Yamaha Cygnus Gryphus 125 Resmi Dirilis… Harga Rp. 44 Jutaan

Warungasep.net – Lepas dari pandemi Covid-19, Di luar negeri, pabrikan sepeda motor gencar merilis produk baru. Tak terkecuali Yamaha Taiwan yang merilis skutik baru bernama Yamaha Cygnus Gryphus 125 2020. Motor ini merupakan facelift dari Yamaha Cygnus-X yang tak hanya perubahan desain dan fitur yang lebih modern, juga spek mesin generasi baru yang menerapkan fitur VVA seperti versi Maxi Skutik Yamaha.

Yamaha Cygnus Gryphus 2020

Yamaha Cygnus pertama kali diperkenalkan tahun 2002, selama 18 tahun eksis di Taiwan, skutik ini sudah 5 kali ganti wajah maupun fitur, dan Cygnus Gryphus menjadi generasi ke-6 yang hadir dengan perubahan yang signifikan.

Pertama dari segi desain. Perubahan yang jelas terlihat ada pada bagian headlight yang dimana versi lawas hanya punya single headlamp, sedangkan yang baru sudah double dan juga sudah full LED. Jika dilihat dari depan mirip dengan facia kakaknya yaitu Yamaha Aerox 155, sedangkan lampu sein-nya masih berada di pinggir sayap khas skutik Yamaha.

Bagian body belakang juga berubah, bagian body tengah mirip desain Yamaha X-ride yang menyiku dibawah jok, sedangkan body belakang mirip dengan Yamaha X-max, terutama shape tail light atau lampu rem-nya.

Untuk fiturnya, Yamaha Cygnus Gryphus ini selain sudah pakai lampu LED juga sudah punya panel meter yang full digital, USB Charger, bagasi luas karena posisi lubang tanki berada didepan. Skutik pesaing Suzuki Swish 125 ini juga punya keunggulan rem Antilock Braking system untuk tipe teratasnya, sedangkan untuk tipe standar pakai rem UBS atau rem CBS versi Yamaha. Dan yang menarik, walaupun berada di kelas skutik 125cc tapi pakai suspensi belakang stereo yang bahkan sudah dilengkapi rem belakang cakram.

Lanjut bahas spesifikasinya. Yamaha Cygnus facelift ini pakai mesin generasi baru yang sudah pakai pendingin cairan alias radiator, berbeda dengan Cygnus-X yang masih pakai air cooler. Mengusung mesin 125cc 4 klep berteknologi VVA, skutik ini mampu mencapai power maksimum 12 Ps pada putaran 8500 rpm, sedikit lebih tinggi dari mesin sodaranya yaitu Yamaha Lexi 125. Untuk lebih lengkapnya pemirsa bisa lihat dibawah ini :

Spesifikasi Yamaha Cygnus Gryphus 2020

Engine: camshaft empat langkah tunggal berpendingin air, silinder tunggal, empat katup, mesin variabel head VVA
Bore x stroke: 52.0mm x 58.7mm : 125 cc
Power maksimum: 12ps @ 8.000 rpm
Torsi: 11.2Nm @ 6.000 rpm
rasio kompresi : 11.2: 1
Sistem suplai bahan bakar: Sistem injeksi elektronik
Gearbox: CVT
Rangka: Platform tabung baja
Panjang x lebar x tinggi: 1,935mm x 690mm x 1,160mm
gandar Jarak: 1,340mm
Tinggi kursi: 785mm
Berat : 123kg (versi UBS) / 124kg (versi ABS)
Kapasitas tangki bahan bakar: 6,1 liter
Suspensi depan: 33mm Periscope garpu depan tegak
Suspensi belakang: Preload penyetel kejut guncangan ganda yang dapat disesuaikan, panjang 310mm
Roda Depan: 120 / 70-12 51L
Roda Belakang: 130 / 70-12 56L
Rem Roda Depan: Satu arah Kaliper Mengambang Piston Ganda, dengan 245mm Fixed Disc
Rem Roda Belakang: Satu Arah Piston Tunggal Caliper mengambang dengan cakram tetap 230mm.
Rem versi UBS dilengkapi dengan sistem rem saling mengunci depan dan belakang (CBS)
Rem Versi ABS dilengkapi dengan sistem rem anti-kunci roda depan dan belakang

Untuk bandrol harga Yamaha Cygnus Gryphus 2020 ini pihak Yamaha Thailand menjual dalam 3 tipe, untuk tipe termurah dihargai 88.300 TW atau setara Rp. 44 jutaan, dan versi termahal yani versi ABS dibandrol 99.000 TW atau setara Rp. 49 jutaan… Dan konsumen disana dimanjakan dengan 10 varian warna dengan striping yang berbeda tiap tipe-nya, termasuk varian livery special edition Monster Energy Motogp, berikut foto studionya :

Di Taiwan, skutik 125cc Yamaha ini punya banyak pesaing dari produsen lokal, dikelas ini mereka berlomba-lomba menawarkan produk yang kompetitif dengan kelebihan desain dan fitur serta kelebihan masing-masing. diantaranya sbb :

4 Comments
  1. Dull Reply
  2. Tyo Reply
    • warungasep Reply
      • Tyo Reply

Komen Gratis !