Harga ADV150 di Singapura Lebih Mahal 3 Kali Lipat, Buatan Thailand ?

Warungasep.net – Bicara produk lokal yang dijual ekspor sebagai produk global, Yamaha Indonesia punya Nmax yang dijual tak hanya di Asia dan Amerika, tapi juga sampai di Eropa. Sedangkan untuk produknya AHM, mereka puny ADV150 dan PCX yang distribusi ekspornya sampai ke Amerika dan Australia, harga skutik bergaya adventure ini disana bisa mencapai Rp 67jutaan, wajar karena ini produk ekspor dan secara geografis juga cukup jauh dari Indonesia. Tapi, anehnya negara tetangga yaitu Singapura yang letaknya sebelah utara pulau Batam ini harga ADV150 ini justru lebih mahal lho pemirsa, harganya bahkan hampir 3 kali lipat dari harga aslinya di tanah air. Kok bisa begitu ya?

Perusahaan Boon Siew Honda yang merupakan APM Honda di Singapura merilis ADV150 ini di bulan Mei kemarin, skutik yang disana diberi tagline “Big Adventure, Small Stature” hadir guna melengkapi line up sepeda motor class 2B atau kelas pemula. Perlu pemirsa ketahui jika ADV150 di Singapura punya desain dan striping yang sama dengan yang dijual di Indonesia maupun dinegara lainnya, bahkan hanya spek mesin 150cc saja tapi dengan fitur-fitur unggulan seperti adjustable windscreen, panel speedometer full digital, lampu serba LED, suspensi belakang tabung hingga rem ABS tidak ada perbedaan.

Tapi, yang menarik dari skutik ini disana adalah dari segi harga. Di Singapura harga ADV150 ini mencapai SGD 8.450 atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 86 jutaan, wuih hampir 3 kali lipat harga ADV150 disini yang hanya Rp. 34jutaan saja. Wah, mahal juga ya, padahal secara geografis, letak Singapura ini lebih dekat dengan Indonesia, kok bisa lebih mahal dari harga ADV150 di Amerika ya?

Saya pun coba lihat bagian detail spesifikasi motor ini di situs resmi Honda Singapure, dan didapati jika disana tertulis Country of Manufacture motor ini adalah Thailand, bukan Indonesia.

Lho, bukannya motor ini adalah produknya PT. Astra Honda Motor (AHM) ya? Tentunya belum ada konfirmasi jika AHM juga mengekspor produknya ke Singapura yang merupakan negara paling dekat dengan Indonesia, tapi info sebelumnya AHM mengekspor produknya ke beberapa negara seperti Thailand dan Malaysia secara CKD (Kecuali Filipina yang secara CBU), jadi ada kemungkinan jika ADV150 ini dirakit secara CKD di Thailand, kemudian masuk ke Singapure lewat jalur impor lagi secara CBU. Tapi ini hanya asumsi saya saja sih soalnya di Thailand sendiri harga motor ini sudah cukup mahal yakni 97.900 Baht atau hampir Rp 50jutaan.

Tapi memang gak heran jika harga sepeda motor di Singapura ini memang mahal-mahal, contohnya saja Honda CB125R di Singapura yang harganya tembus Rp. 120jutaan, padahal cuma motor 125cc. ( Baca lengkapnya : Pengen Honda CB125R? Beli Saja di Singapura, Harganya Rp. 126jutaan, Mau? 😀 )

Terakhir, di Singapura ADV150 ini djual dalam 4 pilihan warna antara lain warna merah, putih, hitam dan juga matte brown. Seoga berguna.

Baca yang lainnyaa :


Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

Be the first to comment

Komen Gratis !