Data AISI Januari – Maret 2020, Penjualan Motor Turun?

Warungasep.net – Seperti yang kita tahun Pandemi Virus Covid-19 yang mengguncang dunia secara Global di awal tahun ini berdampak pada semua industri, tak terkecuali di Indonesia.Lalu bagaimana dengan industri penjualan sepeda motor di Indonesia, apakah dampaknya di awal tahun ini? Yuk, kita lihat datanya di data AISI Januari – Maret 2020 dibawah ini.

Menurut data Assosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yang dihimpun wak haji TMCBlog, selama kawartal pertama di tahun 2020 yaitu antara Januari – Maret 2020, distribusi sepeda motor mencatatkan angka 1.570.464 Unit dan mengalami penurunan hingga 6,6 % dibandingkan Periode Kwartal pertama 2019 yang mencapai angka 1.681.454 Unit. Rinciannya pemirsa bisa lihat pada tabel dibawah ini :

Di bulan Januari menjadi angka penjualan palin rendah, distribusinya hanya mencatatkan 462 ribuan unit, turun signfikan dibanding bulan yang sama di tahun sebelumnya yang sempat mencapai anga 569ribuan unit, sedangkan di bulan berikutnya yaitu Februari barulah ada peningkatan menjadi 545 ribuan unit, terlihat juga ada kenaikan dibanding tahun lalu di bulan yang sama, namun sayangnya melihat angka di bulan Maret angkanya kembali turun.

Walaupun belum ada keterangan dari pihak AISI sendiri, tapi sepertinya kita bisa memprediksi jika angka penjualan motor di bulan April 2020 akan mengalami penurunan yang sangat signifikan dibanding 3 bulan sebelumnya. Hal ini disebabkan karena di beberapa daerah sudah melakukan langkah-langkah prefentif pemerintah seperti Karantina Wilayah dan PSBB yang sepertinya akan berdampak pada penjualan secara langsung, ditambah lagi ada kabar jika di bulan tersebut juga beberapa pabrik ada yang mengalami penghentian operasional perakitan sepeda motor. waah, jadi penasaran nih datanya, sayangnya belum keluar, hehe…

Nah, selain data penjualan secara domestik wak haji juga memuat data distribusi ekspor, berikut datanya :

Pemirsa bisa lihat, sangat berbeda dengan distribusi lokal, penjualan ekspor justru mengalami kenaikan, terutama dibulan Februari 2020 yang hampir 2 kali lipat, alhasil selama 3 bulan di awal tahun 2020, data AISI ekspor 2020 mencatatkan 215.237 Unit, naik sekitar 17 persen dari periode yang sama di tahun lalu yang hanya 182 unit saja.

Lalu, bagaimana dengan data penjualan secara detail dari pabrikan seperti Honda, dll? Sayangnya tidak ada data yang lebih lengkap nih pemirsa, tapi satu hal yang kita tahu pasti jika yang memimpin pasar adalah Honda untuk pasar domestik dan Yamaha selalu memimpin untuk pasar ekspor, cuma kita gak tahu bagaimana perkembangan kenaikan dan penurunannya, hehe… semoga berguna…

Sumber : https://tmcblog.com/2020/05/05/data-aisi-distribusi-sepeda-motor-domestik-indonesia-kwartal-pertama-2020/

Baca yang lainnyaa :


Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

2 Comments
    • warungasep Reply

Komen Gratis !