Kymco KRV 180 2021, Skutik Sporty Pakai Drive Belt dari Taiwan

Warungasep.net – Hari ini pabrikan asal Taiwan Kymco merilis banyak line up produk baru untuk di jual di tahun depan. Dan salah satu yang paling menarik dan banyak dibahas media adalah Kymco KRV 180 2021, maxi skutik bergaya sporty yang punya keunikan pakai sistem transmisi Drive Belt atau rantai karet. Seperti ini penampakan motornya.

KRV 180 2021

Maxi Skutik pakai Drive Belt

Coba perhatikan bagian kaki-kaki belakang. Pasti bikin penasaran bukan? Yupz, skutik baru Kymco ini mengembangkan sebuah inovasi motor skutik model baru mengadopsi swing arm independen dan sistem transmisi PTM yang sama seperti varian Skutik moge mereka yaitu AK550.

Selain menurunkan pusat gravitasi bodi kendaraan dan mengoptimalkan counterweight depan dan belakang kendaraan, desain rangka mesin terintegrasi KRV dapat meningkatkan kekakuan kendaraan secara signifikan saat menikung.

Kymco KRV 180 2021

Tak hanya model transmisi AK550 saja yang diadopsi, tapi juga sampai ke desain dan juga fitur. Kita bahas desainnya. KRV 180 ini tidak seperti maxi skutik pada umumnya yang menggunakan rangka backbone, KRV 180 justru memiliki model ala-ala skutik khas Taiwan, yaitu maxi skutik dek rata, dengan body dan kaki-kaki gambot, pakai windshield didepan stang kemudi telanjang, posisi lubang tanki didepan dan bagasi yang luas didalam jok.

Dan karena skutik ini ditujukan sebagai pesaing di kelas maxi skutik sporty yang sudah ada sebelumnya seperti SYM DRG BT, Yamaha Force 155 dan Yamaha Smax 155, motor ini menggunakan model suspensi belakang horizontal backlink suspension.

Karena persaingan begitu ketat, tentunya sebagai pabrikan yang punya pangsa pabrikan terbesar di Taiwan (Baca : Penjualan Suzuki Saluto di Taiwan Cuma Segini ?! ) Kymco memberikan banyak keunggulan pada produk terbaru mereka ini dalam segi fitur electronic canggih, diantaranya sbb ;

Fitur Kymco KRV180 2021

  • Traction Control
  • Lampu depan, belakang, lampu sein dan DRL serba LED
  • Panel speedometer full digital
  • Electric Socket Charger
  • Keyless ignition
  • Rem cakram depan dan belakang dengan Antilock Braking System (ABS)

Dan yang cukup bikin penasaran adalah platform mesin KRV180, Sepertinya Kymco begitu all out dalam menedevelopt mesin baru dengan melakukan inovasi bentuk transmisi yang tidak umum. Bagaimana tidak, jika pada skutik biasanya menggunakan CVT dibagian samping kiri motor, sedangkan KRV 150 ini bagian CVT-nya disembunyikan dibagian tengah, menonjol kesebelah kanan, sedangkan posisi radiator berpindah, bukan disamping kanan melainkan disamping kiri.

Mesin KRV 180 ini tidak sesuai labelnya… Skutik ini memiliki kubikasi mesin 175cc 1 silinder 4 klep berpendingin cairan. Melihat kapasitas mesinnya sepertinya cenderung bisa head to head dengan LiNhai  Power 175T . Powernya mencapai angka 16,7 Ps pada putaran 7500 rpm dan torsi 15, 6 Nm pada 6000 rpm. Untuk lebih detailnya pemirsa lihat dibawah ini :

Kymco KRV180 2021 Spesification

Engine type: water-cooled four-stroke OHC 4V single cylinder
Displacement: 175.1cc
Maximum horsepower: 16.7ps@7 ,500rpm
Maximum torque: 15.68Nm@6 , 000rpm
Curb weight: 133.5kg
Seat height: 795mm
Wheelbase: 1,400mm
Fuel tank capacity: 7.2L
Tire size: front wheel 110/70-13,
Rear wheel 130/70-13
Front shock: periscope type front fork
Rear shock: horizontal single-gun shock absorber
Front brake: one-way double-piston caliper single disc
Rear brake: single disc
Sedangkan untuk bandrol harganya, belum diumumkan. Dan jika pemirsa tanya apakah motor ini dijual di Indonesia? Kymco KRV180 ini sepertinya akan menjadi calon produk global, namun jika ditanya akan masuk ke Indonesia, belum ada info dari Kymco Indonesia. Tapi jika melihat apa yang dijual oleh Kymco di Indonesia yang kebanyakan dijual adalah model lawas, sepertinya sangat pesimis skutik keren ini masuk sini.
Padahal, seandainya mereka mendatangkan si keren KRV ini ke Indonesia, pasti akan menciptakan trend maxi skutik gaya dan teknologi baru di tanah air. Dan bisa jadi mendorong pabrikan lainnya seperti SYM dengan DRG BT-nya dan Yamaha dengan Force 155 nya juga ikutan ekspansi ke tanah air. Tapi mau dijual berapa? di Taiwan sana, motor-motor skutik keren kayak gini dibandrol lebih dari 40 jutaan, hehe… semoga berguna…

7 Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kymco F9 2021, Skuter Listrik Sporty Rebadge Felo FW-06 - WARUNGASEP ★★★☆☆
  2. Kymco CV3 2021, Maxi Skutik Roda Tiga Bermesin 550cc 2 Silinder - WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !