Zongshen RX6 650cc Motor Adventure 2 Silinder Bermesin Norton

Warungasep.net – Satu lagi hasil kolaborasi antara pabrikan Mocin dengan pabrikan Eropa. Setelah QJMotor dengan Benelli dan bahkan dengan MV-Agusta, Zongshen kini semakin melengkapi produknya dengan menghadirkan motor baru bernama Zongshen RX6, Motor bergenre adventure bike ini menggunakan mesin asal pabrikan Inggris, Norton. Seperti ini penampakannya :

Desainnya kekar banget, ala-ala motor Moge adventure dengan stang dan windshield yang tinggi, lengkap dengan hal fairing dan shroud yang kekar, headlamp yang terlihat futuristik. Bagian samping body kanan dan kiri sudah siap dibawa menjelajah karena terdapat bracket untuk memasang side dox, dll.

Sebenarnya motor ini sempat saya posting, tapi baru sebatas gambar patent.

Baca : Gambar Patent Zongshen RX6, Bermesin Norton 650cc, Siap Lawan Versys dan V-Strom 650

Dan sepertinya walaupun masih sebatas dipajang di pameran CIMA Motor Expo 2020 di Tiongkok, tak menutup kemungkinan, moge adventure yang akan menjadi pesaing Kawasaki Versys 650 ini akan diproduksi masal dan dijual secara global dalam waktu dekat.

Apalagi setelah mengetahui jika mocin yang satu ini akan membenamkan mesin asal pabrikan Bristh Norton yang tentunya akan dinantikan banyak orang. Itu karena Zongshen telah membeli lisensi mesin Norton sejak tahun 2017 lalu, sehingga kemungkinan kedepannya mereka akan berbagi mesin untuk produk yang beragam.

Mesin yang digunakan memiliki kode ND650, mengusung kubikasi 649.5cc 2 silinder DOHC berpendingn cairan, daya maksimum motor yang punya kode produk Zongshen SR650 ini menbcapai 52kW atau setara 71 Hp pada putaran 8500rpm, torsi maksimum 62Nm / 7000rpm, gearbox 6-percepatan, dan dan topspeed maksimum diklaim bisa mencapai 180km / jam.

Untuk lebih detailnya, spesifikasi motor ini belum diumumkan. Namun unit yang dipajang di pameran kita bisa lihat motor ini tak hanya sekedar motor adventure tapi juga punya beberapa fitur elsktronik yang canggih, selain banyak sensor juga dengan lampu serba LED, motor ini juga punya kamera depan untuk merekam aktifitas yang terkoneksi dengan panel speedometer full TFT digital.

Fitur unggulan lainnya adalah suspensi depan upside down, suspensi belakang horizontal backlink ala Kawasaki yang dipadukan dengan rangka model teralis yang kokoh. Kaki-kakinya menggunakan ban tubeless tapi dengan rim atau velg jari-jari. Juga rem cakram depan ganda yang juga sudah dilengkapi ABS.

Terakhir, belum diketahui berapa harga motor ini. Yang jelas Zongshen Cyclone RK6 atau SR650 ini akan menjadi pendatang baru yang patut diwaspadai pesaingnya di kelas motor penjelajah 650cc series yang saat ini cukup banyak pesaingnya, selain dari pabrikan Eropa dan Jepang juga sesama produk domestik sepert Benelli TRK500, Colove 500, Zontes T310 dan yang terbaru ada Voge 650DS juga produk QJMotor yang akan saya bahas diartikel selanjutnya.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Twitter : @Warungasep

Be the first to comment

Komen Gratis !