Yamaha Thailand Rilis Skutik Retro 125cc Pesaing Suzuki Saluto

Warungasep.net – Bersamaan dengan rilisnya Yamaha MT15 2020, Yamaha Thailand juga merilis produk baru bergenre skutik retro bermesin 125cc. Skutik ini bisa jadi pesaing skutik retro Suzuki yang fenomenal kemarin yaitu Suzuki Saluto 125. Dan yang menarik adalah mesin skutik Yamaha ini ternyata sudah pakai system hybrid seperti Honda PCX Hybrid. Penasaran? Ini dia motornya :

Inilah Yamaha Grand Filano 125 Hybrid versi MY 2020… Sebagian pemirsa tentu sudah tahu nama skutik ini karena pernah juga dijual di Indonesia, tapi karena didatangkan secara impor CBU membuat bandrol harganya melambung lebih tinggi. Dan semenjak tahun 2018, skutik retro Yamaha Thailand ini mendapat major facelift tak hanya desain tapi juga spesifikasi mesin.

Yupz, mesin Grand Filano ini sama dengan mesin Yamaha Mio M3 atau Soul GT 125 yang dijual di Indonesia. Bedanya, mesin 125cc air cooled Blue Core Yamaha ini sudah pakai teknology Hybrid.

Memang melihat kubikasi mesinnya jelas berbeda. Jika PCX Hybrid mengusung mesin 150cc liquid cooled sedangkan Grnad Filano pakai mesin 125cc air cooled. Namun melihat kinerja Hybrid-nya sepertinya ada kemiripan nih pemirsa… Sama halnya seperti PCX Hybrid yang memanfaatkan ACG starter sebagai generator listrik. Nah, Grand Filano juga menggunakan SMART MOTOR GENERATOR atau System SMG(ACG-nya Yamaha)sebagai Power Assist yang diperintahkan oleh SGCU, menghasilkan output yang lebih cepat ketika berkaselerasi.

System Hybrid dari Grand Filano ini akan bekerja ketika akselerator dinyalakan, mesin dan motor listrik akan bergabung bersama. Mesin Hybridnya akan mengalami peningkatan torsi ketika sistem berjalan normal atau putaran mesin lebih dari 4.000 rpm. Disebutkan juga jika output baterai saat bekerja menjalankan mesin Hybrid ini akan meningkat menjadi 10,5 v. Dan membuat mesin menjadi irit bahan bakar.

Selain mesin Hybrid, keunggulan skutik retro Yamaha Thailand ini juga punya fitur modern sebut saja rem ABS dan kunci keyless untuk versi tertinggi, juga untuk versi standar sudah punya panel speedometer kombinasi analog dan digital, lampu yang sudah LED, lubang tanki didepan seperti Yamaha Freego sehingga membuat area bagasi dibawah jok menjadi lebih luas.

Terkahir, Yamaha Thailand menjual Yamaha Filano Hybrid versi 2020 ini dalam 2 tipe, untuk versi termurah dibandrol 58.200 Baht atau setara Rp. 26 jutaan, sedangkan untuk versi ABS lebih mahal mencapai 62.700 Baht. Untuk pilihan warnanya cukup banyak, mencapai 6 pilihan warna selain warna hijau tosca seperti gambar diatas, ada juga yang warna matte red dan yang unik ada hijau doff atau matte green.

Kira-kira Yamaha Indonesia mau menjual motor ini lagi gak ya? Sepertinya tidak, karena pemirsa lihat sendiri jika bandrol disana sudah mahal, masuk kesini bisa-bisa setara motor sport 155cc, hehe… Oh ya, selain di Thailand, berikut ini ada skutik Retro Yamaha lainnya selain Fino dan Grand Filano, cekidot :

3 Comments
  1. Arya Reply
  2. blade_in Reply

Komen Gratis !