Kymco DT X360 2021, Maxi Skutik “Kebelet” Adventure

Warungasep.net – Kemarin, Kymco Taiwan 4 produk baru yang menghebohkan dunia permotoran. Dan salah satu produknya adalah Kymco DT X360 2021. Motor baru Kymco yang masuk kategori maxi skutik “Adventure Crossover”. Tapi, jika dilihat sih, kok gak ada aura adventure-nya sama sekali? Atau ini cuma maxi skutik “Kebelet” Adventure? Coba kita lihat lebih detail.

Kymco DTX350 2021

Biasanya, motor adventure itu memiliki body ramping atau bahkan cungkring, postur dan ground clearance tinggi, pakai windshiled yang juga tinggi dan juga desain serba tajam dan sporty. Sebagai contoh mungkin kita bisa perhatikan bagaimana sosok KTM 390 Adventure di kelas sport atau Honda X-ADV 2021 yang memiliki konsep desain skutik adventure saat ini. Adapun BMW C 400 GT konsepnya lebih ke maxi skutik touring ketimbang adventure. Tapi coba pemirsa perhatikan :

Detail bagian yang mungkin terlihat adventure hanya di sektor front cowl yang memiliki “paruh” dan juga ban dengan dual purpose patern. Sedangkan bodynya? Lebar… dan juga groud clearance yang rendah.. Ini sih diibaratin Suzuki V-strom 1050 pakai body Hayabusa eh ZX14R ding 😀

Tapi itulah hebatnya Kymco. Mereka sepertinya ingin membuka segmen baru maxi skuter adventure di kelas 300cc, karena di kelas ini memang belum ada pabrikan yang masuk CMIIW. Sebenarnya Honda digosipkan akan punya produk di kelas ini dengan menghadirkan ADV250 atau mungkin diversifikasi Forza 350 jadi jadi ADV350. Tapi ternyata nihil. Justru pabrikan China yaitu Dayang yang berencana akan menghadirkan juga skutik adventure di kelas 350cc tahun depan.

Baca : Lama Ditunggu, ADV350 Akan Dirilis Duluan di China

Dengan begini justru bagus buat Kymco, nantinya mereka akan mendeklarasikan sebagai pelopor skutik adventure di dunia. Ahay, pintar juga ya…

Oke, kembali membahas DT X350. seperti namanya maxi skutik adventure ini mengusung mesin 350cc 1 silinder 4 klep berpendingin cairan yang sepertinya berbagi mesin dengan Kymco Super Dink 350 aka Downtone 350. Powernya mencapai 28,8 hp pada 7.500 rpm, dengan torsi 30 Nm pada 5.750 rpm. Lengkapnya :

Spesifikasi Kymco DT X 350

Bentuk mesin: mesin OHC empat langkah silinder tunggal 4V berpendingin air
Perpindahan: 320.6cc
Tenaga kuda maksimum: 28.8ps@7250rpm
Torsi maksimum: 30Nm @ 5750rpm
Suspensi depan: garpu depan periskop
Shock belakang: shock belakang ganda
Sistem rem depan: rem cakram tunggal
Sistem rem belakang: rem cakram tunggal
Jarak sumbu roda: 1.545mm
Tinggi kursi: 800mm
Berat peralatan: 194kg
Kapasitas tangki bahan bakar: 12.5L

Untuk fiturnya, jelas motor yang keluaran baru tentu harus syarat akan teknologi mutahkhir… Kymco D TX350 sudah dijejali fitur canggih diantaranya panel speedometer digital yang bisa terkoneksi dengan aplikasi smartphone, Noodoe. Sudah pakai smart key atau keyless, lampu serba LED, rem sudah ABS dan punya fitur yang lagi ngetrend saat ini yaitu Traction Control.

Sebenarnya belum banyak info tergali mengenai harga dan pilihan warnanya, karena jika pemirsa cek ke situs resmi Kymco Taiwan, mereka belum memajang motor ini di line up produk mereka. Dan dengan munculnya skutik adventure Kymco ini, kira-kira kapan nih pabrikan lainnya akan ikut terjun ke segmen ini? Mungkinkah Honda yang akan terjun selanjutnya? Kita tunggu saja…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

Instagram : @Warungasepnet
Twitter : @Warungasep

Komen Gratis !