Honda MSX GROM Facelift Rilis di Thailand, Desainnya Jadi “Retro” ?

Warungasep.net – Honda produk Mini Moto yang juga dijual secara Global yaitu Honda Grom 125. Tapi, di negara basis produksinya yaitu di Thailand, motor ini awalnya diberi nama Honda MSX125, kemudian mengalami facelift dan ada label SF dibelakangnya. Dan di tahun 2020 ini, AP Honda Thailand menyegarkan tampilan Mini Moto mereka ini dengan mengusung nama baru yaitu New Honda MSX Grom, tidak lagi pakai label 125cc seperti sebelumnya.

Tak hanya namanya saja yang berubah, desain yang diusung MSX Grom ini juga mendapat update signifikan. Desainnya justru terlihat “aneh” jika dibandingkan versi sebelumnya yang bertema sporty (Baca : Honda MSX125 SF ). MSX Grom baru ini desainnya terlihat mengacu pada model awal di tahun 2013 lalu, namun dengan perubahan fitur yang lebih modern. perubahannya seperti bergaya retro terutama pada desain headlamp, tapi dengan desain yang lebih lebih kaku, bagian tanki-nya besar namun bagian ekornya terlihat minimalis banget, dimensinya masih mungil dan compact dengan kaki-kaki kecil gambot berukuran rim 12 inch.

Pihak Honda Thailand, menyebut desain MSX Grom baru ini memiliki konsep “Mod It Yourself big tune … put it to the end” sehingga motor ini ditujukan untuk para pengguna yang kreatif untuk melakukan beragam custom modifikasi. Karena pihak AP Honda juga menawarkan paket aksesoris modifikasi untuk motor ini dalam 3 varian gaya modif, seperti Scrambler, Motard atau Supermoto dan gaya modif adventure.

Untuk fiturnya, sepertinya gak banyak berubah, lampu depan sudah LED, bedanya jika versi sebelumnya pakai dual reflektor bertumpuk, sedangkan yang baru pakai single headlamp tapi memili shape yang semi oval. Panel speedo full digital, namun sayangnya kunci kontaknya belum keyless.

Tapi, mini moto Honda ini tetap punya keunggulan dari suspensi belakang monoshock, suspensi depan upside down, unggul ketimbang moge Honda seperti CBR500R yang masih teleskopik, hehe… rem cakram depan belakang yang bahkan sudah pakai ABS dengan G Sensor.

Untuk mesinnya, mendapat sedikit ubahan Honda MSX Grom ini masih mengusung mesin 125cc 1 silinder berpendingin udara, yang berubah dari mesinnya ini adalah penambahan gear menjadi 5 percepatan, dan ingat motor ini pakai kopling manual ya, sehingga disana masuk kedalam kategori motor sport premium yang bahkan hanya dijual di dealer Wing Wing saja.

Terakhir, harga Honda MSX Grom ini terbagi dalam 2 tipe antara lain tipe standar tanpa ABS dibandrol 69.900 Baht atau setara Rp. 32 jutaan, sedangkan untuk versi ABS dibandrol lebih mahal yakni sekitar 77.400 Baht. Dan dijual dalam 4 pilihan warna, berikut foto studionya :

Apakah motor unik ini akan masuk ke Indonesia? Melihat bandrol harganya yang anjay banget, sepertinya tidak, soalnya di Indonesia sendiri sudah menjual mini moto Honda lainnya yang bergaya classic yaitu Honda Monkey 125, adapun dari pesaingnya yaitu Kawasaki Z125 Pro juga dijual di Indonesia, sedangkan di Thailand motor ini punya pesaing lokal yaitu GPX demon dan di Malaysia ada Benelli TNT135 . Semoga berguna…

Be the first to comment

Komen Gratis !