Kawasaki ZX-10R 2021 Resmi Dirilis, Ternyata Wajahnya Cakep Juga!

Kawasaki ZX10R 2021

Warungasep.net – Pertama kali muncul sebagai spyshots, Kawasaki ZX-10R 2021 ternyata sangat kontroversial, terutama dari segi desainnya. Dan setelah rilis, kita sadar jika Superbike Kawasaki ini merupakan Motor yang didesain bukan untuk “Motor Poster” yang biasanya selalu fotogenik secara tampilan, tapi motor yang sudah membawa Jonathan Rea Juara 6 Kali WSBK ini didesain khusus untuk menjadi juara balap sehingga mengkombinasikan antara estetika dan fungsi aerodinamika.

Kawasaki ZX10R 2021

Dan lewat foto studio yang dipajang di web resmi Kawasaki, ternyata kita bisa lihat jika tampang motor ini lumayan cakep juga, gak jelek-jelek amat saat spyshotsnya. ya walaupun masih terbilang aneh karena tidak terlalu lancip dan tajam seperti klan Ninja series lainnya. Alasannya, karena Ninja ZX10-R ini tidak menggunakan winglet disamping body motor seperti Superbike kebanyakan, sehingga sebagai gantinya, Kawasaki memberikan desain winglet di front cowl yang sekaligus dikombinasikan dengan lubang air scoop dibagian tengah. Hasilnya efektif meningkatkan efek down force hingga 17 persen, ujarnya.

Kawasaki ZX10R 2021

Secara keseluruhan, desain fisik ZX-10R MY 2021 ini juga gak terlalu jauh berbeda. Lekukan desainnya simple dan longlasting. Yang berubah, selain bagian front cowl juga bagian samping body yang didesain ulang untuk lebih mengoptimalkan melepasakan panas mesin juga meningkatkan tingkat aerodinamis. Tapi bagian detail lainnya, kurang lebih sama, sebut saja body belakang, desain knalpot, desain lampu rem, spakbor hingga kaki-kaki dengan model velg palang tiga yang legendaris.

Menjadi varian tertinggi, Ninja ZX10R juga wajib dibenamkan fitur-fitur canggih. Diantaranya :

Fitur Kawasaki ZX-10R

  • Lampu depan, rem dan lampu sein sudah LED
  • Panel Speedomter TFT warna yang bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi Rideology
  • Eletronic Cruise Control
  • S-KTRC dan Power Mode memungkinkan pengendara untuk secara efisien mengatur kontrol traksi dan penyaluran tenaga agar sesuai dengan situasi berkendara tertentu.
  • Terdapat 4 riding mode
  • Suspensi depan Upside down BFF (Balance Free Front Fork) yang dikembangkan WSBK
  • Shock belakang tipe horizontal back link BFRC lite (Balance Free Rear Cushion) memfasilitasi transfer bobot depan-belakang, dan berkontribusi pada penanganan ringan.
  • Rem dengan Kaliper ganda monoblok Brembo M50
  • KLCM (Kawasaki Launch Control Mode)
  • KQS (Kawasaki Quick Shifter) memungkinkan perpindahan gigi naik dan turun tanpa kopling.
  • KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System)
  • KCMF (Kawasaki Cornering Management Function) memantau parameter mesin dan sasis di sepanjang tikungan.

Dan sebagai pembeda dengan ZX-10R versi sebelumnya, Kawasaki menempelkan emblem logo Kawasaki dibagian bawah windshield, logo ini sama seperti yang terdapat di Kawasaki Ninja H2. Bagaimana dengan mesin?

Walaupun mengusung mesin yang sudah patuh Euro 5, ZX10R sepertinya masih memiliki power yang tidak berubah signifikan dari versi sebelumnya. Mesin 998 cm3 Liquid-Cooled, 4-Stroke In-Line Four yang mampu mencapai power maksimum di angka 149,3 kW {203 PS} / 13.200 rpm tapi bisa dimaksimalkan dengan RAM air hingga mencapai 156,8 kW {213 PS} / 13.200 rpm. mantap…

Tak hanya ZX-10R Kawasaki juga menjual versi special performance dengan menghadirkan Kawasaki ZX-10RR yang sudah terhomologasi WSBK. Bahkan kabarnya memiliki power yang lebih tinggi dengan rpm yang lebih ditingkatkan.

Oh ya, terakhir bandrol harga ZX-10R model 2021 ini dibandrol 15,799 Poundsterling di Inggris dan akan tersedia mulai bulan Mei dan Juni 2021 nanti. Bagaimana dengan di Indonesia? Belum ada info, hehe… Dan motor ini tersedia dalam 3 pilihan warna diantaranya warna hitam dan hijau dengan striping minimalis dan satu lagi varian special edition KRT dengan kombinasi warna hijau, hitam putih dengan strip merah. Berikut foto studionya :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

Instagram : @Warungasepnet
Twitter : @Warungasep

Be the first to comment

Komen Gratis !