Begini Tampilan Yamaha YB125 2020, Harganya Lebih Murah Dari Mio ?

Warungasep.net – Yamaha XSR155 menjadi pendatang baru di segmen motor retro di Indonesia, setelah sebelumnya diisi oleh pabrikan Jepang sebagai pelopor yaitu Kawasaki dengan varian W175 2020. Tapi banyak yang bilang jika WR155 sepertinya gak bisa head to head dengan W175 karena berbeda segmen, XSR155 lebih menonjolkan gaya retro modern, sedangkan W175 lebih classic, baik segi desain maupun teknologinya. Tapi sebenarnya di belahan bumi lainnya, ada lho motor Yamaha yang tampil lebih classic dari XSR155, bahkan masih pakai teknologi jadul juga, salah satunya adalah Yamaha YB125 yang ternyata masih dijual dalam versi teranyar model tahun 2020-nya, berikut penampakannya :

Yamaha YB125 2020 ini hadir hanya di negara Mexico, menjadi pesaing Honda CGL125 yang sama-sama bergenre motor classic yang dijual di era modern. Desainnya punya karakteristik motor jadul, sebut saja lampu bulat pakai lampu bohlam biasa, panel speedomeer analog, masih pakai karbu, suspensi belakang ganda, rem depan dan belakang teromol, knalpot yang dibalut chrome dan kaki-kaki pakai velg jari-jari.

Mengusung mesin 124cc 1 silinder berpendingin udara dengan power hanya 7.4 KW @ 7800 rpm dan torsi 9.5 NM a 6500 rpm. Tapi walaupun punya tampang retro, motor ini bukanlah motor yang bergaya fashionable bagi para penghobi motor classic. Yamaha YB125 ini justru diperuntukan buat konsumen pebisnis, ya seperti para pemilik perkebunan atau peternakan untuk mengangkut atau memobilisasi hasil panen mereka disana.

Maka dari itu berbeda dengan di negara kita dimana motor retro ini harganya yang bisa lebih mahal dari motor komuter biasa, disana harga motor ini masuk kedalam kategori motor murah yakni dibandrol 25.990 Peso atau jika dirupiahkan setara Rp 16 jutaan.. waah lebih murah dari Yamaha Mio nih, hehe… Dan dijual dalam 2 pilihan warna antara lain warna merah dan putih, Berikut foto studionya :

Selain ini juga ada diversifikasi produk ini dengan tambahan braket khusus untuk membawa barang bawaan yang diberi nama YB125 Cargo. Oh ya, sebenarnya selain di Mexico motor ini punya banyak kembaran di beberapa negara. Dengan basic mesin yang bisa dibilang identik, motor ini punya banyak model dan nama berbeda, diantaranya sbb :

Yamaha YBR125 series di Pakistan

Tahukah pemirsa, Yamaha YB125 series menjadi produk andalan Yamaha di Pakistan. Motor ini punya 3 diversifikasi produk antara lain YBR125 sebagai motor street bike bergaya modern, lalu Yamaha YB125Z bergaya retro modern, dan satu lagi Yamaha YBR125G bergaya motor adventure. Motor ini hadir sebagai pesaing Honda CG125.

Baca : Honda CG 125 2018 Motor Klasik Honda Yang Masih Dijual Resmi, Bisa Jadi Lawan W175 Nih?

Yamaha YS125 di Eropa

Yamaha YS125 ini hadir sebagai suksesor daripada Yamaha YBR125 , hadir dengan desain yang lebih modern dan juga fitur yang lebih canggih dan kekinian. Di Eropa motor ini hadir sebagai pesainga Honda CB125F juga diposisikan dibawah Yamaha MT-125 2020.

Yamaha YB125SP di China

Sebenarnya, soal model daripada YB125 lebih terlihat vintage dan elegan YB125SP ini, lebih membulat dan bagian buritan yang lebih classic, sayangnya motor ini sudah didiscontinue dan saat ini hanya hadir dalam bentuk custom dan dijual salah satunya di Vietnam.

Yamaha YTX125 di Filipina

Ada yang unik dari motor Yamaha ini, Yupz, suspensi belakangnya yang berjumlah 4 buah. Motor ini hadir sebagai pesaing Kawasaki Barako 175 di segmen yang sama, yakni sebagai motor cargo untuk pekerja keras.

Nah, kira-kira motor diatas ada yang cocok dimasukan ke Indonesia gak ya, sebagai ganti Yamaha Byson gitu? hehe… Monggo komentarnya…

Komen Gratis !