Honda PCX160 Rilis Duluan di Jepang, Powernya 15,8 PS Pakai HSTC dan USB Type-C

Honda PCX 160 2021

Warungasep.net – Sesuai bocoran, akhirnya Honda PCX150 Facelift akhirnya rilis. Sayangnya, bukan di Indonesia melainkan di negara Jepang duluan. Dan yang menarik, maxi skutik andalan Honda ini berubah nama menjadi Honda PCX160 2021. Wah, apakah mesinnya berubah menjadi 160cc?

Honda PCX 160 2021

Pertama-tama kita bahas desainnya. PCX160 aka PCX150 facelift hadir dengan desain baru yang lebih futuristik dan modern. Bentuk fisiknya identik dengan Honda PCX125 2021 yang rilis duluan di Eropa bulan lalu. Masih mengusung konsep maxi skutik elegan yang penuh dengan nuansa kemewahan dan juga ditunjang dengan fitur-fitur yang kekinian yang serba modern.

Perubahan terlihat dari sektor kaki-kaki yang menggunakan desain velg baru berukuran 110/70 14 inch untuk depan dan ban belakang menggunakan velg 13 inch dengan ukuran 130/70 yang keduanya sudah dilengkapi rem cakram depan belakang single channel ABS.

Memiliki dual tone warna kursi jok yang mewah, lalu desain lampu depan yang lebih keren dengan shape yang lebih modern, masih mengandalkan keunggulan lampu yang serba LED, termasuk lampu sein dan DRL. Lampu rem-nya juga berubah menjadi lebih tajam dan ramping, sekilas area stoplamp dan kombinasi lampu rem-nya ini memiliki aura desain buritan Honda Forza series.

Tak hanya desain, ternyata Honda juga merombak desain rangka PCX160 baru yang lebih ringan dan lebih compact. Perubahan disektor ini mempengaruhi kapasitas bagasi yang lebih luas menjadi 30 liter sehingga bisa muat helm full face, satu poin yang awalnya dikeluhkan pengguna PCX yang bagasinya sempit.

Walaupun belum memiliki fitur connected seperti pesaingnya, Tapi PCX160 memiliki tampilan panel speedometer yang terlihat canggih, dengan area panel negative LCD yang lebih luas yang menampilkan informasi mengenai speedometer, fuel meter, avg fuel consumtion, dll. Area stang kemudi masih menggunakan stang telanjang yang dibalut chrome yang mewah.

Tak hanya 2 fitur improvement diatas, PCX160 juga mendapat beberapa tambahan fitur baru diantaranya :

  • Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang baru diadopsi. Berdasarkan sinyal dari sensor kecepatan roda dan sensor posisi throttle roda depan dan belakang, jumlah injeksi bahan bakar dikendalikan untuk mengontrol torsi mesin dan menekan selip pada roda belakang.
  • Soket USB adalah perlengkapan standar baru di kotak dalam depan. Itu memungkinkan untuk mengisi daya terminal seluler seperti telepon pintar, yang semakin meningkatkan kenyamanan.
  • Menggunakan sistem Honda SMART Key. Dengan membawa kunci pintar dan mendekati kendaraan, kenop sakelar utama dapat dibuka kuncinya tanpa melepas kunci pintar itu sendiri.
  • Top Box 35L yang terintegrasi dengan smartkey” *sebagai tambahan aksesori asli yang dijual terpisah.

Dan yang bikin penasaran adalah sektor mesin… Apakah mesinnya menjadi 160cc? Bisa dibilang, kubikasi mesin Honda PCX150 Facelift ini membengkak dari semula hanya 149cc menjadi 156cc 1 silinder berpendingin cairan, dan sesuai dengan bocoran, memang benar… Kini PCX160 sudah pakai 4 klep, namun minus variable valve seperti pesaingnya.

Mesin yang disebut eSP+ ini mirip seperti yang digunakan kembarannya di Eropa yaitu Honda SH150i 2020. Dengan perubahan sektor mesin, maka otomatis output powernya pun meningkat mencapai 12 Kw atau setara 15,8 Ps pada putaran 8500 rpm dan torsi 15 Nm pada 6500 Rpm. Bobotnya mencapai 132 kg dan kapasitas tangki bisa muat 8,1 liter BBM.

Terakhir, harga Honda PCX160 2021 ini di Jepang dibandrol 407.000 yen atau setara Rp. 55 Jutaan, dan tersedia dalam 4 pilihan warna diantaranya warna putih, merah, hitam dan yang menarik adalah warna matt grey, berikut penampakan foto studionya :

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. PCX Hybdrid Juga Ikutan Facelift, Namanya Berubah Jadi Honda PCX e:HEV – WARUNGASEP ★★★☆☆
  2. Prediksi Motor Baru Honda 2021 Nanti, Siap-siap Di Awal Tahun! - WARUNGASEP ★★★☆☆
  3. Aprilia SXR160 2021 Rilis di India, Maxi Skutik Dek Rata 160cc Harganya Rp. 24 Jutaan - WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !