Kenapa Aerox Baru 2021 Masih Pakai Rem Teromol? Intip Fitur dan Spesifikasi Lengkapnya

Warungasep.net – Mengusung konsep sport skuter, Yamaha Aerox baru 2021 hadir dengan desain lebih fresh serta mempertahankan karakter serba tajam, desain body samping yang terinspirasi dari motor Supersport dengan aura sporty yang kuat juga kaki-kaki dengan ban tubeless tapak lebar yang kekar. Ditambah lagi dengan fitur-fitur baru yang lebih canggih dan juga performa motor dengan PWR (Power to weight Rasio) terbaik dikelasnya.

Rem Belakang Yamaha Aerox

Dari kesemua kelebihan skutik yang menyandang nama baru All New Yamaha Aerox 155 Connected ini ada beberapa yang kurang sesuai ekspektasi yang membuat para pembaca bertanya-tanya dan penasaran. “Mengapa dengan konsep Sport Skuter ala motor Supersport, kok Aerox baru gak pakai rem cakram belakang?”

Nah, pertanyaan tersebut sempat saya tanyakan kepada pihak Yamaha Indonesia, dan pak Antonius Widiantoro yang menjabat Manager Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun bersidia menjawabnya.

“Sesuai dengan model konsepnya, kami memutuskan untuk tidak mengaplikasikan rear disc brake untuk All New Aerox 155 Connected. Hal ini bertujuan untuk mengurangi bobot dan mendapatkan NO. 1 Power Weight Ratio (PWR). Berbeda halnya dengan All New NMAX yang yang memiliki fitur Rear Disc Brake dan TCS  ditujukan untuk konsumen yang lebih luas, karena beberapa konsumen menginginkan support TCS untuk control yang lebih baik. Sedangkan untuk Aerox adalah pelanggan yang lebih berorientasi pada sporty riding, yang ingin mengendalikan motornya sendiri dalam sport riding. Consider dengan model konsep dan karakter konsumen tersebut, kami memutuskan untuk tidak mengaplikasikan rear disc brake untuk All New Aerox 155 Connected.” ungkapnya.

Jadi itulah jawaban atas pertanyaan mengapa Aerox baru tidak pakai rem cakram belakang. Selain itu bisa jadi karena untuk membuat harganya jadi lebih murah, dengan harga Rp. 25 jutaan pemirsa bisa dapatkan maxi skutik paket komplit dengan gap hanya beberapa ratus ribu saja dengan skutik merk lain yang tentunya dengan lebih minim fitur dan performanya.

Dan, lewat artikel ini juga saya akan memberikan info mengenai spesifikasi dan fitur Yamaha Aerox 155 Connected lebih lengkapnya berdasarkan info official dari Yamaha.

Spesifikasi Yamaha Aerox 155 Connected.

Untuk sektor mesin, All New Aerox 155 Connected mengusung Total New Engine Blue Core 155cc berpendingin cairan, dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata disetiap putaran mesin.

Mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3kW / 8.000rpm serta torsi maksimum sebesar 13.9Nm / 6.500rpm yang menjadikan All New Aerox 155 Connected memiliki performa dan Power to Weight Ratio (PWR) terbaik dikelasnnya. Untuk lebih lengkapnya pemirsa bisa lihat dibawah ini :

Mesin
Tipe Mesin Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah/Posisi Silinder Single Cylinder
Kapasitas Mesin 155cc
Diameter x Langkah 58,0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 11.6 : 1
Daya Maksimum 11.3 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum 13.9Nm / 6500rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection)
Tipe Kopling Kering, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi V-belt Automatic
Dimensi
P x L x T 1980mm X 700mm X 1150mm
Jarak sumbu roda 1350 mm
Jarak terendah ke tanah 143 mm
Tinggi tempat duduk 790 mm
Berat isi 125 kg
Kapasitas tangki bensin 5.5 L
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 110/80-14M/C 53P
Ban Belakang 140/70-14M/C 62P
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Kelistrikan
Sistem pengapian TCI
Battery YTZ7V
Tipe Busi NGK/CPR8EA-9

Mesin All New Aerox 155 Connected juga dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG) sehingga starter motor menjadi halus serta Stop and Start System (SSS)* yang berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti.

Fitur Yamaha Aerox 155 Connected

All New Aerox 155 Connected telah memiliki fitur Y-Connect yang mampu menghubungkan smartphone pengendara dengan sepada motor melalui Bluetooth. Dengan adanya fitur ini pengendara dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkait notifikasi telepon dan pesan masuk di dashboard motor, informasi konsumsi bahan bakar, informasi lokasi parkir terakhir saat terhubung dengan aplikasi, rekomendasi perawatan yang menunjukan kondisi aki dan oli, notifikasi malfungsi sampai dengan fitur Revs Dashboard yang menarik bagi pengguna.

Selain itu, aplikasi Y-Connect juga memiliki fitur Rank yang menghibur bagi konsumen dalam menikmati aktivitas berkendaranya, karena mereka dapat saling berkompetisi dengan sesama pengguna CCU model (motor Yamaha yang memiliki fitur Y-Connect) dalam hal jarak tempuh maupun poin eco riding.

Untuk design, All New Aerox 155 Connected memiliki DNA Super Sport yang kuat dengan desain lampu LED pada bagian depan dan belakang yang kini menjadi lebih tajam dan lebar serta dilengkapi oleh DRL (Daytime Running Light)

Bagian jok pada motor di desain agar lebih nyaman saat berboncengan. All New Aerox 155 Connected juga mengadopsi speedometer digital dengan desain baru yang lebih menarik, serta handle belakang terintegrasi yang memudahkan konsumen untuk mengatur posisi motor saat mesin dalam kondisi mati (mengatur posisi parkir).

Pada bagian kaki-kaki, motor ini dilengkapi dengan Sub Tank Suspension* untuk peredaman yang lebih optimal serta ban tubeless bertapak lebar untuk rasa berkendara yang lebih stabil.

Selain dapat terkoneksi dengan Smartphone melalui aplikasi Y-Connect, motor ini juga mempunyai Smart Key System* yang merupakan sistem penguncian tanpa anak kunci serta Electric Power Socket untuk pengisian daya batrai smartphone. Ada juga fitur Anti-lock Braking System (ABS)* yang semakin mengoptimalkan sistem pengereman pada motor.

Untuk mendukung daya jelajah yang tinggi, kapasitas tangki pada motor juga ditingkatkan menjadi 5,5 liter. Sementara untuk menampung barang bawaan yang cukup banyak, All New Aerox 155 Connected dibekali dengan bagasi yang besar.

Tidak ketinggalan, ada pula Handle Bar Switch Control yang berfungsi memudahkan anda memilih tampikan informasi dan pengaturan pada speedometer (tombol pengatur berada di handle sebelah kiri) serta Hazard Lamp sebagai tanda ketika pengendara dalam kondisi darurat.

Terakhir, Yamaha Aerox punya 6 pilihan warna dengan 2 tipe varian dan harga berbeda, untuk lebih detailnya bisa pemirsa lihat di artikel :

2 Comments

  1. Menurut saya kok fitur y-connect ini gimmick yg gak perlu2 amat deh. Malah modulnya bikin nambah bobot, padahal filosofinya aerox mengedepankan power to weight ratio.

Komen Gratis !