Yamaha JOG 125, Beda Desain Antara Versi Jepang China dan Taiwan

Warungasep.net – Masih ingat dengan penampakan motor Yamaha misterius yang saya posting kemarin? (Buat yang belum baca : Skuter Baru Yamaha ) Nah, ada indikasi jika motor tersebut adalah calon Yamaha Jog Facelift. Jika benar, saya mau bahas motor ini versi current-nya.

Oke, Selain Mio series, ada lagi produk skuter matic Yamaha yang dijual tak hanya di satu negara saja tapi punya banyak varian di banyak negara, salah satunya adalah Yamaha Jog series. Yang menarik adalah, antara di negara asalnya yaitu Jepang, China dan Taiwan walaupun namanya sama, tapi punya model yang berbeda. Apa saja bedanya? Yuk kita bahas satu persatu, yang pertama adalah Yamaha Jog 125, berikut penampakannya :

Yamaha Jog 125 China

Yamaha Jog sendiri merupakan salah satu brand skutik legendaris, sama seperti varian Tact jika di produk Honda. Seiring waktu, desain skutik Yamaha ini pun mengikuti perkembangan jaman, menjadi lebih modern dan punya fitur-fitur kekinian yang canggih.

Untuk Jog 125, ternyata saat ini hanya dijual di negeri Tiongkok saja. Desain yang diusung Jog 125i versi 2020 ini punya sedikit kemiripan dengan Yamaha Mio J di bagian headlight, dan dua lampu sein depan kiri kanan dibagian depan yang terpisahkan eksterior mirip dasi yang terlihat eyecathcing. tapi sayangnya di bagian body terlihat mengacu pada desain skutik mocin yang gambot membulat tapi kaki-kakinya kecil dengan ukuran 90/90-10 inch baik depan dan belakang.

Dari segi fitur, Yamaha Jog versi China ini pun gak terlalu special jika dibandingkan fitur skutik yang ada di Indonesia, lampu depan masih bohlam, panel speedometer masih analog bagasinya pun belum bisa muat helm.

Sedangkan untuk mesinnya, Yamaha Jog ini berbagi mesin dengan Yamaha Avenue yakni mengusung mesin 125c 1 silinder berpendingin udara, Powernya mencapai 6.1kW atau setara 8.3PS pada 6500 rpm dan torsinaya 9.7N・m(1.0kgf・m) pada 5000 rpm. Bobot motor ini sekitar 90 kg dan kapasitas tangki mencapai 5,1 liter BBM.

Dan Yamaha Jog 125i yang juga punya nama lain Yamaha ZY125T ini punya 8 pilihan warna unik yang salah satunya berwarna matte blue yang menjadi trend di tahun 2020 ini, berikut foto studionya :

Seperti yang saya bilang tadi, jika tiap negara Yamaha Jog punya desain dan spek tersendiri, naah selain di China yang dimana Yamaha Jog ini mengusung mesin 125cc, naah di Taiwan dan Jepang, Yamaha Jog punya spek tersendiri, pemirsa bisa lihat dibawah ini diantaranya :

Yamaha JOG FS 125 di Taiwan

Yamaha JOG Sweat 125 di Taiwan

Yamaha JOG 50cc di Jepang

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Twitter : @Warungasep

a

2 Comments

Komen Gratis !