Yamaha Crypton “bore up” Dijual di Eropa, Harganya Rp. 41 Jutaan

Warungasep.net – Siapa yang gak kenal dengan komentator legend blogshpere Mbah Darmo di tahun 2012-an, Tak hanya namanya saja yang terkenal bikin gemes, tapi juga tunggangannya yang ikut beken yaitu “Yamaha Cryton Bore Up Piston Shukoi“. Ternyata motor ini memang ada lho pemirsa, tapi bukan dijual di Indonesia, melainkan di benua Eropa lebih tepatnya di negara Yunani. Motor tersebut adalah Yamaha Crypton S 115.

Yamaha Crypton Yunani

Yamaha Crypton sendiri merupakan produk motor bebek 4 tak pertama di Indonesia di tahun 90’an, ternyata nama yang melegenda tersebut masih dipakai oleh produk motor bebek di luar negeri termasuk diantaranya di Brasil.

Yamaha Crypton Brazil

Bedanya, jika di Indonesia Yamaha Crypton itu umurnya cuma sampai awal milenium dengan model yang mirip F1ZR, kemudian yang di Brasil modelnya mirip dengan Yamaha Vega R lawas dan masih dijual sampai saat ini, naah yang di Yunani, modelnya ini berbeda dengan Yamaha Vega Force yang di Indonesia, melainkan mirip dengan Yamaha Finn di Thailand yang rilis tahun 2018 lalu.

Bandingkan dengan Yamaha Finn, cekidot :

Baca : Yamaha FINN, Vega Force Facelift Hadir Duluan di Thailand… Harga Rp. 16jutaan

Fitur motor bebek ini juga sama seperti Finn, yang menjadi keunggulannya yaitu punya bagasi luas dibawah jok yang muat helm, lalu ada tempat boto air minum dibagian depan mirip skutik, namun sayang lampu depan belum LED dan rem cakram-nya hanya bagian depan saja, walaupun untuk kaki-kaki sudah pakai velg racing.

Untuk spek mesinnya, sama dengan Vega Force atau Jupiter Z1 2020 yang kemarin rilis yakni mesin 114cc 1 silinder berpendingin cairan, power maksiumnya mencapai 6.6 kW  atau setara 9.0 PS @ 7.000 Rpm dan tosri 9.2 Nm (0,9 kgf+m) @ 5.500 rpm. Bobotnya 100 kg dan kapasitas tangki 4,1 liter.

Di negara Greece atau Yunani, motor ini hadir sebagai pesaing motor bebek serupa dari pabrikan Honda yaitu Honda Astrea Grand yang kemarin sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Yang menarik kedua motor bebek ini sama-sama menggunakan nama produk legendaris dari Indonesia. Apakah mungkin kedua motor ini merupakan produk tanah air? Maaf saya belum mendapatkan jawaban tersebut.

Terakhir, harga Yamaha Crypton di Yunani ini mencapai 2,370 Euro atau jika dirupihkan setara Rp. 41,3 Jutaan… Dan dijual dalam 2 pilihan warna antara lain hitam dan putih. Semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Twitter : @Warungasep

a

Komen Gratis !