Nunggu 5 Tahun, FKM FK3GP 2021 Resmi Dirilis… Harga Rp. 42 Jutaan

FKM FK3GP 2021

Warungasep.net – Pertama kali dipajang sebagai motor konsep di ajang pameran tahun 2015 lalu, ternyata setelah menunggu lebih dari 5 tahun akhirnya publik bisa membeli motor sport yang bisa dibilang fenomenal ini. Ini dia FKM FK3GP 2021 yang sudah resmi dirilis di negeri Tiongkok

FKM FK3GP 2021

Kenapa disebut fenomenal? Yupz, karena motor bergenre sport ini muncul di tahun 2015 lalu dengan beberapa inovasi di kelasnya, terutama dari segi fitur sebut saja suspensi depan Upside down dengan kaliper rem radial, lalu body belakang yang aerodinamis pakai lubang, rangka teralis dan yang unik adalah kaki-kaki belakang yang menggunakan mono arm ala-ala moge eksotis Eropa termasuk model muffler underbelly.

Lho bukannya sekarang sudah ada yang pakai arm model seperti ini, sebut saja Zontes VX310, Benda Asura juga Colove ? Ya, tapi motor tersebut baru dirilis baru-baru ini, sedangkan Fekon Motors atau FKM menjadi pelopor pabrikan China yang menggunakan fitur seperti ini sejak tahun 2015 lalu. Cuma sangat disayangkan, proyek pengembangan motor ini sempat terhenti dan baru mulai dilakukan tahun 2020 ini dan rencananya akan mulai dijual tahun 2021 mendatang.

Diberi nama FK3GP karena motor ini mengusung mesin 300cc  DOHC 1 silinder berpendingin cairan, tapi walaupun dirilis di China, ternyata varian motor ini adalah produksi untuk dijual ekspor terutama ke Eropa, salah satunya ke negara Jerman.  Sedangkan untuk pasar domestik, motor ini punya varian tersendiri yaitu FKM FK250GP yang memiliki spek lebih rendah yakni DOHC 250cc yang mampu mencapai power 27.9hp / 9750rpm dan torsi maksimum 22N · m / 7500rpm, motor pesaing CFMOTO 250SR ini diklaim mampu mencapai topspedd 130km per jam.

Sepertinya FKM sadar jika persaingan dikelas 250cc dan 350cc akan sangat sulit jika mengandalkan spek mesin 1 silinder, maka dari itu sebagai tambahan nilai jual, FK3GP ini diberikan beberapa fitur inovatif diantaranya, tanki BBM yang terbuat dari komposit plastik yang membuat bobot motor lebih ringan menjadi hanya 154 kg, stang model underyoke yang racy dan panel speedometer full TFT color. Hmm, sepertinya Mocin ini yang pertama mengaplikasikan panel speedo berwarna, yang lain masih digital biasanya, CMIIW.

Terakhir, FKM China mengumumkan harga FK3GP 2021 ini dengan bandrol 19.980 Yuan atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 42 jutaan… termasuk murah ya untuk kelas sport 300cc apalagi dengan segudang fitur inovatif yang ditawarkan, sayang mesinnya aja sih sebenernya…

Dari desainnya juga sudah lumayan oke dan sporty, sayang motor ini sepertinya berfocus penjualan di Eropa, karena di Asia sendiri jika dilihat dari akun media social mereka yang eksis hanya dijual di daerah Tiongkok dan sekitaran Asia Tengah seperti Bangladesh, sedangkan Thailand, atau biasanya Malaysia justru belum masuk, apalagi ke Indonesia, hehe… Gak mungkin kayaknya… Semoga bergua.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Kontak Warungasep.net :

Instagram : @Warungasepnet
Twitter : @Warungasep

Be the first to comment

Komen Gratis !