Yamaha XT500 H20 Motor Bertenaga Air… Emang Bisa??

Warungasep.net – Sepeda motor yang kita pakai harus punya energi untuk bergerak dari satu titik ke titik lainnya, untuk model konvensional sepeda motor menggunakan energy yang dihasilkan dari bahan bakar fosil berupa bensin, dll. Tapi, ada gak sih sepeda motor yang bertenaga air???

Jika pemirsa cari informasi di google, tentu bakalan banyak banget sepeda motor atau kendaraan lainnya yang diklaim menggunakan bahan bakar air, padahal air sendiri secara logika sederhananya gak bisa dibakar, hehe… Kalaupun ada, tentu butuh teknologi yang canggih yang tentunya akan berimbas pada bandrolnya yang mahal, atau biasanya produk seperti ini tidak berkembang atau sebatas konsep, yang ujung-ujungnya muncul teori konspirasi.

Motor Bertenaga Air dari Yamaha

Tapi, ada salah satu motor bertenaga air yang menarik untuk dibahas, karena motor ini diciptakan oleh pabrikan otomotif raksasa dunia yaitu, Yamaha. Dan nama motor ini adalah Yamaha XT 500 H20.

Yamaha XT 500 H20 Concept bertenaga air

 

Dari namanya, Yamaha XT 500 sendiri bukan nama yang baru karena motor ini merupakan motor legend dari Yamaha di era tahun 70’an. Jadi bisa dibilang motor ini kembali lahir namun dengan mesin berbeda, dari semula bermesin bensin jadul kemudian berubah menjadi mesin bertenaga air.

 

Tak hanya nama, desain motor ini juga mengacu pada sosok XT500 yaitu bergaya motor dual purpose, bedanya tampil dengan desain yang lebih modern juga futuristik termasuk ban-nya yang menggunakan ban tipe road bike yang uniknya berwarna putih. waah, bakalan cepet kotor nih, hehe…

Satu yang bikin kita penasaran, bagaimana cara kerja mesin bertenaga air di motor ini?
Menurut berita yang dilansir Rideapart.com, motor ini menggunakan sistem clossed-loop engine. “It’s powered by a water pump that continually cycles water through, so it’s both environmentally friendly and economical for potential owners.” ujarnya.

 

Intinya sih prinsip kerja mesin motor ini katanya mirip pompa air yang menghasilkan tekanan dengan cara didaur ulang. Berikut cara kerjanya.

Lalu, kapan motor ini diproduksi dan dijual masal?
Perlu pemirsa ketahui jika motor ini baru sebatas renderan saja, pembuatnya bernama Maxime Lefebvre yang memcoba mewujudkan gagasannya mengenai motor bertenaga air. Dan semoga saja Yamaha nanti mewujudkannya, setidaknya dalam bentuk motor konsep mereka yang biasanya dipajang di pameran-pameran.

 

Dan Maxime Lefebvre berharap jika gagasan tersebut bisa terwujud di tahun 2025 nanti, kita tunggu saja…

 

Baca juga motor konsep Yamaha lainnya :

4 Comments
  1. sego brabuk Reply
  2. Anonymous Reply
    • warungasep Reply
  3. Anonymous Reply

Komen Gratis !