Akankah Honda CBR400RR 4 Silinder Lahir Kembali ?

Warungasep.net – Sebelum kalian nemu motor ini di situs online threeboenwakanda dengan watermark Motobaigon dll, terlebih dulu pemirsa harus tahu jika gambar diatas adalah hasil renderan alias hasil edit photosop media asal Jepang Young Machine. Tentu pemirsa sudah tahu lah ya gimana ulah media yang satu ini, memang selalu bikin heboh, hehe… Tapi cukup menarik juga bahas motor ini, apakah dengan munculnya gambar ini merupakan sebuah indikasi akan Honda CBR400RR 4 silinder yang akan terlahir kembali???

Saat saya coba crosscek ke situs online Young Machine, mereka hanya mengulasnya melalui media cetak alias majalah mereka yang memang rutin terbit sebulan sekali. Jadi kita belum bisa mengetahui apa maksud mereka bikin renderan seperti ini, apakah nantinya akan ada CBR400RR reborn berdasarkan sebuah bocoran atau cuma sebuah fan art atau renderan semata. Hasil ilustrasinya memang terlihat memiliki aura CBR series yang kuat, perpaduan desain front cowl CBR250RR dengan body fairing ala CBR Fireblade dan area mesin seperti menggunakan platform mesin CB400 Superfour dengan model knalpot melingkar segaris ala Honda CB650R 2020.

Tapi dari hasil diskusi online memang wajar saja muncul beragam spekulasi, apalagi respom dari akan lahirnya Ninja 250cc 4 silinder dari Kawasaki, tentu netizen akan bertanya, kapan Honda, Yamaha dan Suzuki ikut terjun dikelas ini? Yang pasti kita tahu jika ZX25R pun bukan merupakan produk all new atau hasil development mesin baru melainkan reborn dari produk legendaris di era tahun 80-90’an. Dan di era tersebut, tak hanya Kawasaki, tapi Honda, Yamaha bahkan Suzuki pun punya produk serupa dengan ZX25R.

Kembali kita bahas CBR400RR, adakah prediksi jika Honda muncul dengan produk mesin 4 silinder dengan mesin 250cc atau 400cc? Lha, bukannya Honda sudah punya produk 400cc 4 silinder yang masih dijual sampai detik ini? Yupz, Honda CB400 atau yang lebih dikenal dengan julukan CB Superfour. Tapi motor ini merupakan produk Japanese Domestic Market (JDM) yang hanya dijual di negara Jepang, adapun di negara lain hanya dijual terbatas termasuk di Singapura, itupun dengan bandrol harga gila-gilaan…

Baca : Honda Singapura Jual Resmi CB400F Super Four dan CB400X, Segini Harganya…!!!!

Nah, melihat hasil renderan Young Machine pun sepertinya tebakan saya mereka membuat ilutrasi CBR series ini pakai mesin CB400. Mesin 399cc 4 silinder DOHC berpendingin cairan, power maks motor ini mencapai 56 PS pada putaran 11.000 rpm dan torsinya di angka 39 Nm pada putaran 9.500 rpm. Apalagi kalo ditambah fitur VTEC seperti yang muncul di gamar patent waktu lalu (Baca : Jika Yamaha Punya R15 VVA, Honda Juga Akan Punya CBR VTEC…!!! ), gokil sih kalo ada…

Tapi jika CBR400RR ini benar-benar akan hadir, kemungkinan motor ini hadir hanya untuk mengisi line up produk JDM Honda saja, sama seperti CB400 Superfour dll, bahkan CBR500R yang dijual global, di Jepang justru motor ini hadir dalam versi 400cc, sebut saja Honda CB400X dan juga CBR400R. Jadi, jangan ngimpi jika nantinya akan hadir CBR400RR untuk lawan ZX25R ya, terkecuali hanya dijual di Jepang saja secara ekslusif sama seperti era ZX25R, CBR250RR di era tahun 80an lalu.

 

Oh ya sebagai tambahan info, dulu juga sempat hadir Honda CBR400R di tahun 80an, dimulai dengan CB400 dengan nama lain produknya Honda NC17, kemudian masuk ke era tahun 90an muncul Honda NC23 dan Honda NC29, motor ini hadir dengan mesin 400cc 4 silinder inline yang mampu mencapai power hingga 59 Hp, sayang motor ini didiscontinue di pertengahan tahun 90an, bentuk motornya seperti ini dan banyak dibilang motor ini merupakan Mini Fire Blade di era tersebut, cekidot :

Baca yang lainnyaa :


Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

2 Comments

    • Motobaigonnya sih sbnernya, media kita cuma ngutip berita drisana “seperti yg dilansir radarkuvukiland bla bla blabla” 😂😂😂

1 Trackback / Pingback

  1. Honda CBR400R 2020 Rilis di Jepang - WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !