KTM 890 Adventure R dan Rally 2021 Resmi Dirilis, Lawan Tangguh BMW F850GS

Warungasep.net – Ketimbang Superbike, KTM ternyata lebih jor-joran memasarkan motor street naked bike dan adventure series. Sebut saja dari mulai KTM 390 Adventure (bahkan kabarnya menyiapkan versi 250cc-nya) KTM juga punya varian adventure 790 dan yang terbesar ada KTM Superadventure . Dan kemarin pabrikan Austria ini menambah lagi line up adventure seriesnya dengan merilis KTM Adventure R versi 2021.

KTM 890 Adventure R dan 890 Adventure R Rally 2021

Motor ini hadir untuk menghadapi persaingan di kelas 800cc yang saat ini diisi oleh BMW F850GS dan Yamaha Tracer 700 walaupun sebenarnya KTM sudah punya versi 790c-nya, bisa dibilang KTM 890 Adventure R ini merupakan facelift dari versi 790cc dengan peningkatan performa juga beberapa fitur juga bobot yang diklaim lebih ringan.

Desainnya bisa pemirsa lihat gak jauh beda dengan versi 390 maupun 790, dengan desain ala motor rally, headlamp yang tergabung dengan spakbor depan ala motor trail dan windshield tinggi, stang  dengan hand guard, dan kaki-kaki menggunakan velg jari-jari yang dilengkapi ban dual purpose tube tipe.

Untuk spek mesinnya, motor ini mengusung mesin DOHC 2 silinder 899cc atau naik 90cc dari versi 790-nya. Powernya meningkat dari semula hanya 95 Hp menjadi 105 Hp @ 8000 rpm, dan dengan perubahan gear box, kopling dan pengurangan bobot membuat torsinya lebih jengat dari versi sebelumnya, yakni 74 lbft pada rpm yang lebih rendah di angka 6500 rpm.

Walaupun motor ini nantinya dipakai untuk blusukan, tapi soal fitur terbilang cukup lengkap sebut saja lampu depan belakang dan lampu sein serba LED, panel speedometer full digital, terdapat traction control, quick shifter, Power Assist Clutch (PASC) with new friction plates, rem ABS dan suspensi Upside down dari WP XPLOR .

890 Adventure ini terbagi dalam 2 versi yaitu versi R Standar dan satu lagi 890 R Rally version dengan perbedaan di striping grafis, opsional fitur tambahan dan aksesories seperti suspensi versi Pro dari WP Xplor dan juga knalpot sudah pakai Akravopic yang diklaim lebih ringan. Berikut foto studionya :

KTM 890 Adventure R 2021

KTM 890 Adventure R Rally 2021

Terakhir, motor ini hanya diproduksi 700an unit dan akan mulai didistribusikan ke seluruh dunia, namun kabarnya motor ini sudah hampir habis dipesan, lebih banyak adalah konsumen dari Amerika. Waha apakah konsumen Indonesia akan kebagian? Kita tunggu saja kabar terbaru dari KTM Indonesia…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Twitter : @Warungasep

Be the first to comment

Komen Gratis !