Warungasep.net – Sukses menghadirkan motor sport 310cc series, Zontes kini masuk ke segmen maxi skutik dengan menghadirkan Zontes 310M. Skutik ini belum dirilis resmi, rencananya sih menurut media Tiongkok, skutik ini akan memulai debutnya akhir September ini, tapi beberapa gambar sudah tersebar. Bahkan detail spek dan harganya pun sudah terkuak… Dan katanya, skutik Zontes ini diklaim akan menjadi skutik 300cc terkencang dikelasnya…

Zontes 310M Skutik 300cc terkencang

Sebelum bahas speknya, kita bahas dulu desainnya. Zontes 310M ini sebenarnya sudah muncul penampakannya sejak awal tahun, buat yang belum baca, monggo :

Baca : Zontes ZT300T-M Maxi Skutik Berwajah Kaiju

Yang unik dari skutik ini ada pada bagian mukanya, memiliki tampang yang khas seperti Zontes 310X juga Zontes 310VX , Maxi skutik ini memiliki wajah yang sangar bak seekor monster dengan body depan serba tajam, dan aerodinamis sekilas memang mirip dengan wajah Yamaha X-max namun dengan single headlight dibagian tengah dan terdapat air scooop di sisi kiri dan kanan, mirip Ducati Panigale. Dan dua lampu DRL LED yang mirip sebuah mata yang sipit.

Untuk fiturnya, selain lampu serba LED, motor ini pakai panel speedo full TFT digital, bukan kombinasi analog seperti maxi skutik kebanyakan dikelasnya, lalu kunci kontak sudah pakai keyless, electric whindshield adjustable dan rem ABS dari Bosch.

Lanjut ke bagian dapur pacu, Zontes M310 ini mengusung mesin 309cc 1 silinder berpendingin cairan, power maksimumnya mencapai 24.5kw atau setara 32 Hp pada 7500 rpm dan torsi maksimum 32N.m pada 5500 rpm, diklaim mampu mencapai top speed 140 km dalam waktu 8 detik.. uwow… Mungkin itulah mengapa disebut skutik ini terkencang di kelasnya, karena jika dibandingkan dengan pesaingnya terutama produk Jepang seperti Xmax 300 dan Forza, skutik memang lebih unggul diatas kertas. Berikut perbandingannya :

Terakhir, walaupun belum dirilis resmi tapi harga Zontes 310M ini sudah bocor. Media Tiongkok yaitu Newmotor.com.cn menyebutkan harga skutik ini mencapai 30.800 Yuan atau setara Rp. 66 jutaan…. Belum diketahui varian warnanya apa saja, namun yang terkuak baru dua antara lain warna hitam dan satu lagi warna silver. Berikut penampakannya :

Jika bahas rival dari produk Jepang mungkin selain Forza dan Xmax ada Kawasaki J300 dan Suzuki Burgman 400. Namun produk lokal Tuongkok, motor ini punya banyak saingan diantaranya sbb :

  1. LongJia VMAX 300, Maxi Skutik Taiwan Desainnya Campuran Nmax, Forza, Panigale dan Aprilia
  2. TARO TR300T, Maxi Skutik Taiwan Yang Jadi Rival Forza dan Xmax 300
  3. Zongshen Cyclone RT3, Maxi Skutik 250cc DOHC Dari Negeri China…
  4. Dayang V Rui DY300T, Satu Lagi Skutik Gambot Pesaing XMax dan Forza
  5. TARO NECO GTX-X 300 ? Maxi Skutik Kolaborasi Mocin dan Desainer Prancis Yacouba
  6. Aprilia SR Max 300 2019 Facelift Pakai Panel Speedometer Yang Bisa Nonton Video…
  7. Kymco X-Town 250 2020 Rilis di Indonesia, Harga Rp. 62,5 Jutaan

Comments

  1. TERBUKTI, bahwa produk negeri tirai bambu sebenarnya bisa lebih berkualitas.. cuma karena dulu yang masuk ke tanah air kebetulan produk pahe di mana kala itu konsumen yang terimbas krismon menjadikan market lesu sehingga digelontorkanlah pasukan pahe demi memikat daya beli.

    Spek Zontes yang notabene skutik saja sudah bisa dikatakan ‘melampaui’ motor sport, padahal normalnya spek standar metik dengan kapasitas yang sama dengan motor bebek saja kalah, apalagi melawan motor sport, contohnya mesin Mio 125 cc yang secara output kalah dengan Jupiter Z1 yang cuma 115 cc.

    Tapi Zontes mampu meruntuhkan pakem itu dengan suatu pembuktian yaitu dapur pacu Zontes bisa menandingi kedigdayaan TVS Apache RR310 yang secara kapasitas sedikit lebih besar (312 cc) dengan power setara (32 dk vs 33,5 dk)

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!