BMW M1000RR Superbike M Series-nya BMW

Warungasep.net – BMW Punya M Series yang merupakan varian tertinggi dari setiap produknya. Tapi itu awalnya hanya ada di produk roda empat mereka. Kini seri M hadir juga di varian sepeda motor mereka, Karena BMW Motorrad Jerman kemarin meluncurkan BMW M1000RR , Superbike M Seriesnya BMW.

BMW M1000RR 2020

Motor ini jadi produk terkuat dari line up motor sport BMW Mottorad. basicnya adalah superbike BMW apalagi kalo bukan BMW S1000RR. Dari desain-nya pun tidak banyak perbuahan, cuma diberi perbedaan di stripe grafis, tambahan beberapa aksesories seperti Winglet dan terlebih lagi BMW memberikan tambahan performa sebagai pembanding dengan S1000RR yang menjadi versi standarnya.

Pengembangan M pada Superbike BMW sendiri mengikuti kesuksesan M Series yang telah dimulai sejak akhir 2018 silam. BMW M 1000 RR menjadi jawaban atas tuntutan publik dunia akan performa tinggi dan balutan layaknya motor balap, yang dipadukan dengan eksklusifitas serta individualitas sang pemiliknya kelak.

Sektor performa yang menjadi fokus utamanya, dengan tenaga serta torsi lebih besar dibandingkan S 1000 RR. Material karbon disematkan di beberapa komponen plus dipasangkannya sayap (winglet) di bagian depan, turut menyumbangkan aksen balap ke dalam tubuh BMW M 1000 RR.

Spesifikasi BMW M1000RR

Untuk spesifikasi BMW M 1000 RR mengusung mesin 1 liter 4 silinder berpendingin cairan. dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam dan berbobot kotor hanya 192 kg. Hasilnya, output power maksimumnya bisa mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak diangka 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm, plus kecepatan maksimal hingga 15.100 rpm.

Pistonnya baru dengan 2-ring baru lansiran Mahle, ruang bakar kompresinya ditingkatkan menjadi 13,5, dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan. Rocker arm lebih ramping dan ringan, port intake yang sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

Beberapa poin keunggulan dari BMW M1000RR ini adalah sebagai berikut :

• Kecepatan maksimum 500 rpm lebih tinggi dari RR.
• 156 kW (212HP) output pada 14.500 rpm dan dengan demikian 4 kW (5.36hp) lebih banyak dari RR. Torsi maksimum 113 Nm pada 11.000 rpm.
• Teknologi BMW ShiftCam untuk memvariasikan waktu kontrol katup dan pengangkatan katup.
• Katup titanium, rocker arm yang lebih ramping dan 6% lebih ringan, serta camshaft yang dioptimalkan.
• Blok engine yang sangat ringan dan ringkas dengan batang penghubung titanium yang lebih panjang dan 85 g lebih ringan dari Pankl untuk mengurangi daya gesekan dan mengurangi bobot.
• Kopling anti-hopping
• Sistem knalpot baru yang lebih ringan 3.657 g dengan manifold buang, peredam suara depan, dan peredam suara belakang yang terbuat dari titanium.
• M winglet dan high windscreen: Pengereman lebih lambat dan akselerasi lebih awal serta stabilitas lebih saat menikung berkat downforce aerodinamis tanpa pengurangan kecepatan maksimum.
• Rem M untuk pertama kalinya di BMW Motorrad: M RR dengan performa pengereman maksimal untuk trek balap.
• Roda karbon M: Komponen berteknologi tinggi berkelas untuk performa maksimum di trek balap dan jalan raya.
• Desain M dan bahasa bentuk dinamis menunjukkan performa trek balap terbaik.
• Paket M kompetisi dengan M GPS laptrigger dan kode aktivasi, paket suku cadang Milled, paket karbon M, perak, lengan ayun pemantik 220 g, rantai ketahanan M berlapis DLC, dan paket penumpang termasuk penutup tail-hump.
• Aksesori dan perlengkapan opsional yang komprehensif

Winglet-nya, dikembangkan di lintasan balap dan juga terowongan angin (wind tunnel) milik BMW. Terbuat dari serat karbon, komponen ini jelas menghasilkan aerodinamika yang mumpuni guna memperoleh waktu putaran lebih cepat.

BMW M 1000 RR telah dipasangkan sasis baru berbasiskan model RR, dengan rangka ‘jembatan’ di bagian tengahnya terbuat dari aluminium. Sementara di belakang disematkan suspensi berkelir biru serta kinematika Full Floater Pro yang difokuskan untuk mencapai waktu putaran terbaik di trek balap.

Fitur BMW M1000RR

Beberapa fitur elektronik tersemat pada Superbike terbaik mahakarya insinyur BMW, diantaranya sbb

• Mode berkendara “Rain”, “Road”, “Dynamic”, “Race” “dan“ Race Pro1-3 ”dan generasi terbaru dari Dynamic Traction Control (DTC) dan fungsi wheelie DTC dengan boks sensor 6-axle.
• Dua kurva throttle karakteristik yang dapat disesuaikan untuk karakteristik respons yang optimal. Rem mesin dengan torsi tarikan mesin tiga kali lipat yang dapat disesuaikan dalam mode “Race Pro”.
• Quick shifter
• Kontrol Peluncuran untuk start balapan yang sempurna dan Pit-Lane-Limiter untuk kecepatan presisi di jalur pit.
• Hill Start Control Pro untuk kemudahan start di lereng.
• Upside-down yang dioptimalkan
• Instrumen cluster dengan layar TFT 6,5 inci yang besar dan dapat dibaca dengan
• Baterai M yang ringan, soket pengisi daya USB di belakang, unit lampu interior LED yang bertenaga, cruise control adaptif elektronik, dan pegangan berpemanas.

Panel isntrumen pada M 1000 RR secara keseluruhan memiliki basis desain yang serupa dengan RR dengan animasi M saat kunci dinyalakan. Tersedia paket opsional berupa kode aktivasi (konten paket kompetisi M), dan jika kurang puas, BMW menyediakan paket M (M Competition) yang tentunya lebih mumpuni.

Terakhir, untuk bandrol harga BMW M1000RR ini belum diumumkan. Dan hanya tersedia dalam satu pilihan warna saja yaitu warna putih dengan stripe yang khas BMW yaitu biru dan merah. Apakah motor ini akan masuk ke Indonesia? Belum ada konfirmasi dari BMW Motorrad Indonesia, tapi melihat mereka menjual varian HP4 Race sebelumnya, tak menutup kemungkinan, model ini juga akan dijual disini. Kita tunggu saja…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Twitter : @Warungasep

Be the first to comment

Komen Gratis !