuan unit, posisi kedua ada SYM Vitality yang mencapai 4ribuan unit, dibawahnya ada produk Yamaha seperti Yamaha Jog dan Yamaha RS Neo yang mencapai 3000an unit , berikut datanya

Sedangkan penjualan Suzuki Saluto di Tawain hanya tercatat 767 unit selama bulan Maret kemarin, atau sebulan pasca diumumkan harga resminya yang mencapai 37jutaan pada bulan Februari dan mulai didistribusikan di bulan Maret. cekidot :

Angka tersebut hanya selisih sedikit dari pesaingnya sesama skutik retro modern yaitu SYM Vega 125 namun hampir setengahnya jika dibandingkan dengan Yamaha Limi 125 2020 yang juga sama-sama dirilis di awal tahun ini.

Tapi, penjualan Suzuki di Taiwan justru cukup moncer di segmen motor sport-nya. Tentu pemirsa tahu Suzuki GSX-R150 2020 yang rilis beberapa hari lalu? Yupz, motor sport 19,2 Ps hasil impor dari Indonesia tersebut mencatatkan penjualan sebanyak 221 unit, bersaing ketat dengan Yamaha R15 yang juga sama-sama dari negeri +62 yang mencapai 257 unit. cekidot :

Dari data diatas juga terdapat satu fakta, jika di negara tersebut penjualan Honda seakan tidak ada apa-apanya, hanya CB300R yang paling laris, sedangkan lainnya seperti MSX125, Supercub, dll hanya puluhan unit saja.

Nah, mungkin itulah jawabannya… Pertanyaan terkahir, seandainya Suzuki Saluto rilis di Indonesia, apakah nasibnya akan sama seperti di Taiwan? Penjualannya gak sesuai yang dibayangkan gitu, apalagi konsumen sini yang biasanya “jasjesjos ora tuku” atau paling demen nyari Suzuki 2nd, waduh… semoga saja sih enggak ya, karena konsumen Indonesia sangat butuh motor baru, mau Saluto, Burgman Lokal bahkan DR150 pun tentunya sangat dinantikan… Asal, modelnya jangan lagi-lagi mengecewakan, itu saja… Kalo menurut pemirsa gimana? Monggo komentarnya…

Baca yang lainnyaa :


Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Komen Gratis !